Meretas Impian Mobil Hijau

Di Tengah Bayang-Bayang Krisis Energi

Minggu, 13 Juli 2008 – 11:42 WIB
Suasana pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2008 di JCC Jakarta.
JAKARTA – Industri otomotif kini semakin berkomitmen mewujudkan konsep mobil ramah lingkunganPerhelatan The 16th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2008 diharapkan menjadi momentum untuk meretas impian tersebut.
   Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Bambang Trisulo mengatakan, dalam dua tahun terakhir, industri otomotif memang makin serius memperhatikan aspek lingkungan

BACA JUGA: SBY Minta Gubernur Bantu Koperasi

’’Ramah lingkungan menjadi fokus
Tujuannya adalah mewujudkan mobil hijau alias green car,’’ ujarnya.
   Menurut Bambang, setiap sektor industri, apalagi otomotif, memang dituntut peduli dengan isu-isu lingkungan dan krisis energi

BACA JUGA: Linkage Berhasil Tekan Kredit Macet

’’Kami tidak ingin otomotif dicap sebagai industri biang polusi
Kami justru ingin menjadi pionir untuk mewujudkan konsep green industry,’’ katanya.
   Untuk itu, IIMS 2008 mengangkat tema Advanced Motoring, Hi-Quality Living

BACA JUGA: Pemerintah Batasi Produksi Rokok

Ketua Penyelenggara IIMS 2008 yang juga Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan mengatakan, tema tersebut merefleksikan komitmen otomotif nasional untuk mengedepankan perkembangan produk yang inovatif dan ramah lingkungan’’Kami tidak ingin sekadar jualan mobilKami ingin memberi kontribusi lebih,’’ ujarnya.
   Saat ini, teknologi hybrid memang paling realistis untuk dikembangkan secara komersial, dibandingkan teknologi bahan bakar hidrogen yang saat ini masih dalam tahap pengembangan.
    Teknologi ini mengkombinasikan mesin berbahan bakar minyak (petrol engine) yang memiliki keunggulan dalam hal tenaga pacu, dengan mesin berbahan bakar elektrik yang efisien bahan bakar serta tanpa emisi gas buang, namun kurang dalam hal tenaga pacuDengan kombinasi tersebut, teknologi hybrid menghasilkan efisiensi bahan bakar dan performance berkendara bagus.
    Dalam perhelatan IIMS kali ini, paling tidak ada tiga mobil berteknologi hybrid dan satu mobil berteknologi full electricToyota menampilkan dua produk hybrid, yakni Toyota Prius dan mobil konsep Toyota FT-HS Hybrid SportSelain itu, masih ada kendaraan konsep i-Real.
   Sementara itu, Honda menampilkan Honda Civic Hybrid, sedangkan Mitsubishi menampilkan i-MiEV.
    Untuk urusan pemasaran, Honda selangkah lebih maju karena saat ini sudah memasarkan Civic HybridMarketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy mengatakan, pasar mobil hybrid di Indonesia memang masih kecil’’Tapi, kami optimistis akan terus berkembang,’’ katanya.
     Menurut Jonfis, sedianya mobil yang mengusung mesin 3-stage i-VTEC yang dikombinasikan dengan integrated motor assist (IMA) tersebut hanya akan disewakan kepada kalangan tertentu yang concern pada lingkungan hidup’’Tapi, dua unit yang disewakan justru dibeli,’’ terangnya.
    Tak mau ketinggalan, PT Toyota Astra Motor (TAM) juga akan segera menyusul dengan memasarkan Toyota PriusMarketing Planning Manager PT TAM Achmad Rizal mengatakan, pihaknya tengah mematangkan rencana memasarkan Prius di Indonesia’’Mudah-mudahan bisa mulai tahun depan,’’ ujarnya.
   Saat ini, Toyota Prius merupakan mobil hybrid terlaris di dunia dengan total penjualan global lebih dari 1 juta unitPasar terbesar didominasi oleh negara maju, yakni Amerika Serikat (AS), Jepang, dan beberapa negara Eropa.
    Baik Jonfis maupun Rizal mengakui, pemasaran mobil hybrid di Indonesia masih terkendala oleh hargaDengan teknologi mutakhir, harga jual mobil memang cukup mahal.
   Jonfis mengatakan, saat ini Honda Civic Hybrid dipasarkan dengan harga Rp 495 juta per unit, atau jauh lebih mahal ketimbang model konvensional Honda Civic yang dijual di kisaran Rp 350 juta per unitSedangkan Toyota Prius, kata Rizal, juga akan dipasarkan pada kisaran Rp 490 juta per unit.
   Produk hybrid lain yang ditampilkan Toyota adalah mobil konsep FT-HS Hybrid SportProduk tersebut pertama kali ditampilkan pada Detroit Motor Show 2007, kemudian di Tokyo Motor Show 2007.
   Sementara itu, Mitsubishi mengusung i-MiEV (Mitsubishi innovative Electric Vehicle) dalam konsep mobil hijaunyaMobil elektrik bertenaga penggerak lithium-ion battery system ini pertama kali dikembangkan di Jepang pada 2006Pengembangan komersialisasinya ditargetkan bisa dimulai pada 2009
    Selain Prius dan FT-HS, Toyota juga menampilkan produk unggulan i-RealProduk personal mobility kreasi Toyota Motor Company ini didatangkan langsung dari Jepang oleh PT Toyota Astra Motor (TAM).
    Marketing Director PT TAM Joko Trisanyoto mengatakan, i-Real merupakan pengembangan dari model sebelumnya, yakni i-Unit dan i-Swing’’Saat ini, jumlah i-Real hanya ada tujuh buah di dunia,’’ terangnya.
    Yang menarik, kendaraan beroda tiga untuk satu penumpang yang menggunakan battery sebagai tenaga penggerak ini, komponen interior dan under body-nya dibuat dari  Kenaf’’Ini adalah jenis tanaman yang berasal dari lamongan, Jawa Timur,’’ katanya.
    Saat ini, lanjut dia, pengolahan Kenaf dilakukan oleh PT Abadi Barindo Autotech, perusahaan pembuat interior yang merupakanh salah satu supplier Toyota di IndonesiaMenurut Joko, 50 persen dari total body i-Real terbuat dari Kenaf yang merupakan bahan organic.
     Kendaaran yang bisa melaju hingga kecpatan maksimum 30 km per jam tersebut, baru-baru ini digunakan sebagai salah satu kendaraan resmi dalam acara pertemuan tingkat tinggi G-8 di Hokaido, Jepang, yang dihadiri oleh para kepala negara, termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono(owi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... IIMS Tak Sekadar Jualan Mobil


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler