Menteri Erick Beberkan Hasil Transformasi, Kinerja & Program BUMN di SOE International Conference

Senin, 17 Oktober 2022 – 17:26 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir di acara SOE International Conference 'Driving Sustainable & Inclusive Growth, di Nusa Dua Convention Center, Bali, Senin (17/10). Foto dok Kementerian BUMN

jpnn.com, BALI - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus melakukan transformasi.

Menteri BUMN Erick Thohir menargetkan, transformasi tersebut bisa mencapai 100 persen dalam kurun waktu satu setengah tahun ke depan.

BACA JUGA: Erick Thohir Berdayakan Perempuan NU untuk Menggerakkan Roda Perekonomian

"Transformasi BUMN ini menjadi fokus kami dan kami sangat bersyukur kerja keras yang sudah dilakukan selama tiga tahun terakhir, membuahkan hasil yang signifikan, di mana kinerja BUMN pada 2021 menghasilkan peningkatan yang cukup signifikan," ujar Erick di acara SOE International Conference 'Driving Sustainable & Inclusive Growth, di Nusa Dua Convention Center, Bali, Senin (17/10).

Erick menjelaskan, pendapatan BUMN meningkat 18,8% pada 2020-2021, menjadi Rp 2.295 Triliun (USD 160 miliar), laba konsolidasi juga meningkat 838 persen dari Rp 13 triliun (USD 892 juta) pada 2020 menjadi Rp 124,7 triliun (USD 9 miliar) pada 2021.

BACA JUGA: Affiliate Marketing di Platform Ecommerce Tingkatkan Penjualan UKM

Sementara total aset mencapai Rp 8.978 triliun (USD 630 miliar) pada akhir tahun 2021, setara dengan 53% Produk Domestik Bruto Indonesia.

Dia menyampaikan, kepemimpinan di BUMN, baik oleh perempuan maupun generasi muda telah menunjukkan kemajuan yang positif. Pada 2021, kepemimpinan perempuan di jajaran direksi telah mencapai 15% dan kepemimpinan generasi muda telah mencapai 5%.

BACA JUGA: Benarkah Jual Beli Kucing Haram Hukumnya?

Oleh karena itu, dia bercita-cita untuk mencapai target kepemimpinan perempuan sebesar 25% dan pemimpin muda sebesar 10% pada tahun 2023.

"Kami berkomitmen untuk melanjutkan transformasi ini agar BUMN dapat memberikan kontribusi yang lebih baik bagi Indonesia dan bisa menjadi pemain global," katanya.

Mantan bos Inter Milan ini menilai, hasil transformasi BUMN menunjukkan berbagai kebijakan yang dirumuskan dan upaya yang dilakukan sudah pada arah yang tepat.

Erick juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, serta Kemendag atas dukungannya terhadap Konferensi Internasional BUMN, yang merupakan bagian dari acara Road to G20 di Kelompok Kerja Perdagangan, Investasi dan Industri (TIIWG).

Konferensi ini juga akan dihadiri oleh lebih dari 1.000 peserta dari negara-negara G20, seperti Amerika Serikat, Inggris, India, Australia, Korea Selatan, China, Jepang dan Rusia.

Serta, perwakilan negara-negara non-G20 seperti Spanyol, Uni Emirat Arab, Singapura, Belanda.

Tak hanya itu, acara ini juga dapat menjadi momentum yang tepat untuk menginformasikan kepada dunia internasional, tentang inisiatif Kementerian BUMN untuk lebih transparan sebagai bagian dari komitmen keterbukaan informasi publik.

"Untuk pertama kalinya, selama kepemimpinan di Kementerian BUMN, kami menerbitkan Laporan Keuangan Konsolidasian dan datanya dapat dilihat secara online. Ini merupakan langkah awal, menuju penerapan tata kelola perusahaan yang lebih baik," katanya.

Selain itu, melalui sinergi antara BUMN, mitra strategis global dan swasta, IWF juga diharapkan menjadi solusi alternatif bagi Pemerintah dalam memperluas akses air bersih kepada masyarakat melalui pendanaan non-APBN.

"Kami yakin dengan dua prioritas tersebut, BUMN dapat lebih meningkatkan perannya sebagai lokomotif pembangunan Indonesia. Kami membutuhkan mitra untuk melakukan hal tersebut. Melalui acara ini kami membuka akses seluas-luasnya untuk berkolaborasi dengan Pemerintah, Swasta dan Mitra Strategis Global untuk berpartisipasi bersama dalam membangun ekosistem di Indonesia," tegasnya.

Dikesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyambut baik, atas berbagai kemajuan dan capaian positif yang telah diraih BUMN, khususnya dalam tiga tahun terakhir.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Himpunan Santri di Bangkalan Dukung Ganjar jadi Presiden 2024


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler