IIMS Tak Sekadar Jualan Mobil

Jumat, 11 Juli 2008 – 10:49 WIB
Salah satu stand di IIMS melakukan persiapan di JCC. Pameran akbar produk otomotif ini dimulai hari ini. Foto: JP
JAKARTA - Industri otomotif nasional kembali menggelar even akbarMulai hari ini hingga sepuluh hari ke depan (11-20 Juli), Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyelenggarakan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2008 di Jakarta Convention Center (JCC).
     Ketua Penyelenggara IIMS 2008 Johnny Darmawan mengatakan, tahun ini even yang rencananya dibuka Presiden SBY tersebut mengambil tema Advanced Motoring, Hi-Quality Living

BACA JUGA: Konsumsi Masih Topang Ekonomi

Tema tersebut, merefleksikan komitmen industri otomotif nasional untuk selalu mengedepankan perkembangan produk yang inovatif dan ramah lingkungan
’’Harap dicatat, kami tidak ingin hanya sekadar jualan mobil

BACA JUGA: Dua Ratus SPBU Siap Pasok BBN

Kami ingin memberi kontribusi lebih,’’ ujarnya di Jakarta.
     Johnny menyadari, citra industri otomotif selalu lekat dengan banyak hal negatif
Seperti polusi, pemanasan global, serta biang kemacetan

BACA JUGA: Industri Wajib menggunakan BBN

Padahal, lanjut dia, sumbangsih industri otomotif bagi perekonomian nasional tidak kecil’’Selain itu, kelestarian alam juga semakin mendapat perhatian besar dari sektor otomotif,’’ tambah Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM) itu.
     Ketua Gaikindo Bambang Trisulo mengatakan, dalam dua tahun terakhir, tema IIMS selalu erat dengan lingkungan’’Kami ingin membawa industri otomotif nasional ke arah green industry,’’ timpalnyaKarena itu, pada even ke-16 IIMS ini, Gaikindo berharap IIMS menjadi media informasi dan edukasi tentang industri otomotif, serta seluruh rangkaian industri pendukungnya.
     Meski demikian, IIMS 2008 tetap dimanfaatkan agen tunggal pemegang merek (ATPM) untuk beramai-ramai menggelontor pasar otomotif dengan produk-produk anyarDi antaranya, Nissan yang akan me-launching satu produk baru, Mazda menyiapkan dua andalan, dan Proton me-launching sedan Gen 2 PersonaDari Eropa, Volkswagen (VW) bakal memperkenalkan dua produk baru.
     Suhut Kosasih, chief operational Dyandra Promosindo, event organizer IIMS 2008 mengatakan, tahun ini pihaknya menargetkan transaksi penjualan 500-800 unitTahun lalu, transaksi penjualan IIMS 2007 mencapai 800 unit’’Untuk pengunjung, kami menargetkan 220 ribu orang,’’ ujarnya.
     Seperti ajang tahun lalu, beberapa ATPM bakal absen dalam IIMS tahun iniDi antaranya Jaguar, Volvo, BMW, dan Nissan Diesel’’Tapi, peserta lain berjanji menampilkan produk-produk inovatifJadi, IIMS tahun ini tetap punya gereget,’’ katanya.
    Salah satu produk yang diperkirakan menjadi bintang adalah i-RealProduk personal mobility kreasi Toyota Motor Company ini didatangkan langsung dari Jepang oleh PT TAMMarketing Director PT TAM Joko Trisanyoto mengatakan, i-Real merupakan pengembangan model sebelumnya, yakni i-Unit dan i-Swing’’Saat ini, jumlah i-Real hanya tujuh buah di dunia,’’ terangnya.
    Yang menarik, kendaraan beroda tiga untuk satu penumpang yang menggunakan baterai sebagai tenaga penggerak ini, komponen interior dan under body-nya dibuat dari Kenaf’’Ini adalah jenis tanaman yang berasal dari Lamongan, Jawa Timur,’’ katanya.
    Saat ini, lanjut dia, pengolahan Kenaf dilakukan PT Abadi Barindo Autotech, perusahaan pembuat interior yang merupakan supplier Toyota di IndonesiaKata Joko, 50 persen dari total body i-Real terbuat dari Kenaf yang merupakan bahan organik.
     Kendaaran yang bisa melaju hingga kecepatan maksimum 30 km per jam tersebut, baru-baru ini digunakan sebagai salah satu kendaraan resmi dalam pertemuan tingkat tinggi G-8 di Hokkaido, Jepang, yang dihadiri sejumlah kepala negara, termasuk Presiden SBY(owi/oki)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Daftar PVA Yang Akan Dicabut Izinnya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler