Milad ke-71, YAPI Gelar Acara Jalan Sehat dengan 1.000 Peserta di GBK

Rabu, 24 Mei 2023 – 20:48 WIB
Ilustrasi acara jalan sehat. Foto: Friederich Batari/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Yayasan Asrama Pelajar Islam (YAPI) menggelar acara jalan sehat dan diikuti 1.000 peserta di area Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (27/5) mendatang.

Bakhtiar Rakhman selaku Pembina YAPI mengatakan kegiatan bertema "Kontribusi YAPI dalam Membangun Sumber Daya Manusia yang Unggul" itu digelar dalam rangka memperingati Milad ke-71 YAPI.

"Diikuti sekitar 1.000 peserta yang terdiri dari warga, alumni, murid, wali murid, serta tamu undangan. Setelah itu, acara akan dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan resepsi di Sentosa Seafood, parkir Timur Senayan, Jakarta," kata Bakhtiar dalam keterangan tertulis, Rabu (24/5).

Bakhtiar menjelaskan YAPI didirikan pada 26 Mei 1952 atas pemikiran para tokoh pergerakan dan pendiri bangsa, seperti M Natsir, Joesoef Wibisono, dan lainnya. 

"Pada awalnya, YAPI berdiri dengan tujuan menyediakan tempat tinggal bagi mahasiswa dari luar Jakarta sebagai upaya kaderisasi untuk mempersiapkan calon pemimpin bangsa melalui pembinaan para aktivis kampus," ujar Bakhtiar.

Dia menambahkan YAPI saat ini memiliki empat asrama mahasiswa yang terdiri dari Asrama Sunan Gunung Jati, Sunan Giri, Wali Songo, dan Asrama Putri. 

Melalui fasilitas tersebut, YAPI telah meluluskan banyak kader yang telah mencapai prestasi gemilang sebagai guru besar, doktor, profesional, aktivis nasional, dan pejabat/politisi terkemuka. 

"Di antaranya mereka adalah Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas, Wakil Ketua MPR Arsul Sani, Prof Jimly Asshiddiqie, Prof Muliaman D Hadad, Prof Irwan Payitno, Almarhum AM Fatwa, dan banyak lainnya," ujar Bakhtiar.

Dalam bidang pendidikan, YAPI telah mendirikan sekolah mulai dari Play Group hingga Perguruan Tinggi. Beberapa sekolah tersebut dikelola bersama dengan Yayasan Pesantren Islam Al Azhar. 

"Kolaborasi ini membantu YAPI menjadi institusi yang mandiri dan berkontribusi secara signifikan dalam mencetak generasi penerus yang berkualitas," ujar Bakhtiar. (cr1/jpnn)

BACA JUGA: YAPI Sehatkan Anak Bangsa, Menteri Sandiaga Bilang Begini 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Di Bekasi Menjadi Wakil, Di Sidoarjo Yapi Jadi Ketua


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Dean Pahrevi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler