Miami Heat Tembus Final Wilayah Timur NBA, LeBron James Ukir Rekor

Rabu, 09 September 2020 – 19:09 WIB
Guard Miami Heat Tyler Herro (14) dan forward Jimmy Butler (22) melakukan selebrasi seusai mengalahkan Milwaukee Bucks. Foto: ANTARA/REUTERS/Kim Klement-USA TODAY Sports.

jpnn.com, ORLANDO - Unggulan kelima Miami Heat lolos ke final Wilayah Timur NBA usai menyingkirkan unggulan teratas Milwaukee Bucks di babak semifinal.

Miami Heat memenangi gim kelima di Orlando, Rabu (9/9) dengan skor 103-94.

BACA JUGA: NBA kembali Gelar Program Pelatihan Jr. NBA Coaches Academy di Indonesia

Kemenangan itu membuat agregat kedua tim menjadi 4-1 untuk Heat yang di final Wilayah Timur akan menghadapi pemenang antara unggulan kedua Toronto Raptors dan unggulan ketiga Boston Celtics, yang kedudukan saat ini 3-2 untuk Celtics.

Pada gim kelima tadi, Heat memperlihatkan permainan bertahan yang kukuh sehingga membuat kesulitan Bucks yang harus bermain tanpa bintang utama Giannis Antetokounmpo.

BACA JUGA: Jari Tengah Kawhi Leonard

BACA JUGA: Donald Trump Sebut Aksi Pemain NBA Hancurkan Bola Basket

Pemain Bertahan Terbaik NBA 2019-20 dan favorit untuk mengulang sebagai MVP liga itu tidak bermain setelah pergelangan kaki kanannya kembali terkilir di paruh pertama gim keempat pada hari Minggu.

Miami Heat menahan tembakan Bucks dengan persentase 36,3 persen, termasuk nir poin Bucks pada kuarter ketiga yang berlangsung lebih dari enam menit.

Itulah ketika Heat menciptakan jarak poin dan bertahan hingga pertandingan usai.

Pada kuarter keempat, Bucks memangkas keunggulan Heat menjadi 91-87 ketika Brook Lopez melakukan lemparan dengan sisa waktu 2:05.

Namun Jimmy Butler menjawab dengan dua lemparan bebas dan Goran Dragic melakukan rebound dengan lompatan tinggi menguasai bola untuk mempertahankan keunggulan Miami.

Dua lemparan bebas oleh Butler dengan sisa waktu 46,7 detik memperpanjang keunggulan Heat menjadi 97-88 dan memastikan kemenangan 4-1.

Jimmy Butler menyumbang 17 poin, 10 rebound, dan enam assist, untuk Miami.

Ini adalah pertama kalinya Miami tampil di final Timur sejak 2014, dan pertama kalinya Butler mencapai empat besar NBA.

Goran Dragic juga menyumbang 17 poin untuk Heat, disusul Jae Crowder yang mencetak 16 poin, Tyler Herro 14 poin, Bam Adebayo 13 poin, dan Kelly Olynyk 12 poin.

Tanpa Antetokounmpo, Khris Middleton menjadi topskor bagi Milwaukee. Ia menyumbang 23 poin.

Brook Lopez mencetak 15 poin dan 14 rebound, Donte DiVincenzo mencetak 17 poin, Wesley Matthews dan Marvin Williams masing-masing menyumbang 11 poin, sedangkan Eric Bledsoe menyumbang sembilan assist untuk Bucks.

Bagi Bucks, ini adalah jalan keluar playoff yang sangat prematur setelah mencatat rekor musim reguler terbaik NBA.

Heat, sementara itu, menjadi tim ke-140 dalam 140 upaya untuk memenangi seri playoff NBA setelah memimpin 3-0 terlebih dahulu.

Sementara dari Wilayah Barat, LeBron James mengukir rekor jumlah kemenangan playoff saat Los Angeles Lakers mengalahkan Houston Rockets 112-102 untuk memimpin 2-1 pada semifinal.

Selain menjadi top skor dengan mencetak 36 poin, LeBron James juga meraih kemenangan playoff ke-162 yang menjadi rekor baru NBA, melampaui rekor mantan guard Lakers, Derek Fisher yang menorehkan 161 kemenangan.

"Itu tidak akan terjadi tanpa para pemain pendukung. Itulah mengapa saya bisa duduk di sini dengan pencapaian ini, tetapi ini semua tentang tiga klub yang pernah saya ikuti, Cleveland Cavaliers, Miami Heat dan sekarang LA Lakers, karena tanpa mereka saya tidak akan berada di posisi ini," kata James setelah pertandingan seperti dikutip Reuters.

"Saya telah bermain dengan banyak tim hebat, bahwa saya telah bermain dengan banyak rekan setim yang hebat dan beberapa pelatih hebat, di Cleveland, di Miami dan sekarang di sini di Los Angeles," katanya.

Selain LeBron, Rajon Rondo juga berandil besar atas kemenangan di gim ketiga tersebut.

Ia memicu reli di kuarter keempat dengan mencetak delapan poin berturut-turut saat Lakers melaju 10-0 di awal kuarter keempat yang membuat Lakers unggul hingga pertandingan usai.

Secara keseluruhan, Rondo menyumbang 21 poin dan sembilan assist. Poin lain bagi Lakers dihasilkan Anthony Davis yang menyumbang 26 poin dan Kyle Kuzma menambahkan 14 poin.

Sementara itu, James Harden mencetak 33 poin dan Russell Westbrook menyumbang 30 untuk Rockets yang harus kehilangan forward Robert Covington yang dibopong ke ruang ganti setelah bertabrakan dengan Davis pada kuarter keempat.

Sisi kiri wajah Covington mengenai lengan kanan Davis, sementara siku kiri Covington mengenai sisi kanan Davis. (antara/jpnn)


Twitter@NBA


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler