Menteri Johnny Ingatkan Pentingnya Prinsip Solidaritas Terus Diwujudkan

Rabu, 12 Januari 2022 – 00:58 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. Foto: Humas Kemenkominfo.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyebut perayaan Natal merupakan momentum untuk bangkit bersama menghadapi krisis akibat pandemi COVID-19.

Menurutnya, ketangguhan seluruh komponen bangsa sangat penting untuk membangun kembali perekonomian bangsa.

BACA JUGA: Menkominfo: Pak Jokowi Serius Membangun Infrastruktur TIK di Indonesia

Menteri Johnny juga menilai pentingnya mewujudkan akselerasi transformasi digital nasional.

Menurutnya, Kementerian Kominfo mempunyai tugas besar membangun dan menyediakan infrastruktur telekomunikasi yang memadai untuk memperkecil disparitas digital.

BACA JUGA: Moeldoko Sampaikan Pesan Penting Presiden Soal Penanganan Stunting, Tegas

“Tugas kami memungkinkan migrasinya aktivitas masyarakat dari ruang fisik ke ruang digital, memungkinkan migrasinya kegiatan masyarakat dari physical space ke digital space," ujar Menteri Johnny.

Dia menyatakan hal tersebut pada perayaan Natal bersama Kementerian Kominfo RI yang berlangsung secara hibrida, dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (11/1).

BACA JUGA: Gaji DPRD DKI Naik, Tunjangan Gubernur Anies Baswedan Melonjak Enggak ya?

Menkominfo mengatakan Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) menetapkan tema Natal Tahun 2021 adalah Cinta Kasih Kristus Menggerakkan Persaudaraan.

Menurutnya, tema tersebut relevan untuk membangun perdamaian dan menciptakan kehidupan yang harmonis.

Menteri Johnny lebih lanjut mengatakan tema Natal Nasional yang juga menjadi tema dalam perayaan Natal Kementerian Kominfo bersumber dari Alkitab Surat 1 Petrus Pasal 1 ayat 22.

“Surat 1 Rasul Petrus ini ditulis untuk jemaat Kristiani di Asia kecil saat itu, surat itu berisi nasihat tentang hidup praktis yang sesuai dengan iman Kristiani dan cara jemaat menghadapi cobaan dan penderitaan,” katanya.

Menkominfo menjelaskan otoritas gereja memilih Cinta Kasih Kristus Menggerakkan Persaudaraan sebagai tema Natal agar umat Kristiani kembali pada hakikat panggilan yang sesungguhnya.

Yaitu, menyelamatkan dunia melalui gerakan menjaga persatuan dan kesatuan atas dasar persaudaraan umat manusia yang sejati.

Menurut Menteri Johnny, prinsip solidaritas harus terus diwujudkan bersama-sama dalam bingkai keberagaman bangsa.

Dia mengajak seluruh umat Kristiani memberikan makna yang makin konkret dari perayaan Natal dengan menjadi duta-duta cinta kasih di tengah kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

“Semoga semangat Natal menginspirasi gerakan-gerakan sepanjang sejarah bangsa Indonesia untuk terus membangun persaudaraan, membangun kepedulian, membangun solidaritas sosial, terutama bagi sesama saudara-saudari yang rentan dan terpinggirkan,” katanya.

Perayaan Natal bersama Kementerian Kominfo turut hadir Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Anang Latif, Juru Bicara Dedy Permadi, Staf Khusus Rosarita Niken Widiastuti dan Philip Gobang.(gir/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler