Menteri Bahlil Bersilaturahmi ke Sheikh Sayyid Ahmad di Madinah

Minggu, 01 September 2024 – 20:06 WIB
Menteri ESDM yang juga Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia bersilaturahmi atau ngalap berkah ke ulama besar Sayyid Ahmad bin Muhammad Al Maliki di Madinah, Jumat (30/8) waktu setempat. Foto: Istagram @bahlillahadalia

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang juga Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia bersilaturahmi atau ngalap berkah ke ulama besar Sayyid Ahmad bin Muhammad Al Maliki di Madinah, Jumat (30/8) waktu setempat.

Kesempatan bersilaturahmi ke ulama terkenal di Arab Saudi itu dilakukan Bahlil dalam rangkaian perjalanan ibadah umrah.

BACA JUGA: Pilgub Banten: Ada Sufmi Dasco di Antara Airin dan Bahlil

Bahlil diterima dengan penuh kehangatan oleh Sayyid Ahmad bin Muhammad Al Maliki.

Menurut Bahlil, Syaikh Sayyid Ahmad merupakan ulama besar menjadi rujukan para ulama Ahlussunnah wal Jama'ah dunia termasuk oleh para ulama Nahdlatul Ulama (NU).

BACA JUGA: Pengamat Dukung Langkah Menteri Bahlil Membatasi Subsidi BBM, Begini Alasannya

“Alhamdulillah, hari ini saya berkesempatan bersilaturahmi dengan Syaikh Sayyid Ahmad bin Muhammad bin Alawi Al-Maliki di Madinah, didampingi Dubes RI untuk Arab Saudi, Bapak Abdul Azis Ahmad," ujar Bahlil dikutip dari akun Instagram @bahlillahadalia, Minggu, 1 September 2024.

Menurut Bahlil, Sayyid Ahmad bin Muhammad Al Maliki merupakan ulama besar yang santrinya berasal dari berbagai negara, termasuk mayoritas berasal dari Indonesia.

BACA JUGA: Pengamat Dukung Langkah Menteri Bahlil Membatasi Subsidi BBM, Begini Alasannya

"Syaikh Sayyid Ahmad merupakan keturunan Rasulullah SAW dan putra dari Syaikh Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki, seorang ulama yang menjadi rujukan bagi banyak ulama Ahlussunnah wal Jama'ah, termasuk para ulama Nahdlatul Ulama (NU) di tanah air," ujar Bahlil.

Dalam kesempatan itu, Bahlil menuturkan bahwa Syaikh Sayyid Ahmad menaruh keyakinan bahwa negara Indonesia ke depan akan menjelma menjadi negara terbesar dan terkuat dari aspek ekonomi di kawasan Asia.

Oleh karena itu, Syaikh Sayyid Ahmad mendorong supaya hubungan antara Indonesia - Arab Saudi terus terpelihara dengan baik, bukan hanya aspek ekonomi melainkan juga dalam aspek pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan moderat, khususnya pengembangan dakwah Islam berkelanjutan sebagai bagian dari dakwah rahmatan lilalamin.

"Beliau menaruh keyakinan besar pada masa depan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi di Asia dan menekankan pentingnya hubungan yang berkelanjutan antara Indonesia dan Arab Saudi," ungkapnya.

Menurut Bahlil, Syaikh Sayyid Ahmad juga mendoakan supaya dirinya diberikan kekuatan, kesehatan dijauhkan dari segala fitnah dan mara bahaya serta amanah menjadi pemimpin, baik itu sebagai orang nomor satu di Golkar maupun di Kementerian ESDM.

"Beliau juga mendoakan kami agar diberikan kekuatan, kesehatan, serta dijauhkan dari fitnah dan mara bahaya, serta dianugerahi husnul khatimah dalam menjalankan amanah yang sedang diemban saat ini," ucap Bahlil.

Diakhir unggahannya, Bahlil menyampaikan pentingnya silaturahmi untuk memperkuat ukhuwah Islamiah dan terus manambah khazanah keilmuan.

"Semoga silaturahmi ini semakin mempererat ukhuwah Islamiyah dan memperkaya khazanah keilmuan kita. Aamiin."

Unggahan Bahlil saat bertemu Syaikh Sayyid Ahmad itu direspon Habib Husein Baagil seorang ulama mashur asal Tuban, Jawa Timur. Ia memberikan semangat dan dorongan kepada Bahlil untuk terus melakukan kebaikan.

"Tetaplah berbuat baik, meskipun suatu kebaikan kadang tidak dihargai, setiap manusia melihat kita dengan cara yang berbeda, terus lanjut selama kita masih di jalan kebaikan, semangat para pejuang kebaikan," tulisnya di kolom komentar.

Sementara seorang netizen lain, jayamuiz27 berkomentar Bahlil beruntung bisa bertemu dan didoakan langsung oleh cicit Nabi Muhammad S.A.W. Ia juga mendoakan agar Bahlil senantiasa diberikan kesehatan.

"MasyaAllah tabarokallah, suatu kehormatan buat saudaraku diperjumpakan dengan cicit Baginda Rasulullah S.A.W, semoga Allah S.W.T senantiasa berikan kesehatan selalu saudaraku, sukses dunia akhirat, Amiin Yra," ungkapnya.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler