Minum Susu Bikin Kambuh Asam Urat?

Selasa, 05 Maret 2019 – 05:15 WIB
Ilustrasi Asam Urat. Foto Freepik.com/katemangostar

jpnn.com - Jeroan atau isi perut hewan merupakan musuh utama orang-orang yang mengalami penyakit asam urat. Hal ini karena jenis makanan tersebut mendangung kadar purin yang tinggi, sehingga bisa bikin kadar asam urat melonjak dahsyat.

Tak hanya jeroan dan makanan yang mengandung purin (atau purina) tinggi lainnya, penderita asam urat rupanya juga harus waspada terhadap susu. Pasalnya, susu disebut dapat menyebabkan penyakit asam urat kambuh.

BACA JUGA: 5 Cara Agar si Kecil tak Bosan Minum Susu

Mengenal asam urat

Dalam medis, asam urat disebut dengan gout. Menurut dr. Andika Widyatama dari KlikDokter, penyakit asam urat adalah suatu keadaan yang terjadi ketika terdapat penumpukan kristal monosodium urat pada sendi dan jaringan.

BACA JUGA: Mommy, Ketahui Penyebab si Kecil Bosan Minum Susu

"Sebelum kristal asam urat terbentuk, biasanya terjadi peningkatan kadar asam urat yang tinggi di dalam darah. Medis menyebutnya sebagai hiperuricemia," ujar dr. Andika.

Menurut penelitian, kondisi hiperuricemia hampir mustahil dideteksi tanpa melakukan pemeriksaan kadar asam urat secara rutin. Tak heran, hanya sepertiga dari penderita asam urat yang menyadari bahwa dirinya mengalami penyakit tersebut.

BACA JUGA: 5 Asupan Ini Bisa Bikin Anda Tidur Nyenyak

Susu bikin asam urat kambuh?

Tubuh manusia menciptakan asam urat dari pemecahan purin. Mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan purin umumnya akan menyebabkan kadar asam urat meningkat. Nah, susu sapi dan susu kedelai berasal dari sumber organik dan keduanya sama-sama mengandung purin. Susu sapi memiliki kandungan purin yang rendah, sementara susu kedelai mengandung purin dalam jumlah sedang.

Lantas, apakah itu berarti susu kedelai bikin asam urat melonjak? Dalam sebuah studi pada 1991 di The American Journal of Clinical Nutrition, peneliti menemukan bahwa kadar asam urat dalam darah menurun 3 jam setelah konsumsi susu protein hewani, tetapi meningkat setelah konsumsi protein kedelai.

Dari penelitan tersebut dikatakan bahwa susu kedelai terbukti mampu meningkatkan risiko kekambuhan penyakit asam urat, terutama pada orang yang sudah mengalami penyakit tersebut.

Untuk susu, Anda masih diperbolehkan mengonsumsinya selama dalam batas wajar. Jika ingin lebih aman, konsultasikan lebih lanjut pada dokter mengenai jenis dan porsi susu yang tepat.(NB/ RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mana Lebih Tepat untuk Anak, Susu Sapi atau Susu Kedelai?


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler