Metode Phygital Permudah Pelaku UMKM dalam Strategi Pemasaran

Rabu, 22 Juni 2022 – 10:18 WIB
Founder Benson Indonesia, Patrick Rimba kenalkan metode pemasaran phygital ke pelaku UMKM. Foto: dok. pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Media digital kini dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk menarik konsumen melakukan transaksi online. Namun, tidak semua pelaku usaha siap memasuki ekosistem digital.

Oleh karena itu, Founder Benson Indonesia, Patrick Rimba membantu program Kemenparekraf dalam memajukan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) go digital melalui lokakarya Kota Kreatif.

BACA JUGA: Akumandiri Apresiasi Komitmen Erick Thohir Bawa UMKM Go Global

Patrick mengatakan masih banyak pelaku usaha, khususnya di usia 40 tahun ke atas masih awam dengan strategi pemasaran di media sosial.

Para pelaku UMKM yang masih mengandalkan cara-cara konvensional dalam memasarkan produk-produknya.

BACA JUGA: Menuju UMKM Go Digital, Menteri Johnny Dorong Partisipasi Perempuan pada DEA-DTS

"Agar menjangkau pasar yang lebih luas, para pelaku usaha harus pintar-pintar menggunakan media digital untuk menarik banyak konsumen," kata Patrick, dalam keterangannya, Rabu (22/6).

Dalam lokakarya yang diselenggarakan di Desa Alam Manis Cirebon, Patrick memberikan edukasi dasar marketing menggunakan metode phygital, cara membuat konten marketing, dan bagaimana cara membuat tim digital yang solid.

BACA JUGA: Jembatani UMKM dengan Investor dan QRIS Lewat Webinar Go Digital

Phygital adalah perpaduan teknologi yang mempermudah UMKM menjalankan strategi pemasaran produk dalam jangkauan yang lebih luas.

Konsep phygital ini memungkinkan pelaku bisnis menggunakan ilmu pengetahuan berbasis teknologi digital untuk memperkaya pengalaman pengguna dalam berbelanja online.

"Phygital adalah kombinasi real life marketing dan online strategy,” kata Patrick yang baru-baru ini dianugerahi Best Performance Digital Company 2022.

Melalui akun Instagram @patrickrimba11, dia menyebut ada 6 strategi Phygital yang bisa diikuti oleh para pelaku usaha, yaitu menggunakan QR Codes, Kiosks, Pop-up Shops, AR&VR Technology, Social Media Campaign dan Live e-commerce. 

“Phygital punya masa depan yang bagus dalam membentuk lini bisnisyang  lebih unggul. Sebab konsumen cenderung memilih layanan yang memudahkan mereka dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Selain itu, kata Patrick, membangun tim digital marketing adalah salah elemen phygital untuk meningkatkan tujuan bisnis terus berkembang ke depannya.

Secara teknis, digital marketing dapat memberikan arah yang pasti untuk pelaku usaha. Namun, yang paling fundamental dari tim digital marketing, yaitu mereka dapat menekan pengeluaran anggaran.(jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler