Di tengah duka menyaksikan rumahnya di wilayah Noosa North Shore, Queensland, terbakar pada akhir pekan, Mike Hancock menerima tawaran yang sangat murah hati dari seorang pria Inggris.

Hancock adalah satu dari 10 warga yang kehilangan rumah mereka dalam peristiwa kebakaran itu, dan telah diundang untuk tinggal di Pulau Makepeace milik Sir Richard Branson di lepas pantai Noosa.

BACA JUGA: Partai Seks Australia Ganti Nama Jadi Partai Alasan

Tiga rumah hancur akibat kebakaran pada hari Sabtu (19/8/2017) siang dan dua rumah rusak secara struktur akibat kebakaran selama beberapa hari di wilayah tersebut.

Berbicara dari Pulau Makepeace yang mewah, Hancock mengatakan bahwa tawaran dan kemurahan hati kepada para korban begitu melimpah.

BACA JUGA: Gadis Australia Dikontak Perusahaan Musik Berkat YouTube

"Di tengah kebakaran, [manajer Makepeace] Jason Styles datang dan mengatakan bahwa kami bisa tinggal di pulau ini," sebut Hancock.

Tawaran yang disampaikan melalui Styles itu berasal dari salah satu pendiri Virgin Australia, Brett Godfrey, yang memiliki Pulau Makepeace bersama Sir Richard.

BACA JUGA: Pengusaha Ini Akui Hancurkan Anggur Rival Bisnisnya senilai Rp 633 Juta

Sejumlah rumah di Noosa North Shore, Sunshine Coast, Queensland, terbakar pada akhir pekan lalu.

ABC Sunshine Coast: Frances Adcock Masih tak percaya musibah

David Wright, pemilik rumah di wilayah North Shore yang rumahnya selamat dari api, juga tinggal di pulau itu bersama istrinya -Kym -dan anak mereka yang penyandang autis, Brody, 29 tahun.

"Ini seperti mimpi. Pada suatu malam, kami berada di tengah api yang mengerikan, mencoba menyalakan pompa kebakaran, dan malam berikutnya kami berada di resor bintang enam," ujar Wright.

Ia mengatakan bahwa tidur di ranjang Sir Richard "terasa hampir sama dengan tempat tidur saya".

"Tapi itu unit yang indah dan kami menghargai berada di sini, ini adalah tempat yang nyaman. Saya pulang ke rumah (22/8/2017) pagi ini dan sangat mengerikan. Kaca, baunya, itu mengerikan."

Ke-10 warga korban kebakaran diperlakukan secara lengkap, hingga makanan untuk mereka-pun juga disediakan.

Tapi Wright mengatakan bahwa mereka semua sangat terkejut.

"Ini adalah sikap yang baik, tapi memang sudah ada banyak isyarat yang baik dari masyarakat. Kebetulan saja salah satu dari mereka memiliki sebuah resor." Salah satu warga yang kehilangan rumahnya di Noosa North Shore adalah relawan pemadam kebakaran di daerah pedalaman.

ABC Sunshine Coast: Frances Adcock Miliarder si tetangga ramah

Para warga North Shore telah bertemu dengan tetangga miliarder mereka selama bertahun-tahun.

Wright memiliki foto Sir Richard bersama Brody, dan mengatakan miliarder itu adalah "tetangga yang baik".

"Richard datang dan mengatakan 'Selamat siang'," kata Wright.

"Saya tak tahu banyak miliarder, saya tak tahu banyak jutawan, tapi sepertinya ia baik.”

"Stafnya juga berbicara baik tentang dirinya." Brody Wright dan Sir Richard Branson di Noosa North Shore awal tahun ini.

Supplied: David Wright

Wright mengatakan bahwa bisa tinggal di pulau tersebut membantu para pemilik rumah untuk "duduk bersama dan hampir berdebat".

Ia juga berusaha menjaga agar hidup berjalan senormal mungkin bagi Brody, yang bergantung pada rutinitas.

Meskipun rumah Wright telah sedikit diselamatkan, butuh beberapa saat sebelum ia bisa tinggal kembali karena kerusakan akibat api dan masalah struktural.

Sir Richard membeli pulau itu pada tahun 2001 sebagai rumahnya di Australia yang jauh dari Inggris, dan merupakan pengunjung tetap. Warga berkumpul setelah rumah mereka terbakar dan rusak di Noosa North Shore.

Supplied: David Wright

Pulau ini digunakan secara eksklusif sebagai tempat liburan bagi staf dan tamu Virgin sampai ia membukanya untuk umum pada tahun 2011 sebagai resor swasta, yang tarifnya sebesar $ 5.500 (atau setara Rp 55 juta) per malam untuk empat orang.

Tapi tak ada pemikiran soal uang atau publisitas ketika tawaran membuka pulau tersebut, bagi para pemilik rumah korban kebakaran hari Sabtu (19/8/2017), muncul.

Seorang juru bicara Pulau Makepeace juga menolak permintaan untuk berkomentar, dengan mengatakan Sir Richard atau Godfrey tak mencari publisitas dari tawaran mereka. Pendiri Virgin Australia, Brett Godfrey dan Sir Richard Branson, memiliki Pulau Makepeace di lepas pantai Noosa, Sunshine Coast, Queensland.

Supplied: Makepeaceisland.com

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterbitkan: 18:45 WIB 22/08/2017 oleh Nurina Savitri.

Lihat Artikelnya di Australia Plus

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anjing Golden Retriever Temukan Heroin Padat Senilai Rp1,1 Miliar di Halaman Belakang

Berita Terkait