Menurut Anda, Siapa Layak jadi Capres Alternatif?

Selasa, 26 September 2017 – 14:22 WIB
Presiden Jokowi dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Foto: Miftahulhayat/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Padjajaran Idil Akbar menilai, masyarakat perlu diberi pilihan calon presiden alternatif pada Pilpres 2019 mendatang.

Jangan terus-terusan publik hanya disodori dua nama lama yang bertarung di Pilpres 2014, yakni Joko Widodo dan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto.

BACA JUGA: Agus Harimurti Yudhoyono Bertemu Irwan Prayitno, Hhmmm

"Saya kira perlu ada capres alternatif, itu dinamika yang bagus untuk Pemilihan Presiden 2019 nanti," ujar Idil kepada JPNN, Selasa (26/9).

Menurut pria yang akrab disapa Kang Idil ini, keberadaan capres alternatif cukup penting, untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

BACA JUGA: Yakinlah Syarat Ambang Batas Pencapresan Tak Diskriminatif

Karena bukan tidak mungkin terjadi kejenuhan pemilih, mengingat pada Pemilu 2014 lalu juga hanya dua pasang capres yang bertarung, Jokowi berhadapan dengan Prabowo.

‎"Jadi masyarakat perlu diberi pilihan lain. Masyarakat butuh penyegaran. Paling tidak tokoh yang mungkin punya program alternatif untuk menjawab tantangan yang ada," ucapnya.

BACA JUGA: Jokowi Tetap Sakti Jika Hanya Lawan Prabowo dan AHY

‎Saat ditanya siapa nama-nama yang berpeluang menjadi calon alternatif, Kang Idil menyebut sejumlah nama yang belakangan mulai ramai disebut-sebut.

Mulai dari Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum DPP PBB Yusril Ihza Mahendra, dan Gubernur NTB Zainul Majdi yang dikenal dengan sebutan Tuan Guru Bajang (TGB).

"‎Saya melihat dengan adanya nama-nama lain maka pelaksanaan pilpres nantinya akan lebih dinamis. Apalagi nantinya ada parpol baru sebagai peserta pemilu," pungkas Kang Idil.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Terbukti, Jokowi Lebih Banyak Bekerja ketimbang Bangun Citra


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler