Menteri Yuddy Minta Front Office Perempuan Muda

Kamis, 23 Juli 2015 – 22:50 WIB
MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA- - Buruknya pelayanan Kantor Imigrasi Jakarta Barat disampaikan masyarakat secara langsung kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi.  

"Sudah tiga hari saya bolak balik datang tetapi paspor saya belum juga jadi. Padahal saya hanya ingin memperpanjang saja," kata Liem Andri, salah satu warga yang mengadukan masalahnya saat Yuddy melakukan sidak di Kantor Imigrasi Jakbar, Kamis (23/7).

BACA JUGA: Mendagri Pastikan Pilkada Serentak Siap Dilaksanakan

Mendengar aduan itu, Yuddy pun langsung meminta agar petugas menindaklanjuti pengaduan tersebut dan segera memproses paspor atas nama Andri.

Tidak lama setelah menerima komplain, ada seorang warga yang menanyakan kepada petugas Kantor Imigrasi mengenai nomor antrian. Warga yang tidak ingin disebutkan namanya itu meminta kejelasan mengenai antrian orang tuanya, karena sudah datang sejak pagi.

BACA JUGA: Indonesia Darurat Kekerasan Terhadap Anak

Namun, si petugas yang ditanya hanya menjawab sekenanya dengan wajah kesal. Hal itu membuat Deputi Pelayanan Publik Mirawati Sudjono yang mendampingi Menteri Yuddy juga kesal lantaran tidak ada kejelasan yang diberikan oleh petugas.

 "Bapak seharusnya menjelaskan dengan baik, karena masyarakat bertanya sesuatu yang dia tidak tahu, bukannya marah-marah seperti itu," kata Mira.

BACA JUGA: Sowan ke Mega Tak Akan Jatuhkan Wibawa Jokowi sebagai Presiden

Menyaksikan kenyataan buruknya pelayanan di Kantor Imigrasi Jakarta Barat, Menteri Yuddy mengatakan hal itu harus dilakukan evaluasi, khususnya terkait dengan tingkat kepuasan masyarakat dan banyaknya komplain masyarakat.

Dia menduga, belum adanya standar operasional prosedur yang jelas, sehingga membuat pelayanan menjadi kurang optimal.

"Kunjungan seperti ini untuk memastikan pelayanan menjadi lebih baik. Sudah menjadi kewajiban aparatur sipil untuk memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya," kata Yuddy.

Yuddy juga menyarankan untuk segera dilakukan rotasi. Menurutnya, orang-orang yang berada di bagian depan atau pusat informasi harus berisi orang-orang yang good looking dan familiar.  

"Saran saya, di bagian front office sama customer service-nya diganti, cari yang good looking dan familiar. Yang penting ramah, jangan yang seram-seram dan yang menakutkan. Cari perempuan yang masih muda sehingga dapat memperbaiki performance pelayanan," saran Yuddy.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kantor Imigrasi Jakbar Pondang Tambunan berjanji akan segera mengikuti saran Menteri Yuddy. (esy/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Sudah Buka Loket LHKPN Para Calon Kada


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler