Menyelami Kehidupan Bawah Laut di SEA LIFE Sydney Aquarium

Rabu, 05 Juni 2024 – 19:21 WIB
SEA LIFE Sydney Aquarium. Foto: dok Traveloka

jpnn.com, SIDNEY - Berencana liburan bersama keluarga ke Australia? Pastikan Anda memasukkan Kota Sydney di dalam daftar tempat yang akan dikunjungi.

Ibu kota negara bagian New South Wales, Australia ini menawarkan beragam wisata yang ramah untuk anak. Salah satunya yaitu SEA LIFE Sydney Aquarium.

BACA JUGA: Ini Dia Kampiun Morotai Underwater Photo Contest 2017

Akuarium raksasa ini terletak di kawasan wisata Darling Harbour yang mudah dijangkau dengan menggunakan transportasi subway, monorail,  atau bus hop on hop on.

Arsitektur bangunannya menarik, didesain menyerupai gelombang air laut.

BACA JUGA: Keindahan Bawah Laut NTT Terangkum di Buku Underwater Maumere

Keseruan di Zona Tematik di SEA LIFE Sydney Aquarium

Wisata Sydney ini cocok untuk mengenalkan anak pada kehidupan bawah laut.

BACA JUGA: Yuk, Jelajahi Situs Warisan Underwater UNESCO di Labuan Bajo

Terdapat  14 zona beserta akuarium raksasa yang bisa dijelajahi dengan total 13.000 hewan laut dari 700 spesies ikan dari berbagai belahan dunia. Di antaranya :

1. Day and Night on the Reef

Zona ini menampilkan kehidupan siang dan malam di perairan bawah laut kebanggaan Australia, Great Barrier Reef. Taman Nasional Great Barrier Reef yang berada di Gold Coast tersebut dikenal biota lautnya yang unik dan langka.

Koleksi ikan-ikan di zona ini pun karakteristiknya sama dengan yang ada di sekitar perairan Great Barrier Reef.

Setidaknya ada 500 ikan dan hewan laut yang hidup di terumbu karang akuarium ini.  Mulai dari  ikan barramundi, catfish, lungfish, hingga napoleon yang langka.

Menariknya lagi, zona ini dilengkapi dengan tata lampu dan teknologi canggih untuk menghadirkan pengalaman interaktif pengunjung dengan hewan-hewan laut di sini. Transisi siang dan malam juga terlihat nyata.

2. Penguin Expedition

Wahana ini favorit anak-anak yang pasti gemas dengan tingkah laku penguin yang lucu.

Di Penguin Expedition pengunjung diajak berpetualang mengenal lebih dekat kehidupan pinguin yang tinggal di kandang akuarium  bersuhu 6 derajat celcius.

Selama kurang lebih 5 menit, pengunjung akan dibawa berkeliling kandang pinguin dengan menggunakan perahu.

Satu perahu bisa diisi sampai 8 orang. Selama berkeliling, pengunjung terhibur melihat tingkah lucu penguin yang kadang saling menggoda satu sama lain

Anda juga  bisa mengenali  jenis-jenis penguin di wahana ini. Ada Gentoo Penguin, King Penguin dan penguin kecil. Tubuh King Penguin lebih besar dari penguin Gentoo.

Sementara penguin-penguin kecil khusus didatangkan dari Philip Island. Kawanan Penguin yang imut dan menggemaskan ini menarik perhatian anak-anak. Terlihat mereka selalu berkerumun di depan area display ingin menyentuh dan berfoto dengan pinguin yang lucu.

3. Shark Valley

Zona ini berbentuk terowongan panjang yang di atasnya terdapat akuarium raksasa.

Di sini pengunjung akan merasakan sensasi menjelajahi kedalaman Shark Valley yang penuh dengan pemandangan menakjubkan.

Saat melakukan perjalanan di terowongan, Anda akan melihat berbagai jenis hiu berukuran besar.

Ada hiu paus, hiu kepala martil, hiu putih, hiu penumbuk, hiu anjing dan Wobbegong. Selain itu juga ada ikan paus dan ikan pari yang sangat besar.

4. Dugong Island

Di zona ini pengunjung bisa menyaksikan dugong, mamalia laut yang terancam punah. Ada sepasang dugong yang menghuni SEA LIFE Sydney Aquarium.

Bernama Pig dan Wuru. Pig merupakan dugong jantan berusia 15 tahun yang diselamatkan di Forrest Beach saat terluka parah karena tersapu ombak.

Sementara Wuru adalah dugong betina berusia 10 tahun. Ia juga diselamatkan dari terjangan ombak.

Mereka suka sekali sayuran. Dalam sehari, dua dugong ini bisa menghabiskan 40 kg selada. Pig dan Wuru makan setiap 10 menit sekali. Akibatnya mereka jadi sering kentut, karena selada banyak mengandung gas.

Menariknya di sini ada permainan interaktif berbentuk dugong. Setiap ditekan pusarnya sekali ada akan keluar suara dugong.

Ketika ditekan 3 kali akan keluar bau dugong. Nah, begitu ditekan 6 kali keluarlah bau kentut dugong.

Selain empat zona tersebut, masih banyak wahana informatif  dan atraksi menarik yang disediakan di SEA LIFE Sydney Aquarium.

Jika ingin berkunjung ke sini, catat jam operasionalnya. Aquarium SEA LIFE buka mulai jam 9 pagi hingga jam 8 malam.

Anda bisa membeli tiket SEA LIFE Sydney Aquarium dengan harga mulai dari Rp 415.320 per orang.

Alternatif yang lebih mudah dan hemat, Anda bisa membeli tiket atraksi SEA LIFE Sydney jauh-jauh hari melalui aplikasi Traveloka.

Anda bisa memilih jenis tiket flexible visit date agar bebas mengatur tanggal kunjungan. Tiket valid hingga 30 hari sejak tanggal pembelian.

Tiket juga berlaku Easy Refund. Sewaktu-waktu harus membatalkan tiket karena kondisi tertentu, biaya tiket bisa dikembalikan penuh atau sebagian.

Selain menawarkan tanggal yang fleksibel, Traveloka juga menyediakan pilihan pembayaran yang fleksibel. Anda bisa memesan tiket sekarang dan bayar nanti dengan menggunakan kartu kredit atau PayLater.  

Menariknya lagi,  jika Anda membeli tiket SEA LIFE Sydney Aquarium di Traveloka ada diskon untuk pengguna pertama dengan kode promo TRAVELYUK.

Yuk segera pesan tiket di Traveloka dan manfaatkan semua promonya!. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler