Messi Disalip Ronaldo

Selasa, 07 Mei 2013 – 08:22 WIB
LIONEL Messi boleh menjadi pahlawan kemenangan Barcelona atas Real Betis dini hari kemarin WIB. Tapi, mahabintang Argentina itu harus merelakan posisinya di puncak ranking best performing player (pemain dengan penampilan terbaik) di Eropa musim ini versi Castrol digeser pesaing utamanya, Cristiano Ronaldo.

Seperti dilansir situs AS kemarin, Ronaldo dengan 1.080 poin menyalip Messi yang berada di tempat kedua dengan 1.076 poin setelah tampil prima sepanjang bulan lalu. Superstar Real Madrid tersebut mencetak tujuh gol dari tujuh penampilan di Primera Division La Liga dan Liga Champions. Plus tiga assist di tiga laga domestik.

Rerata gol CR7"julukan Ronaldo"dalam 12 bulan terakhir adalah satu gol per pertandingan. Sedangkan total tembakannya mencapai 5,2 tembakan per laga.

Daftar best performing player disusun berdasarkan kontribusi keseluruhan seorang pemain kepada penampilan tim. Di antaranya meliputi gol, total tembakan, dan assist. 

Dari 10 nama teratas, semuanya berposisi sebagai striker atau second striker. Primera Division Spanyol dan Bundesliga Jerman masing-masing menempatkan tiga wakil dan Ligue 1 Prancis serta Premier League Inggris dengan dua nama.

Kendati terlempar dari posisi teratas, Messi masih tercatat sebagai pencetak gol terbanyak di 2012 di antara lima liga utama Eropa dengan 18 gol. Assist-nya di sepanjang tahun ini juga tertinggi, tujuh kali.

"Yang terpenting bagi saya sekarang ini bagaimana Barcelona bisa segera memastikan gelar (Primera Division)," kata Messi. 

Kenaikan tertinggi dalam daftar 10 besar best performing player dicatat Robert Lewandowski. Dipicu penampilan gemilangnya di first leg semifinal Liga Champions melawan Real Madrid, penyerang Polandia itu meroket ke posisi ke-5, naik 22 setrip dibandingkan peringkatnya pada dua bulan lalu. (ttg)

Ranking Best Performing Player


  1. Cristiano Ronaldo (Real Madrid) 1,080 poin
  2. Leo Messi (Barcelona) 1,076
  3. Thomas M"ller (Bayern Munich) 958
  4. Robin van Persie (Manchester United) 930
  5. Robert Lewandowski (Borussia Dortmund) 927
  6. Luis Suarez (Liverpool) 907
  7. Pierre-Emerick Aubameyang (St.Etienne) 866
  8. Mario Mandzukic (Bayern Munich) 861
  9. Karim Benzema (Real Madrid) 856
  10. Zlatan Ibrahimovic (Paris S.Germain) 856

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bentrok Suporter PSIS Versus Warga, Godong Mencekam

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler