Menteri AHY Memastikan Kesiapan Hak Atas Tanah Kepada Para Investor

Selasa, 21 Mei 2024 – 16:18 WIB
Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. Foto: Aristo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dalam rangkaian kegiatan World Water Forum (WWF) ke-10, CEO SpaceX dan Tesla, Elon Musk meluncurkan Starlink di Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod, Kota Denpasar, Bali, Minggu (19/5). 

Starlink sendiri ditujukan untuk menyediakan layanan internet berkecepatan tinggi ke seluruh dunia, dengan menggunakan konstelasi satelit yang mengorbit rendah di sekitar bumi.

BACA JUGA: Hadiri Pembukaan WWF, Menteri AHY: Indonesia Harus Terdepan Menjaga Sumber Daya Air

Menanggapi hal itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan pada prinsipnya Kementerian ATR/BPN menerima dengan baik segala bentuk investasi demi kemajuan Indonesia.

"Jadi, kembali prinsip dasarnya kita senang kalau ada tokoh yang dikenal dan berpengaruh di dunia dan siapa pun yang ingin menanamkan modalnya melalui investasi di Indonesia, tentu diterima dengan baik," kata AHY dalam keterangannya yang diterima JPNN.com, Selasa (21/5).

BACA JUGA: Menteri AHY Ungkap Puluhan Mafia Tanah Sudah Masuk Target Operasi, Tunggu Saja!

Sehubungan dengan masuknya Starlink di Indonesia, Kementerian ATR/BPN turut berperan dalam memberikan kepastian hukum bagi terciptanya investasi di Indonesia, salah satunya berkaitan dengan hak atas tanahnya.

"Ini yang seringkali dipertanyakan dan juga kalau ada yang tidak baik, menjadi komplain. Mengapa berbelit-belit, mengapa tidak jelas. Nah, kami tidak ingin itu terjadi, kami benahi administrasi, termasuk perizinan dan sebagainya," lanjutnya.

BACA JUGA: Menteri AHY Sebut IKN Mahakarya Kebanggaan Bangsa Indonesia

Menurut AHY, yang terpenting dari mewujudkan investasi ialah penyelenggaraannya sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Pada dasarnya investasi dilakukan ialah demi peningkatan ekonomi masyarakat maupun Indonesia itu sendiri.

"Indonesia tidak boleh hanya mendapatkan atau menjadi tempat saja, tetapi mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, kembali untuk ekonomi dan rakyat. Jadi, inilah yang menjadi komitmen dan semangat dari Kementerian ATR/BPN," pungkas AHY. (mcr8/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Setelah dari Amerika Serikat, Menteri AHY Langsung ke Bali Hadiri World Water Forum


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler