Menuju Status Factory Rider

Kamis, 26 Juni 2008 – 11:49 WIB

Dani Pedrosa tak perlu berjuang sendirian lagi di barisan depan MotoGPDalam beberapa lomba terakhir, ada pembalap Honda lain yang cepat dan konsisten

BACA JUGA: Tolak Kompensasi, Donadoni Belum Dipecat

Dia adalah Andrea Dovizioso, yang disebut-sebut bakal direkrut jadi factory rider untuk 2009.

DANI  Pedrosa adalah harapan utama Honda meraih gelar juara dunia MotoGP 2008
Dengan motor RC212V bertenaga paspasan, hanya postur kecil plus bakat Pedrosa yang mampu bersaing dengan motor-motor pabrikan lain, khususnya Yamaha dan Ducati.
    Rekan setim Pedrosa di tim factory Repsol Honda, Nicky Hayden, tak kunjung menunjukkan performa meyakinkan

BACA JUGA: Cristian Chivu, Pulang Langsung Operasi

Padahal, sejak lomba terakhir Minggu lalu (18/6) di Donington Park, Inggris, Hayden sudah memakai mesin terbaru (pneumatic valve).
    Justru seorang rookie yang menjadi andalan kedua Honda musim ini
Dia adalah Andrea Dovizioso, pengendara JiR Team Scot Honda

BACA JUGA: Sulit cari Pengganti Brueckner

Dalam dua lomba terakhir, pembalap Italia itu dua kali finis di urutan lima besarDia pun melonjak ke urutan enam klasemen pembalapDi antara semua pengendara Honda, dia nomor dua setelah Pedrosa (yang bercokol di urutan kedua).
    Ringkasnya, Dovizioso-lah tameng baru Pedrosa, membantunya bersaing melawan pabrikan lain di barisan depan.
    Asal tahu saja, Dovizioso naik motor satelitSasis lama, mesin pun lamaSejak awal musim, nyaris tak ada sokongan spare part baru dari Honda untuk Dovizioso.
    Tak heran, nama Dovizioso mulai sering dibicarakanPertama, dia sudah disebut-sebut bakal dipromosikan ke Repsol Honda tahun depan, menggantikan Nicky HaydenBaik Repsol Honda maupun Dovizioso belum mau menanggapi secara resmi, tapi di paddock MotoGP itu seolah-olah sudah jadi rahasia umum.
    Dan akhir pekan ini, Dovizioso bakal mendapat banyak sorotanDalam GP Belanda di Sirkuit Assen, yang dimulai hari ini (lomba Sabtu lusa), Dovizioso digadang-gadang bakal tampil lebih baik lagiBahkan naik podium.
    Menanggapi itu, Dovizioso mencoba menjaga ekspektasi.
    Dia bilang, Assen yang punya karakter cepat (dan mengalir) bukanlah sirkuit favoritnyaMeski demikian, dia selalu mampu meraih hasil baik ketika masih di kelas 250 ccDua tahun lalu dia finis keempat, tahun lalu finis ketiga.
    Dovizioso menambahkan, dia biasanya memang justru tampil lebih baik di sirkuit-sirkuit yang tidak dia sukaiKarena itu, dia punya harapan meraih hasil baik lagi akhir pekan ini.
    “Saya datang di Belanda setelah menjalani dua lomba yang baikSaya yakin kami bisa mengulangi sukses di sini naik motor MotoGP,” ucapnya.
    Lagipula, lanjut Dovizioso, sangat penting baginya untuk terus meraih hasil baikTidak harus menang, yang penting konsisten“Melihat posisi kami di klasemen sekarang, sangat penting bagi kami untuk terus menjaga tren positif ini,” ujarnya.
    Pihak JiR Team Scot justru lebih optimistis dari sang pembalapCirano Mularoni, manajer tim itu, merasa Dovizioso telah menemukan cara untuk menantang para pengendara pabrikan secara regulerBahkan punya kemampuan untuk terus memperbaiki posisi di klasemen.
    “Kami punya paket motor yang kompetitif, yang bisa dimanfaatkan Andrea untuk meraih hasil maksimalKalau pun tidak sempurna, dia mampu menyiasati segala kekurangan dengan kemampannya berkendara,” kata Mularoni.
    Bagi penggemar MotoGP, sekarang kita punya satu lagi rookie yang layak disorotSementara Jorge Lorenzo (Fiat Yamaha) masih berkutat dengan cedera (setelah retak engkel dan gegar otak), Dovizioso bisa mencuri perhatian dengan terus meraih posisi lima besar.
    Dan jangan heran, kalau dalam waktu dekat ini, Dovizioso diumumkan sebagai pengendara baru factory Honda… (azrul ananda)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Emas Olimpiade = Rp 2,85 Miliar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler