Menteri Sarankan Pemda Gelar Bimbel Tes CPNS

Senin, 13 Januari 2014 – 16:14 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Sejumlah pemda mengeluhkan minimnya putra asli daerah  yang lulus tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013. Justru peserta dari luar daerah itu yang mayoritas lolos.

Agar hal seperti itu tidak terulang lagi dalam pelaksanaan tes CPNS 2014 dan tahun-tahun berikutnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar menyarankan agar pemda menggelar bimbingan belajar untuk persiapan tes CPNS, di daerah masing-masing.

BACA JUGA: Anas Merasa Menjadi Korban Fitnah

Menurut menteri asal Aceh ini, bimbingan belajar perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan para putra asli daerah dalam mengerjakan soal-soal tes CPNS, sehingga mereka bisa bersaing dengan peserta  dari luar daerah.

“Kalau kita kalah bersaing dengan peserta dari luar daerah, maka kapasitasnya harus ditingkatkan lagi, bukan sistemnya yang diubah,” ujar Azwar, seperti dilansir situs resmi kementerian itu.

BACA JUGA: Dino Tetap Percaya Diri di Konvensi

Dia juga menyarankan, bagi para peserta tes CPNS 2013 yang gagal, agar tidak putus asa. Mereka yang gagal, bisa mempersiapkan diri lagi lebih matang untuk ikut lagi di tes CPNS 2014, yang rencananya digelar Juni atau Juli 2014.

"Para peserta tes CPNS yang tahun 2013 tidak diterima untuk kembali mempersiapkan diri mengikuti tes serupa yang tahun 2014 ini. Direncanakan tes akan dilangsungkan bulan Juni atau Juli, sehingga masih ada waktu sekitar empat bulan untuk belajar lagi," kata yang juga politisi Partai Amanat Nasional itu. (sam/jpnn)

BACA JUGA: Chairun Nisa Ngaku Terpaksa Urus Perkara di MK

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Desak KPK Tangkap Ibas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler