Menpora Jadikan Perjuangan Bonek sebagai Contoh Publik Bola Nasional

Rabu, 07 September 2016 – 10:43 WIB
Bonek saat menggelar aksi Gruduk Jakarta 3 Agustus lalu. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menpora Imam Nahrawi menegaskan keputusan Exco PSSI yang mengembalikan status Persebaya Surabaya dan bisa tampil kembali di kompetisi sepak bola Indonesia tak bisa dilepaskan dari perjuangan Bonek. 

Dia meminta agar publik sepak bola di Indonesia mencontoh perjuangan Bonek dalam memperjuangkan apa yang diyakininya benar.

BACA JUGA: Menpora Imam Nahrawi Terkejut

"Perjuangan Bonek ini jadi contoh publik bola nasional. Apa yang diperjuangkan dengan keras, sungguh-sungguh, itu pasti akan membuahkan hasil di kemudian hari," terangnya.

Memang, Bonek telah berjuang untuk mengembalikan status Persebaya asli semenjak unifikasi kompetisi pada 2013 lalu. Saat itu, Green Force dilenyapkan dan digantikan dengan Persebaya yang kini jadi Surabaya United, meski tidak mendapat dukungan dari Bonek.

BACA JUGA: Alhamdulillah, Persebaya Bisa Berlaga di Divisi Utama

Aksi terus dilakukan, sampai akhirnya pada kongres luar biasa PSSI pada 3 Agustus lalu, Ribuan pendukung setia Persebaya melakukan gerakan Gruduk Jakarta yang bertujuan menuntut hak kompetisi Persebaya. 

Dalam kongres tersebut pernyataan dari Plt Ketum PSSI Hinca Panjaitan menegaskan, Persebaya akan dikembalikan haknya untuk berkompetisi. 

BACA JUGA: Ketum The Jakmania Ramaikan Pemilihan Exco PSSI

Akhirnya, rapat Exco di Solo, Jateng, Selasa (6/9) malam, disepakatilah bahwa Persebaya dan enam klub lain seperti Arema Indonesia, Persibo Bojonegoro, Persipasi Bekasi, Persema Malang, Lampung FC, dan Persewangi Banyuwangi untuk dikembalikan hak sepak bolanya dan segera disahkan di kongres PSSI 17 Oktober nanti. 

"Kami apresiasi sikap PSSI. Sekarang harus dikawal agar itu menjadi keputusan yang realistis di kongres nanti," tandas Imam. (dkk/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Juara Eropa Tumbang di Kandang Swiss


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler