Menpora Sebut Dunia Olahraga Nasional Mengalami Kemajuan di Pemerintahan Jokowi

Sabtu, 19 Oktober 2024 – 20:40 WIB
Presiden Jokowi. Foto: dokumentasi Biro Pers, Media, dan Informasi Istana

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menyebut Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadi satu di antara tokoh yang ikut memberikan perhatian lebih demi mewujudkan kemajuan olahraga nasional.

Dia menyebut dukungan Jokowi dan semua pihak pada akhirnya membuat olahraga nasional mengalami peningkatan.

BACA JUGA: Bahrain Minta Laga Lawan Timnas Indonesia di Luar RI, Menpora Dito Beri Respons Tegas

Misalnya, Indonesia bisa berbangga diri setelah meraih dua medali emas untuk cabang yang berbeda pada Olimpiade Paris 2024.

“Alhamdulillah kita mendapatkan dua emas pada Olimpiade Paris kemarin. Dua emas itu pun berasal dari cabang olahraga yang berbeda, satu panjat tebing, satu lagi angkat besi,” ujar Dito dalam keterangan persnya, Sabtu (19/10). 

BACA JUGA: Menpora Dito: Presiden Jokowi All Out Memajukan Olahraga RI Selama 10 Tahun Memimpin

Politikus Golkar itu mengatakan capaian dua emas adalah hal istimewa karena bisa menyamai prestasi kontingen Indonesia pada Olimpiade Barcelona 1992.

“Bagi saya, hal itu adalah spesial, karena terakhir kali kita mendapat dua emas di Olimpiade itu pada tahun 1992,” lanjut Dito. 

BACA JUGA: Pertahankan Disertasi, Hasto Tegaskan Karakter Megawati Tidak Bisa Dibandingkan dengan Jokowi

Diketahui, pemerintahan mendatang era Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka juga berjanji akan memajukan olahraga nasional.

Setidaknya, komitmen ini secara eksplisit dinyatakan dalam visi misi yang dibawa oleh Prabowo-Gibran pada Pemilu 2024. 

Dalam misi Asta Cita, dukungan terhadap dunia olahraga masuk ke dalam misi ke empat yakni Memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM), sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas.

Menpora Dito Ariotedjo diketahui menjadi tokoh yang ikut dipanggil Prabowo untuk mengikuti pembekalan calon menteri di Hambalang, Bojong Koneng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (14/10).

Terkait dengan pembekalan pada Senin kemarin, Dito menyampaikan beberapa hal. Satu di antaranya penekanan Prabowo menjadikan olahraga menguatkan citra Indonesia.

“Lebih dari itu, ada yang namanya diplomasi olahraga. Bagaimana kami membangun hubungan baik antarnegara dengan kerja sama olahraga. Saat ini, kita mulai membangun diplomasi olahraga dengan beberapa negara seperti, Rusia, Arab Saudi, dan beberapa negara lainnya” ujar dia.

Oleh karena itu, sejumlah target pun telah dipikirkan oleh Dito untuk memajukan olahraga nasional kedepan apabila menjabat posisi yang sama periode 2024-2029.

Beberapa di antaranya meliputi peningkatan prestasi di berbagai ajang dunia. Salah satu yang paling dekat ialah Olimpiade Los Angeles yang rencananya pada 2028. 

“Target saya adalah semakin banyak atlet Indonesia yang lolos ke Olimpiade Los Angeles 2028 dan pulang membawa banyak medali. Perlu dingat bahwa prestasi atlet di kancah Internasional bukan hanya akan menjadi kebanggaan individu atau tim, tapi juga membawa dampak besar bagi reputasi dan citra Indonesia di kancah internasional” kata Dito. (ast/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler