Menpora Berharap Polri Segera Izinkan Liga 1 dan 2 Bergulir Lagi

Selasa, 27 Oktober 2020 – 23:05 WIB
Zainudin Amali. Foto: Satria/kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Menpora Zainudin Amali angkat bicara terkait lanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 yang hingga saat ini belum bergulir karena belum mendapatkan izin dari kepolisian.

Ia pun berharap Polri segera memberikan izin agar kompetisi lanjutan liga Indonesia dapat bergulir pada 1 November mendatang.

BACA JUGA: Bunga Mengaku Diperkosa Pria Idaman Berkali-kali, Pelaku Sesungguhnya Ternyata...

Amali menjelaskan, bahwa lanjutan kompetisi di Indonesia ini sangat penting untuk perkembangan Timnas Indonesia U-19 yang nantinya diproyeksikan tampil di Piala Dunia U-20 2021.

Terlebih lagi, Indonesia dituntut berprestasi tinggi karena berstatus sebagai tuan rumah.

BACA JUGA: Beredar Surat Atas Nama Gubsu Minta Uang ke Perusahaan, Edy Rahmayadi Bilang Begini

"Saya memahami yang dirasakan Ketum PSSI M Iriawan. Sebab pelatih punya program tryin dan tryout, jadi kompetisi ini diharapkan bisa diizinkan Polri," kata Amali dalam webinar Piala Dunia U-20, Selasa (27/10).

Kompetisi ialah program yang seiring sejalan dengan rencana latihan di luar negeri. Kalau kompetisi tidak ada, lanjut dia, tentu program yang sudah disusun Shin Tae Yong bisa berubah lagi.

BACA JUGA: Timnas Indonesia U-19 Batal TC di Prancis, PSSI Bidik Jepang dan Belanda

"Kompetisi itu berbeda atmosfernya dengan uji coba," papar Amali.

Karena kompetisi ada kondisi nyata yang dirasakan para pemain dalam bersaing di setiap pertandingan agar klubnya menjadi yang terbaik.

Pemain juga semakin terasah mentalnya karena berhadapan dengan pemain senior dan minimal 3 pemain asing, di dalam setiap kompetisi itu.

"Dengan adanya kompetisi, coach Shin Tae Yong bisa melihat seberapa besar atau seberapa jauh program anak-anak," tuturnya.

Selain itu, kata Politikus asal Partai Golkar tersebut, kompetisi juga bisa membantu pelatih untuk melihat talenta-talenta baru yang lahir dari persaingan di Liga 1 dan Liga 2. Dengan begitu, pemain potensial tersebut bisa direkrut ke Timnas Indonesia U-19.

BACA JUGA: Edy Rahmayadi: Cari Orangnya Itu, Saya Pengin Tahu Siapa Pemiliknya

"Sekali lagi kami berharap kompetisi bisa jalan, saya kira ini kebutuhan untuk Timnas. Ini bukan hanya untuk klub, tapi kompetisi kami butuhkan untuk peningkatan performa Timnas," tandasnya. (dkk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler