Menurut Hasto, Bisa Saja Cawapres Ganjar di Luar Nama yang Beredar, Ingat Ma'ruf Amin

Minggu, 10 September 2023 – 17:40 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: Ricardo/jpnn.com Foto : Ricardo

jpnn.com, SERANG - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan bacawapres pendamping Ganjar Pranowo bisa saja datang di luar dari nama-nama yang kini sudah beredar.

Hal itu disampaikan Hasto menjawab pertanyaan awak media mengenai peluang bacawapres di luar dari nama-nama yang eksis saat ini.

BACA JUGA: Tanggapi Agung Laksono Golkar soal Wacana Ganjar-RK, Sekjen PDIP Bilang Begini

Hasto mencontohkan bagaimana kejadian di Pilpres 2019 lalu yang tiba-tiba memunculkan nama KH Ma'ruf Amin sebagai cawapres Joko Widodo (Jokowi).

"Secara empiris 2019, itu, kan, di luar persoalan elektoral tiba-tiba muncul KH Ma'ruf Amin. Sebagai suatu kemungkinan, hal itu bisa terjadi," kata Hasto di Kantor DPD PDIP Banten, Kota Serang, Banten, Minggu (10/9).

BACA JUGA: Hasto Beber Spiritualitas & Religiositas Ganjar Pranowo, Asli Tanpa Dibuat-buat

Dia mengatakan nama baru sangat memungkinan untuk muncul untuk menjadi pendamping Ganjar.

"Bisa muncul suatu tokoh baru, meskipun nama yang dikerucutkan lima. Jadi, mungkin saja ada tokoh nasional yang tidak ikut berkontestasi, tetapi terus bekerja secara silent penuh dedikasi bagi bangsa dan negara. Sosok ini bisa saja selama ini tidak dilirik, tetapi memiliki rekam jejak membangun Indonesia secara progresif," tuturnya.

BACA JUGA: Terus Sosialisasikan Ganjar di Jabar, KawanJuangGP Gelar Jalan Sehat & Senam Massal

Hasto mengatakan Ketua DPP PDIP Puan Maharani sudah menyampaikan lima nama yang kini dibidik partainya.

Meski demikian, lanjut Hasto, politik memiliki dinamika tersendiri yang di dalamnya terdapat musyawarah dan aspirasi.

Dan politik juga kerap terjadi di luar survei-survei yang ada. "Sebab urusan pemimpin nasional itu selalu ada campur tangan Tuhan dan disuarakan rakyat, meski secara diam-diam. Kejadian ini sekali lagi dari Pilpres 2019 yang lalu juga dimungkinkan," sambungnya.

Untuk Pilpres 2024 ini, Hasto belum secara gamblang memberikan kepastian nama figur cawapres Ganjar. Sebab, hal tersebut merupakan kewenangan Megawati yang terus menangkap apa yang disuarakan rakyat dan juga para ketum parpol pendukung Ganjar Pranowo.

Dia meminta semua pihak untuk menunggu pada saat waktunya akan diumumkan.

"Apakah 2024 ini akan terjadi hal yang sama kita tunggu tanggal mainnya," tuturnya.

Di sisi lain, dia mengatakan kriteria cawapres Ganjar yang terpenting ialah bisa membawa kesolidan hingga memiliki visi dan misi yang sama dan berkomitmen mempercepat kemajuan Indonesia Raya.

"Yang penting solid, kompak, kemudian memiliki visi-misi yang sama terhadap masa depan, tanggung jawab yang sama, komitmen juang yang sama, dan saling melengkapi," pungkasnya. (Tan/JPNN)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ridwan Kamil Jadi Cawapres Ganjar, Hensat: Rumit Untuk Direalisasi


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler