Menpora Pusing Pikirin Bonus

Perolehan Medali Lampaui Target, Per Emas Rp 200 Juta

Sabtu, 19 November 2011 – 10:42 WIB
JAKARTA - Ambisi Indonesia untuk meraih gelar Juara Umum Sea Games 2011 semakin dekatHingga pukul 19.00 tadi malam (18/11), kontingen Merah Putih sudah mengoleksi 119 emas, 90 perak, 81 perunggu

BACA JUGA: Mourinho Tolak Duo David

Sementara pesaing terdekatnya, Vietnam, masih di kisaran angka 70 emas
Pujian pun mengalir ke skuad Garuda

BACA JUGA: Ayo, Tambah Tiga Gelar

Bahkan, bonus besar pun siap digelontorkan kepada atlet dan pelatih berprestasi.

Hingga pukul 19.00 tadi malam, kontingen Merah Putih memang makin perkasa di tahta teratas klasemen SEA Games 2011
Koleksi medalinya, sudah sangat jauh meninggalkan Vietnam yang nangkring di posisi dua besar

BACA JUGA: IPL Berlanjut di Bawah Polemik

Koleksi medali Vietnam, baru sebatas 70 emas, 66 perak, 66 perunggu

”Ini semua berkat persiapan yang matangSetelah menunggu selama 14 tahun, akhirnya Indonesia bisa mendapatkan emas di atas 100Tentu saya sangat senang,” tutur Menpora Andi Mallarangeng, kemarin (18/11).

Yang jadi persoalan sekarang tentu saja besarnya kocek yang harus dikeluarkan pemerintahMaklum, ganjaran penghargaannya terbilang sangat fantastisSumbangsih emas dihargai Rp 200 jutaUntuk perak, Rp 50 jutaSementara perunggu, diganjar Rp 30 jutaSemua dihitung per kepalaDengan kata lain, kalau ada nomor beregu yang meraih medali, semua akan mendapatkan nominal yang sama seperti prestasi individual.

Misalnya, sepakbola yang membawa 20 pemain (inti plus cadangan) jika merebut emas, maka pemerintah harus menggelontorkan bonus Rp 200 juta kali 20 pemain atau sekitar Rp 4 miliarItu belum termasuk pelatih dan asistennya.

Hingga tadi malam, sejumlah cabang olahraga melampaui targetSebut saja atletik, karate, panjat tebing, dan masih banyak lagi cabang olahraga yang perolehan emasnya sudah melampaui targetSementara, masih banyak cabang olahraga lain yang hingga saat ini berpotensi besar mendulang emas.

”Sekarang belum bisa dihitung secara riilSemakin banyak medali, tentu akan semakin baikUrusan dana, biar Menpora saja yang pusingItu pasti akan kami keluarkanPada Sea Games 2009 maupun Asian Games 2010, pemerintah kan tidak membatasi jumlah rupiahnyaYang penting punya prestasi,” tambahnya.

Alumnus Universitas Gajah Mada ini memang sangat berharap bahwa prestasi SEA Games  2011 ini bisa dijadikan momentum kebangkitan prestasi olahraga nasionalMaklum, sejak krisis ekonomi 1998, prestasi Indonesia terus terpuruk

Grafik peningkatan, baru terlihat pada era 2005Di mana saat itu, Indonesia nangkring di posisi 5 besar SEA GamesKemudian perlahan-lahan naik kembali kembali ke rangking ke-4Dan pada Sea Games 2009/Laos, Indonesia akhirnya naik 1 strip ke posisi 3 besar Sea Games”So far so goodKemungkinannya sangat terbuka, tetapi ada hari-hari selanjutnya yang harus diperjuangkan,” tandasnya.

Terpisah, Ketua Satlak Prima (Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas), Tono Suratman, mengatakan ganjaran bonus itu juga akan dikucurkan kepada jajaran pelatihNominalnya, dibikin sama dengan kocek Sea Games 2009/LaosBagi atlet peraih emas, pelatihnya akan diganjar Rp 50 jutaPerak, kebagian Rp 30 jutaSementara perunggu, kecipratan Rp 15 juta.

”Ini untuk memotivasiTidak ada kata lain dalam Sea Games 2011, kecuali tampil sebagai juaraMampu meraih juara secara otomatis dapat mempersembahkan medali emas bagi Merah-Putih,” tandasnya(ags/lis)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Voli Pantai Pastikan Emas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler