YAPI Sehatkan Anak Bangsa, Menteri Sandiaga Bilang Begini 

Jumat, 27 Mei 2022 – 19:50 WIB
Kegiatan donor darah yang diprakarsai YAPI. Foto dokumentasi YAPI

jpnn.com, JAKARTA - Yayasan Asrama Pelajar Islam (YAPI) selama 70 berkiprah dalam dunia pendidikan sudah melahirkan banyak kader bangsa di berbagai bidang. Asrama mahasiswa menjadi bukti YAPI yang selalu mengedepankan pentingnya pendidikan.

Lembaga pendidikan ini membangun tiga asrama putra yakni Asrama Sunan Gunung Jati, Asrama Sunan Giri, Asrama Wali Songo dan satu Asrama Putri YAPI yang pembangunannya masih dalam proses. 

BACA JUGA: Diundang Isi Tausiyah, Ketua MA Bantah Dukung Sandiaga Uno

Bukti lainnya adalah berdirinya layanan pendidikan, di antaranya Playgroup Sakinah, TK Islam Al Azhar 13, SD Islam Al Azhar 13, SMP Islam Al Azhar 12 Rawamangun, SMP Islam Al Azhar 55 (Jatimakmur-Bekasi) dan STEBank Islam Mr. Prawiranegara. 

Tidak hanya berkiprah di dunia pendidikan, YAPI juga memiliki tanggung jawab sosial lain dengan mengedepankan kepedulian kepada sesama. 

BACA JUGA: Cara Kreatif Jawara Sumedang Berikan Dukungan ke Sandiaga Uno

"Serangkaian kegiatan yang digelar, seperti donor darah, santunan, dan pemeriksaan kesehatan anak yatim,” papar Kunrat Wirasubrata, ketua umum YAPI dalam keterangannya, Jumat (27/5).

Dalam milad tahun ini, YAPI secara khusus menggandeng PMI cabang Jakarta Timur untuk menyukseskan kegiatan donor darah.

BACA JUGA: Para Menteri Berpose di Acara Pernikahan Adik Jokowi dan Ketua MK, Sandi & Basuki Tampil Beda

Salah satu peserta donor darah ialah Sayuti (70) yang merupakan alumnus YAPI. Dia sudah mendonorkan darahnya 112 kali.

“Alhamdulillah saya selalu menyempatkan diri untuk mendonorkan darah kegiatan ini sekaligus beramal dan membantu sesama,” ungkapnya. 

Perwakilan dari PMI Jakarta, dr. Endang Pratiwi mengapresiasi aksi sosial YAPI ini. Sebab, selama pandemi cadangan darah di PMI menurun 20%.

"Jangan lupa, dengan donor darah bisa membantu sesama dan menyelamatkan nyawa orang lain berarti Anda sudah menjadi superhero," ucapnya.

YAPI tak membatasi kegiatannya hanya dengan aksi sosial donor darah. Santunan anak yatim juga dirangkai dalam ulang tahun YAPI ke-70 dan halalbihalal.

Tak hanya menyantuni, YAPI berinisiatif melakukan pemeriksaan kesehatan anak-anak yatim, yang meliputi tinggi badan, berat badan, kondisi gigi, dan mata. 

“Semoga langkah kecil ini bisa memberikan manfaat besar terhadap sesama,” ujar Much. Sidik Sabri, Ketua Pelaksana Acara.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengapresiasi kegiatan yang digelar YAPI.

"YAPI bisa melakukan strategi, adaptasi, inovasi dan kolaborasi yang akan berkontribusi besar dalam perbaikan atau meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menyediakan lapangan kerja baru dan menciptakan SDM berkualitas," kata Sandiaga dalam sambutannya melalui zoom.(esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menparekraf Sandiaga: UMKM di Bangkalan Sudah Ready Go Internasional


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler