Menteri Thahjo Puji Mall Pelayanan Publik Karawang Seatap dengan Pusat Perbelanjaan

Selasa, 14 September 2021 – 20:47 WIB
Menpan RB Tjahjo Kumolo me-launching Mall Pelayanan Publik (MPP) milik Pemkab Karawang, Selasa (14/9). Foto: Diskominfo Karawang

jpnn.com, KARAWANG - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo me-launching Mall Pelayanan Publik (MPP) milik Pemkab Karawang, Selasa (14/9).

Menteri Thahjo mengatakan, keberadaan MPP dalam satu atap dengan pusat belanja yaitu Mall Technomart Galuh Mas merupakan langkah yang tepat. Sebab, masyarakat tak hanya dapat cepat dan mudah mendapatkan pelayanan, tapi juga sekalian berbelanja di mall ini.

BACA JUGA: Tjahjo: Pemerintah Bisa Memberikan Formasi Khusus ASN untuk Peraih Medali Olimpiade 2020

"Keberadaan MPP ini merupakan bagian dari reformasi birokrasi seperti yang diinginkan Presiden Joko Widodo. Selamat buat Bupati yang telah berhasil menyediakan MPP untuk memberi pelayanan yang cepat dan mudah bagi masyarakat Karawang," kata Menteri Thahjo.

Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum yang hadir pada acara tersebut mengatakan, Pemprov Jawa Barat terus berupaya meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dengan pemerintahan kota/kabupaten untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan publik.

BACA JUGA: Tjahjo Mengajak ASN Laksanakan Arahan Presiden

"Kami mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bapak Menteri yang telah memberi motivasi kepada kami dalam meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat Jawa Barat," kata Wagub Jabar.

Dia juga menyampaikan ucapan yang sama untuk Pemda Karawang terus berinovasi dalam pembangunan daerah.

BACA JUGA: ASN Konon Boleh Beristri 4, Tjahjo Kumolo Bilang Begini

"Dengan majunya pembangunan di Kabupaten Karawang maka akan berdampak pula pada kemajuan pembangunan di Provinsi Jawa Barat," ujar UU Ruzhanul.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan, MPP merupakan program prioritas RPJMD 2021-2026 Kabupaten Karawang.

Melalui MPP ini, kata Cellica, Pemkab Karawang ingin mewujudkan pemerintahan yang baik dan pelayanan publik yang berkualitas.

Dia menyampaikan, ada 19 unit layanan yang diberikan oleh perangkat daerah, instansi vertikal, BUMN dan BUMD di MPP ini.

19 layanan tersebut, yakni DPMPTSP Provinsi, DPMPTSP, Bappenda, Disdukcapil, Dinkes, Disnaker, Dinkop UKM, Dinas PUPR, Dinas LHK, BPJS Ketenagakerjaan, Kepolisian, Kantor Pajak Pratama, BPN, Kemenag, PDAM, bank bjb, BRI, dan Kejaksaan Negeri Karawang.

Selain itu, di MPP juga telah disediakan balai nikah untuk masyarakat yang ingin melangsungkan pernikahan, juga pelayanan vaksinasi.

Namun, untuk menghindari antrean dan kerumunan, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan di MPP harus terlebih dahulu mendaftar melalui web.

Melalui pendaftaran ini nanti masyarakat akan mendapat kepastian mengenai waktu layanan, baik hari dan jam pelayanan.

Pelayanan di MPP dilakukan setiap hari mulai pukul 10.00 - 18.00 WIB. Sebelumnya pemerintah kabupaten telah melaksanakan uji coba pelayanan publik atau soft launching MPP pada 17 Agustus lalu.

Dari hasil uji coba itu, rata-rata 900 orang setiap harinya mendapatkan pelayanan di MPP.

Animo masyarakat yang cukup tinggi untuk mendapatkan pelayanan di MPP ini, tentu tak lepas dari motto dan kebijakan MPP.

Motto MPP adalah "SOMEAH" kependekan dari "Sopan Melayani Amanah", dan kebijakan MPP adalah PRIMA, yang nerupakan akronim dari Pelayanan Responsif Integratif Mutu Adaptif.

PRIMA mengandung makna pelayanan yang cepat, terpadu dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan pelayanan publik.

Untuk mengetahui sejauhmana kualitas dan kuantitas pelayanan di MPP, pemerintah kabupaten terus melakukan evaluasi.

Evaluasi dilakukan melalui media survei kepuasan masyarakat (SKM) untuk mendapatkan umpan balik masyarakat yang telah mendapatkan layanan di MPP.

Kehadiran Menteri Thahjo di Kota Pangkal Perjuangan itu juga untuk menghadiri perayaan HUT ke-388 Kabupaten Karawang. (mar1/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Simak, Inilah Imbauan Terbaru MenPAN-RB Tjahjo Kumolo untuk ASN


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler