MIND ID Umumkan Pemenang Kompetisi BIGMIND Innovation Award 2022

Kamis, 01 Desember 2022 – 23:06 WIB
Para pemenang kompetisi BIGMIND Innovation Award 2022 yang diadakan oleh Mining Industry Indonesia atau MIND ID. Foto: dokumentasi MIND ID

jpnn.com, JAKARTA - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia mengumumkan pemenang kompetisi BIGMIND Innovation Award 2022.

Event ini diselenggarakan oleh BUMN yang beranggotakan PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), dan PT Timah Tbk.

BACA JUGA: Hadapi Tantangan Industri Bauksit 2023, MIND ID Siap Gandeng Mitra Strategis

Penyelenggaran kompetisi ini mengusung tema inovasi untuk akselerasi pertambangan, kompetisi ini terdiri dari dua kategori kompetisi utama, yaitu konseptual dan implementasi.

Ketua Program BIGMIND Innovation Award 2022 Pratiwa Dyatmika menuturkan kompetisi ini merupakan upaya untuk meningkatkan pertumbuhan industri pertambangan berkelanjutan dengan mengundang kontribusi riset dan inovasi anak bangsa melalui perkembangan teknologi digital demi memperkuat tata kelola operasional industri.

BACA JUGA: MIND ID Salurkan 1.550 Paket Sembako Kepada Korban Gempa di Cianjur

"Ini sebagai bukti pelaksanaan komitmen perusahaan terhadap mandat pemerintah untuk mengedepankan inovasi pada sektor minerba, serta sejalan dengan budaya AKHLAK BUMN, terutama pada pilar Kompeten," ujar Pratiwa dalam keterangannya, Kamis (1/12).

Kompetisi BIGMIND Innovation Award 2022 ini sendiri telah melalui serangkaian roadshow di empat kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Medan, Palembang, dan Makassar. 

BACA JUGA: Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID Raih Penghargaan Top Leadership

BIGMIND Innovation Award 2022 sendiri telah menerima total 225 karya inovasi anak bangsa yang berasal dari berbagai elemen, mulai dari praktisi, akademisi, hingga sejumlah komunitas di seluruh Indonesia.

Karya inovasi tersebut lalu dikerucutkan menjadi 42 tim semifinalis yang diseleksi lagi menjadi 20 tim finalis, di mana 11 finalis kategori konseptual dan 9 finalis untuk kategori implementasi.

Setelah itu, seluruh finalis dibekali mentoring dengan beberapa pakar dari internal MIND ID yang berkaitan dengan karya inovasi masing-masing finalis yang berlangsung selama sebulan dari tanggal 24 Oktober.

Di panggung final BIGMIND Innovation Award 2022, ke-20 finalis kemudian mempresentasikan karya inovasi mereka di hadapan 18 juri dari MIND ID, Kementerian BUMN, Badan Riset dan Inovasi Nasional, Kementerian ESDM, juga sivitas akademika dari sejumlah universitas terkemuka di Indonesia.

Para juara diumumkan pada Acara Penganugerahan Pemenang di Pelangi Park bersamaan dengan Acara Perayaan HUT MIND ID ke-5 pada Minggu (27/11).

Penganugerahan gelar juara disampaikan oleh sejumlah tokoh MIND ID, yakni Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID Dany Amrul Ichdan, Direktur Operasi dan Portofolio MIND ID Danny Praditya, serta Dilo Seno Widagdo selaku Direktur Pengembangan Usaha MIND ID.

"Karya inovasi yang di sampaikan sangat beragam dan original, paparan dampak terhadap inovasi yang disampaikan menjadi kategori penilaian dari para dewan juri," kata ujar Dilo.

Pada saat yang sama, tim finalis juga melakukan mini exhibition di area booth inovasi Demo Day dengan memamerkan dan menjelaskan tentang karya inovasinya masing-masing kepada tiap pengunjung booth.

Tak hanya juara utama dari setiap kategori, MIND ID juga menganugerahkan penghargaan Karya Inovasi Terfavorit yang dimenangkan oleh Tim SS Be Back dari PT ANTAM Tbk yang diumumkan oleh Ratih Dewihandajani Amri selaku SVP IMMRI MIND ID.

"Ini bukan akhir dari karya inovasi, tetapi justru ini awal dari perjalanan dan penerapan karya inovasi di industri sebenarnya. Saya tunggu keterlibatan para innovator untuk memajukan industri pertambangan di Indonesia, karena saya percaya inovasi itu sesuatu yang berkelanjutan. BIGMIND, Sustainnovation," pungkas Dilo. (mcr8/jpnn)

Daftar lengkap karya inovasi dan pemenang BIGMIND Innovation Award 2022:

Kategori Konseptual:

Juara 1: Optimized Anode Production Through Digital Transforming Powered By Machine Learning Integrated Data Analytic oleh tim Mobil Bertulang dari PT Inalum (Persero).

Juara 2: INALUM Smart Smelter: Digital Twin Transformation Development oleh tim the Shining Blue dari PT Inalum (Persero).

Juara 3: Banka Tina: Konservasi Mineral Timah menjadi Produk SnO2 Nano Powder oleh tim Carbonese dari PT Timah Tbk & Universitas Indonesia.

Juara Harapan 1: Pemanfaatan Kalor Slag sebagai Sumber Energi Panas pada Rotary Dryer dan Rotary Kiln oleh tim Transient Heat Exchanger dari PT ANTAM Tbk & Perorangan.

Juara Harapan 2: Peuyeumisasi Sampah (PS) sebagai Alternatif Reduktor Pada Peleburan Bijih Nikel Laterit oleh tim Peduli Masyarakat II dari Institut Teknologi Bandung.

Juara Harapan 3: Kajian Keekonomian Pabrik Caustic Soda dari Garam (NaCl) dengan Proses Elektrolisis Sel Membran oleh tim Soda Gembira dari MIND ID.

Kategori Implementasi:

Juara 1: Inovasi Green Technology Pemanfaatan Red Mud (Produk Samping Pemurnian Alumina) Sebagai Sumber Besi (Fe) Dengan Metode Bioflokulasi Selektif oleh tim Ganesha Biometals dari Institut Teknologi Bandung.

Juara 2: Pengembangan Alat Electrolysis Management System (EMS) Multi Anoda-Katoda Berbasis Internet of Things Sebagai Upaya Peningkatan Unjuk Kerja Sel Electrorefining di Industri Pemurnian Logam oleh Elektrometalurgi  dari Institut Teknologi Bandung & Institut Teknologi Sains Bandung.

Juara 3: Optimize Casting Capacity and Entering Blue Ocean Competition with Product Developme oleh tim Beyond Spiegel dari PT Inalum (Persero).

Juara Harapan 1: Predictive Maintenance Berbasis Machine Learning Pada Pompa PD-200 oleh Grasberg New Mining dari PT Freeport Indonesia.

Juara Harapan 2: Pemanfaatan Limbah Cangkang Kelapa Sawit sebagai Fuel dan Reductant pada Proses Peleburan Timah oleh tim Green Smelting dari PT Timah Tbk Biocoal.

Juara Harapan 3: Inovasi Tungku Pengecoran Logam Berbahan Bakar Briket Batubara Menggunakan Metode Heat Loss Management Untuk Menghasilkan Produk Cor Paduan Aluminium Kekuatan Tinggi dari Aluminium Skrap oleh tim IIPS Universitas Sriwijaya.


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler