Menpora Zainudin Amali Minta Lakukan Ini Supaya Muncul "Zohri Baru" dari NTB

Rabu, 25 November 2020 – 22:37 WIB
Menpora RI Zainudin Amali saat meninjau lintasan atletik di dalam Stadion Utama Gelanggang Olahraga Mataram, NTB. Lintasan yang dipakai sprinter kebanggaan Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, itu rusak. Foto: Humas Kemenpora.

jpnn.com, MATARAM - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menginginkan renovasi di lintasan atletik di dalam Stadion Utama Gelanggang Olahraga Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menpora Amali menyatakan renovasi lintasan atletik perlu untuk direnovasi supaya NTB tetap konsisten dan terus menghasilkan sprinter hebat di masa mendatang seperti yang berhasil mengukir prestasi untuk Indonesia, salah satunya Lalu Muhammad Zohri.

BACA JUGA: Menpora Memotivasi Atlet dengan Contohkan Prestasi Lalu Zohri dan Egy Maulana

"Saya pikir NTB adalah salah satu sumber atlet nasional, dan mayoritas atlet dari sini adalah atletik. Atlet yang di sini sudah berkontribusi, mengibarkan bendera merah putih di even-even olahraga, termasuk Lalu Muhammad Zohri yang berhasil menjadi juara dunia," kata Menpora RI ketika meninjau Stadion Utama Gelanggang Olahraga Mataram, Selasa (24/11). 

Zohri, putra asli dari NTB berhasil meraih medali emas nomor lari 100 meter putra pada Kejuaraan Dunia Atletik Junior U-20 di Finlandia pada 2018.

BACA JUGA: Ukir Rekor, Lalu Muhammad Zohri Tembus Olimpiade 2020

Prestasi yang ditorehkan sprinter andalan Indonesia tersebut tentunya merupakan pencapaian yang membanggakan. 

Karena itu, dalam peninjauan yang dilakukan kali ini, Menpora Amali memberikan perhatian khusus mengenai lintasan atletik.

BACA JUGA: Menpora Zainudin Amali Bangga NTB Banyak Menyumbang Atlet Nasional Berprestasi

Sebab, lintasan tempat Zohri berlatih dahulu cukup prihatin. Lintasannya rusak, dan bergelembung.

Kondisi ini tentu membuat atlet tidak nyaman untuk berlari, karena bisa saja tersandung.

Menpora RI berharap, lintasan ini direnovasi agar bisa terus menghasilkan sprinter-sprinter hebat. 

Dalam kesempatan itu, tak lupa Menpora Amali mengucapkan terima kasih kepada NTB, yang telah menyumbangkan atlet-atlet terbaik di tingkat nasional maupun internasional.

"Bahkan atlet-atlet NTB bisa meraih prestasi serta mengibarkan bendera merah putih di setiap event olahraga. Semoga NTB makin maju dan berprestasi olahraganya," jelas Menpora RI.

Ketua Umum KONI NTB Andy Hadianto menyampaikan terima kasih atas perhatian Menpora RI terhadap perkembangan olahraga di daerahnya.

Dia mengakui sarana prasarana di NTB sangat minim, termasuk juga lintasan atletik di Stadion Utama Gelanggang Olahraga Mataram. 

"Terima kasih atas kehadiran Pak Menpora. Ini sungguh kejutan bagi kami karena Pak Menpora berkenan hadir di NTB lalu juga memberikan perhatian terhadap sarana prasarana olahraga," katanya.

Dia menambahkan, NTB banyak menyumbangkan atlet bagi Indonesia. Bahkan atlet berprestasi seperti Zohri.

"Sesungguhnya banyak atlet yang berpotensi di sini," ungkapnya. 

Andy menerangkan, meski sarana prasarana di NTB sangat terbatas, atlet-atlet tetap memiliki tekad kuat untuk menorehkan prestasi.

Dia berharap fasilitas olahraga, termasuk lintasan atletik bisa direnovasi agar bisa digunakan untuk latihan. 

"Untuk lintasan atletik sudah ditinjau Pak Menpora ya, kami lihat lintasannya bergelembung, rusak. Jika digunakan untuk lari pasti tersandung. Bahkan jalan juga bisa tersandung," ungkapnya.

Oleh sebab itu, Andy berharap ini direnovasi agar atlet bisa berlatih dan akan muncul penerus Zohri baru.

"Untuk saat ini, lintasan itu hanya bisa digunakan untuk pemanasan, latihan ringan, dan menjaga kebugaran," jelas Andy. (rls/jpnn)


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler