'Miryam Haryani Ditekan dan Diancam Oleh Temannya'

Rabu, 05 April 2017 – 21:53 WIB
Ilustrasi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengacara kondang Elza Syarief mengungkap bahwa mantan anggota Komisi II DPR, Miryam S Haryani mendapatkan tekanan dan ancaman dari sejumlah pihak.

Elza mengatakan hal tersebut usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP.

BACA JUGA: Besok Ada 9 Saksi, Termasuk Anas dan Setya Novanto

"Seperti yang pernah saya katakan. Dia ditekan oleh teman-temannya yang ada dalam dakwaan," kata Elza di depan gedung KPK, Jakarta, Rabu (5/4).

Meski demikian, lagi-lagi Elza enggan mengungkap identitas pihak yang mengancam Miryam. Menurut dia, pihak tersebut merupakan sosok yang ada dalam dakwaan Irman dan Sugiharto. "Iya. Pokoknya yang ada dalam dakwaan," ujar Elza

BACA JUGA: KPK Menjerat Miryam Jadi Tersangka Saksi Palsu

Terkait pencabutan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) terhadap Miryam S. Haryani, Elza Syarief mengaku tidak mengetahuinya. Namun, Elza membenarkan perihal pertemuannya dengan Miryam sebelum proses persidangan e-KTP berlangsung. "Ya konsultasi saja. Saya kan lawyer," ujar Elza.

Elza mengaku saat Miryam berkonsultasi kepadanya, Elza menyarankan agar Miryam menjadi justice collaborator (JC). Bukan untuk mencabut keseluruhan BAP. "Untuk apa saya usulin cabut BAP, justru saya ingin dia JC," katanya.

BACA JUGA: Elza Syarief Akui Bertemu Miryam demi Bahas Kasus e-KTP

Perihal saat pertemuan tersebut tiba-tiba dihadiri oleh pengacara muda Anton Taufiq, Elza membenarkan hal tersebut. Namun, saat ditanya apakah Anton Taufiq adalah orang suruhan Setya Novanto, pengacara yang pernah menangani Muhammad Nazaruddin ini tak mau menjawab. "Enggak tahu saya," kata Elza.

Elza mengatakan, Anton Taufiq tiba-tiba hadir tanpa diundang oleh dirinya ke kantornya tersebut. "Ya mungkin ada kaitannya sama Bu Yani," ujarnya.

Dalam sidang perkara e-KTP minggu lalu, penyidik senior KPK Novel Baswedan mengungkap ada enam anggota DPR yang mengancam Miryam S. Haryani. Ungkapan Novel berdasarkan cerita Miryam saat proses penyidikan awal terhadap politisi Partai Hanura tersebut. (put/jpg/jpnn)


BACA ARTIKEL LAINNYA... Nazaruddin Tersudut Saat Dikonfrontasi dengan Mekeng Cs


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler