Menteri Siti Nurbaya: Selama 10 Tahun KLHK Ukir Berbagai Keberhasilan

Minggu, 11 Agustus 2024 – 15:57 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya ketika memberikan sambutan pada acara Malam Anugerah Penghargaan (Appreciation Night) Festival Lingkungan,Iklim, Kehutanan, dan Energi Baru Terbarukan (LIKE - 2) Tahun 2024 di JCC, Senayan, Jakarta, Sabtu malam (10/8/2024). Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyatakan selama masa 10 tahun kinerja KLHK telah ada keberhasilan-keberhasilan.

Keberhasilan itu seperti pengendalian kebakaran hutan dan lahan, percepatan perhutanan sosial, perlindungan biodiversity, pembangunan infrastruktur hijau, upaya pemulihan lahan, pengendalian deforestasi, dan pengembangan ekonomi sirkuler.

BACA JUGA: Korupsi Kuota Haji Dilaporkan ke KPK, Jokowi Didesak Copot Menteri Agama

“Dan yang penting serta yang utama adalah public campaign dan partisipasi publik,” tegas Menteri Siti Nurbaya ketika memberikan sambutan pada acara Malam Anugerah Penghargaan (Appreciation Night) Festival Lingkungan,Iklim, Kehutanan, dan Energi Baru Terbarukan (LIKE - 2) Tahun 2024 di JCC, Senayan, Jakarta, Sabtu malam (10/8/2024).

Penganugerahan itu lanjut Menteri Siti, sebagai bentuk apresiasi atas peran aktif dan kontribusi nyata Para Insan Individu maupun kelompok dalam penanganan isu-isu lingkungan dan penyelamatan sumberdaya alam, maka pada Penyelenggaraan LIKE-2 ini, diadakan pula Malam Anugerah Penghargaan (Appreciation Night).

BACA JUGA: Festival LIKE KLHK Bakal Pamerkan Inovasi Teknologi Ramah Iklim

Untuk itu, telah dihadirkan pada kesempatan yang baik ini, Seluruh Penerima Penghargaan LIKE-2 Tahun 2024 yang datang dari berbagai elemen masyarakat. Para Penerima Penghargaan LIKE-2 Tahun 2024 mencakup unsur Pemerintah Daerah, Sektor Dunia Usaha, Komunitas Lingkungan, Tokoh Inspiratif, Local Hero, dan juga Generasi Muda.

Menteri Siti Nurbaya mengakui dirinya menyadari sepenuhnya bahwa keberhasilan mewujudkan capaian kinerja pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan tersebut hanya bisa dilakukan atas dukungan kerja sama yang baik, serta peran aktif dari semua stakeholders.

BACA JUGA: Gandeng KPK dan KLHK, Bea Cukai Perkuat Sinergi Antikorupsi & Pengelolaan Lingkungan

Mulai dari komunitas peduli lingkungan, tokoh masyarakat, akademisi, dunia usaha, insan pers, dan yang sangat penting juga kalangan generasi muda.

“Untuk itu, pada kesempatan yang berbahagia ini, Saya menyatakan apresiasi yang tinggi nya kepada semua pihak yang telah bahu-membahu, kerja keras tak kenal lelah memberikan kontribusinya untuk kemajuan pembangunan sektor lingkungan hidup dan kehutanan,” ujar Menteri Siti.

Menurut Menteri Siti, sinergitas langkah ini bukan hanya manifestasi transformasi responsif birokrasi, lebih dari itu menjadi modalitas bersama bagi Pembangunan sektor lingkungan, yang dimiliki pemerintah, pemda, Civil Society, komunitas dan Dunia Usaha.

Isu perubahan iklim, deforestasi dan degradasi lahan, serta kebutuhan energi terbarukan, senantiasa menuntut kita semua untuk terus berinovasi  dan memunculkan gagasan-gagasan baru, menghemat energi air, lahan dan sumberdaya alam, mengelola iklim dan mengantisipasi risiko bencana.

Selanjutnya seperti selalu ditekankannya, Menteri Siti menyatakan bahwa kerja nyata, dan kampanye publik merupakan instrumen penting dalam kerja-kerja lingkungan. Kontinyu konsisten dan persistensi merupakan sikap yang luar biasa, bukan biasa-biasa saja; dan  sangat patut mendapatkan kredit prestasi.

“Sebagai bentuk apresiasi atas peran aktif dan kontribusi nyata Para Insan Individu maupun kaelompok dalam penanganan isu-isu lingkungan dan penyelamatan sumberdaya alam, maka pada Penyelenggaraan LIKE-2 ini, diadakan pula Malam Anugerah Penghargaan (Appreciation Night).

Untuk itu, telah dihadirkan pada kesempatan yang baik ini, Seluruh Penerima Penghargaan LIKE-2 Tahun 2024 yang datang dari berbagai elemen masyarakat.

Para Penerima Penghargaan LIKE-2 Tahun 2024 mencakup unsur Pemerintah Daerah, Sektor Dunia Usaha, Komunitas Lingkungan, Tokoh Inspiratif, Local Hero, dan juga Generasi Muda.

Gelaran Festival LIKE -2

Penyelenggaraan Festival LIKE-2 telah digelar dari mulai tanggal 8 Agustus 11 Agustus 2024 di Jakarta Convention Center Hall A & B, dengan mengusung Tema ”10 Tahun Kerja Untuk Sustainabilitas”.

Berbagai events inspiratif yang menampilkan pameran inovasi teknologi ramah lingkungan, pameran coaching klinik, kompetisi menulis, kompetisi diplomasi, pertunjukan seni budaya, dll sebagai materi substansial Festival LIKE-2.

Mnteri Siti Nurbaya mengungkapkan, kita bisa rasakan bersama, adanya sambutan yang hangat dan penuh antusias dari publik atas Penyelenggaraan Festival LIKE-2 ini, baik itu datang dari kalangan masyarakat umum dan terutama yang berkecimpung di bidang lingkungan, iklim, kehutanan maupun energi baru terbarukan.

“Tentu momen ini menghadirkan rasa bangga dengan semangat dan talenta - talenta kepemimpinan Indonesia di yang muncul dan dapat menjadi pelopor, beraktualisasi menggerakkan, memimpin dalam upaya pengendalian perubahan iklim, perlindungan lingkungan, serta menjaga kelestarian sumber daya alam dan perlindungan keanekaragaman hayati,” ujar Menteri Siti.

Pada kesempatan ini Menteri LHK Siti Nurbaya menilai, selama kurun waktu 10 tahun terakhir pada dua masa periode pemerintahan ((2015-2019) dan (2020-2024)) di bawah Kepemimpinan Presiden Joko Widodo, KLHK secara responsif, adaptif dan progresif terus melakukan upaya perbaikan tata kelola lingkungan hidup dan kehutanan.

Perbaikan tata kelola tersebut disertai komitmen kuat dalam mewujudkan kualitas lingkungan dan keberlanjutan pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan melalui kerja-kerja yang nyata.

Penghargaan Apresiasi

Pada kesempatan malam itu. Sejumlah kalangan mendapat Penghargaan Appreciation Night Festival LIKE-2 yakni dari unsur  akademisi, media, komunitas dan generasi muda,  perlindngan lingkungan, penerapan standar lingkungan pengelolaan DAS dan Rehabilitasi, kader konservasi dan bina cinta alam.

Selaian itu ada juga penghargaan Perhutanan sosial, Pembina Rehabilitasi Mangrove, percepatan penyelesaian perkebunan kelapa sawit rakyat, gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup (Sekolah Adwiyata), penerapan standar lingkungan, dan kepada dunia usaha yakni pembangunan persmaian skala besar, serta kepatuhan wajib bayar PNBP PKH.

Tiga akademisi yang mendapat penghargaan yaitu ahli valuasi SDM laut dan pesisir, Yudi Wahyudin, ahli terumbu karang, Idris, dan ahli strategi manajemen lingkungan Universitas Diponegoro Semarang, Winardi Dwi Nugraha.

Dari kalangan media, tujuh jurnalis mendapat penghargaan yakni Alfito Deannova Gintings, Content Director PT Trans Digital Media, Pemimpin Redaksi detikcom, dan Wakil Pemimpin Redaksi Elvan Dany Sutrisno.

Kemudian CEO Rakyat Merdeka, Iswara Darmayan, Direktur Pemberitaan Rakyat Merdeka, Ratna Susilowati, Deputi Direktur Pemberitaan Media Indonesia, Gaudensius Suhardi, dan Pemimpin Redaksi Media Indonesia, Abdul Kohar.

Dari komunitas dan generasi muda yang mendapat penghargaan antara lain, Founder Desa Bumi, Gamma Abdurrahman Thohir, Founder Society Renewable, ZagyYakana Berian, kemudian Institut Hijau, Syekhoh Sultanah, Ahtiya Ramadhanian Khairunnisa, dan Muhammad Ichlassul Amal.

Lalu pemenang Karya Tulis tahun 2024, SMANN 1 Pemalang, Jateng, Pemenang Lomba Video Lingkungan, ITB Bandung, Pemenang Lomba Pemulihan kategori Ekoriparian tahun 2024, Universitas Sebelas Maret, Pemenang Pemulihan kategori Pemulihan Lahan Tahun 2024, UGM Yogyakarta.

Dari Perlindungan Lingkungan, peraih penghargaan adalah CEO Bank Sampah Bersinar, Kabupaten Bandung, Jabar, FebriyantiSR, Kelompok tNai Sadew, Muhammad Febrian, Komunitas Peduli Ciliwung Kota Bogor, Suparno, Ketua Pokmas Semangat  Berkarya, Hendrigo, Rodita Utwijaya.

Dari sisi Pengelolaan DAS dan Rehabilitasi Hutanadalah Ketua Forum DAS Bali, Ketua Kelompok Tani Hutan Hobong, Ketua Kelompok Tai Hutan Perintis Jaya, Jambi, Ketua Kelompok Tani Hutan Agro Mulyo Lestari Lampung.

Lalu ada kader konservasi yakni Moh. Sofri, Nazarudin, Ketua Komunitas Burungnesia, Pimpinan CV Wisata Cibodas, Pemandu aktif Taman Nasional Wakatobi, Ketu Podarwis Pija Berhias, Ketua Komparasi, Rikha Aryanie Surya dan Septi Dwi Cahya, Pengendali Ekosistem Hutan TN Bukit Nasional Gunung Halimun Salak.

Penghargaan Perhutanan Sosial diberikan kepada antara lain Ketua KPUS Gula Semut, KTH Buhung Lali, Sulses, Kerya KUPS Gula Aren Batok KTH Guru Madia Lestari, NTB, Ketua KUPS Rantau Kermas, Marga Serampas, Jambi, Ketua KUPS Sarang Tiung Gapokthan Mutiara Sarang Tiung, Kalsel.

Pembina Rehabilitasi Mangrove diraih Gubernur Jatim, Khofifah Indra Parawansa, dan Percepatan penyelesaian perkebunan kelapa sawit rakyat didapat oleh Gubernur Kalsel, Kalteng, Riau, Sumsel, dan Kaltim.

Sedangkan dari Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup atau sekolah Adiwiyata, Gubernur Jateng, Gubernur  Babel, Gubernur Sulsel, Bupati Buleleng, Bupati Bulukumba, Bupati Kotawaringin Barat, Bupati Sukoharjo, Bupati Tapsel, Walikota Payakumbuh, Walikota  Balikpapan, Walikota Tangsel, dan Walikota Tanjung Pinang.

Kemudian Penerapan Standar Lingkungan dan Kehutanan adalah Korem 044 Garuda Dempo, Kodam II Sriwijayam Sumsel, Kadis Perumahan Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan LH Kota Sawahlunto, Sumbar, Kadis LH Bolaang Mongondo,Sulut, , Kadis LHK Kabupaten Bogor,Jabar, Kadis LH Kabupaten Sorolangun, Jambi,

Untuk Dunia Usaha, penghargaan diraih Pimpinan PT Indo Tambangraya Megah, Pimpinan PT Adaro Energy, sedangkan untuk kepatuhan wajib bayar PNBP PKH diraih Pimpinan PT Kideco Jaya agung, dan Pimpinan Indominco, Mandiri.(jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler