Mentan Pastikan Sembako Aman Selama Ramadan

Kamis, 04 Juli 2013 – 12:51 WIB
JAKARTA - Menteri Pertanian, Suswono memastikan komoditas sembilan bahan kebutuhan pokok (sembako) pada saat Ramadan masih aman. Hal itu sudah dalam rapat dengan sejumlah menteri koordinator dan dalam rapat pimpinan ketahanan pangan. Suswono mengakui ada beberapa komoditas yang perlu ditambah pasokannya namun tidak perlu dikhawatirkan.

"Yang jelas Ramadan sampai lebaran tidak terlalu mengkhawatirkan," ujar Suswono di DPR, Jakarta, Kamis (4/7).

Dia tak memungkiri memang ada kenaikan harga khususnya daging ayam. Hal itu dikarenakan adanya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Suswono akan melakukan pertemuan dengan pelaku usaha pada pukul 14.00 WIB di Kementerian Pertanian. Mereka ingin mengetahui apa yang terjadi di lapangan. Kemudian mencari solusi mengenai masalah itu.

"Jangan sampai digunakan untuk mencari keuntungan. Contohnya bawang putih kemarin, masa bisa naik, itu kan mencurigakan," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan mengatakan, pasokan bahan pokok untuk bulan Ramadan masih terjamin. Karena itu pihaknya akan melakukan pembicaraan dengan pedagang dan distributor supaya mereka tidak melakukan sesuatu yang bersifat spekulasi.

"Kita komunikasikan setiap hari kepada distributor dan pedagang untuk enggak ada hal-hal spekulatif, yang pasti pasokan terjamin," ujar Gita.(gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemerintah Bisa Gunakan Audit Pajak untuk Paksa Pemain Harga

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler