Misi Dagang Sukses, Zulhas Jadi Soroton Media Arab Saudi

Rabu, 25 Januari 2023 – 19:24 WIB
Mendag Zulkifli Hasan dan Mendag Arab Saudi Dr Majid bin Abdullah Al-Qasabi. Foto: Source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Misi dagang yang dilakukan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) ke Arab Saudi terbilang sukses dengan menghasilkan kesepakatan dagang senilai Rp 2,3 triliun.

Kesepakatan itu juga mendapat apresiasi dari media Arab Saudi. 

BACA JUGA: Zulhas Minta Batas Impor Beras Sampai Januari, Bulog Merespons Begini

Melansir situs AlJazirahonline.com edisi Senin (23/1) misalnya disebutkan pertemuan Zulhas dengan CEO Otoritas Makanan dan Obat-obatan Saudi (SFDA) Dr Hisham bin Saad Aljadhai di kantornya.

"Mereka membahas cara-cara untuk meningkatkan hubungan dagang dengan mencari peluang baru kerja sama di bidang pangan, selain membahas mekanisme yang tepat untuk mempercepat saling pengakuan sertifikat halal antara kedua belah pihak,” tulis Aljazirahonline.com yang dikutip JPNN.com, Rabu (25/1).

BACA JUGA: Di Pertemuan Elite Parpol Parlemen, Zulhas Lontarkan Guyon Soal Golkar

Almadina.com juga memberitakan pertemuan itu. Dituliskan, pertemuan tersebut membahas solusi untuk meningkatkan hubungan dagang dan mencari peluang kerja sama di bidang pangan.

"Dalam pertemuan tersebut, mereka membahas cara-cara untuk meningkatkan hubungan dagang dengan mencari peluang baru kerja sama di bidang pangan, selain membahas mekanisme yang tepat untuk mempercepat saling pengakuan sertifikat halal antara kedua belah pihak," tulis Almadina.com.

BACA JUGA: Peluang Mardiono Diusung KIB Paling Kecil Dibandingkan Airlangga dan Zulhas

Di sisi lain, Saudi Press Agency (SPA) memberitakan pertemuan Zulhas dengan Federasi Kamar Saudi dalam Forum Bisnis Saudi-Indonesia, termasuk penandatanganan 8 perjanjian perdagangan antara perusahaan Saudi dan Indonesia di bidang industri makanan, barang konsumsi, ekspor dan impor.

"Sejumlah perusahaan Indonesia mengumumkan keinginan mereka untuk memasuki pasar Saudi dan memanfaatkan peluang investasi yang menjanjikan dalam Visi Kerajaan 2030," tulis Saudi Press Agency (SPA) pada hari Senin (23/1).

Tak hanya itu, alriyadh.com juga ikut membahas pertemuan Zulhas dengan Sekretaris Jenderal Dewan Kerja Sama Teluk Dr. Nayef Falah Mubarak Al-Hajraf.

Zulhas menyatakan kegembiraannya dengan perhatian pers Arab Saudi atas kunjungan misi dagangnya.

“Alhamdulillah. Apakah memang pers Arab juga memberi tempat pemberitaan ke pejabat setingkat menteri, seperti kunjungan ini?” ungkap Zulhas dalam keterangannya.

Di sisi lain, Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Jeddah Muhammad Rivai Abbas mengaku tidak pernah melihat perjanjian kerja sama dagang mendapatkan sorotan sebesar itu.

“Selama saya bertugas di Jeddah, pemberitaan media Arab tidak sebesar kali ini," kata Rivai Abbas.

Dia menyebutkan misi dagang Saudi yang dipimpin langsung Zulhas ini dianggap sukses bukan hanya karena membukukan kerja sama bernilai besar, tetapi sekaligus menjadi babak baru hubungan perdagangan Indonesia-Saudi yang lebih baik.

Berbagai sektor strategis dibicarakan dalam lawatan Zulhas, termasuk rencana kerja sama dengan Saudi Food and Drugs Authority (SFDA) yang jika segera terealisasi akan menguntungkan para petani dan peternak Indonesia untuk menjual produknya ke Saudi.(mcr8/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler