Misteri Lukisan Perempuan Berambut Panjang di Goa Kasah

Senin, 31 Desember 2018 – 00:12 WIB
Camat Kayu Aro Edi Ruslan bersama rombongan saat berada di mulut Goa Kasah beberapa waktu lalu. Foto: Istimewa for Jambi Ekspres

jpnn.com - Cerita seputar Goa Kasah yang terletak di Desa Renah Kasah, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi, terus saja melegenda. Terletak di kawasan paling ujung Kerinci bagian Barat, membuat Desa Renah Kasah sering dikatakan terisolir.

IRVA GUSNADI, Kerinci

BACA JUGA: Nenek 66 Tahun Ditemukan Mengapung di Sungai Batang Merao

AKSES jalan menuju Desa Renah Kasah hanya bisa dilalui dengan motor. Meskipun demikian, Desa ini merupakan desa yang menyimpan cerita menarik bersejarah ribuan tahun lalu, dikarenakan adanya Goa Kasah.

Goa Kasah yang menjadi salah satu situs sejarah di Kerinci ini, memang sangat menarik untuk dieksplor. Menurut cerita, Goa Kasah tersebut menjadi tempat tinggal bagi manusia purba yang hidup ribuan tahun lalu.

BACA JUGA: Tak Lolos Seleksi, Puluhan Pelamar CPNS Datangi BKD Kerinci

Terdapat beberapa lukisan dan tulisan di dinding goa, serta kursi batu dan juga kamar dengan batu yang menyerupai tempat tidur. Lokasinya pun cukup sulit dijangkau, menjadi tantangan tersendiri yang cukup seru untuk ditaklukkan.

Namun sangat disayangkan, Goa Kasah yang menyimpan misteri tersebut, karena kurang dikelola dengan baik. Sebab, jalan untuk menuju ke desa Renah Kasah harus melewati rawa sehingga warga harus menggunakan kayu dan papan untuk bisa melintasi rawa dari desa Sungai Sampun menuju Renah Kasah.

BACA JUGA: 350 Lebih Honorer K2 Semua Kelahiran 1973

Bahkan beberapa akhir-akhir ini, jalan tersebut sempat terendam banjir selam 1 Bulan, menyebabkan warga tidak bisa ke luar.

Setiap pengunjung, diwajibkan untuk terlebih dahulu meminta izin kepada penjaga atau juru kunci goa. Jika ada orang yang datang tanpa seizin juru kunci, dipercaya orang tersebut akan tertimpa musibah. Selain itu, pengunjung pun harus menjaga perilaku serta perkataan selama di dalam goa.

Secara administratif, Goa Kasah terletak pada Desa Renah Kasah, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Untuk mencapai goa, bukan persoalan yang mudah karena berbagai rintangan harus dilalui wisatawan.

Berjarak sekitar 70 kilometer dari Kota Sungai Penuh, wisatawan bisa menuju ke goa dengan perjalanan kurang lebih satu jam.

Kondisi tanah di dalam goa yang lembab dan licin, mengharuskan pengunjung untuk menggunakan sepatu boots agar tidak kesulitan dalam susur goa. Menurut sesepuh setempat, goa ditemukan sekitar tahun 1960 saat pencarian lahan baru untuk bercocok tanam. Goa ini diperkirakan memiliki panjang 150 meter, dan lebar mencapai 20 meter.

Terdapat ruang utama dengan ukuran yang cukup besar, serta lorong-lorong gelap menuju ke ruang lain yang lebih kecil. Pada ruang utama ini bisa dijumpai sebuah kursi besar terbuat dari batu yang diperkirakan dulunya digunakan sebagai tempat duduk raja.

Selain itu, ditemukan pula batu dengan permukaan datar yang semakin menguatkan dugaan bahwa goa ini pernah menjadi tempat tinggal manusia purba.

Udara dingin, serta minimnya pencahayaan di dalam goa seolah menciptakan suasana yang mencekam. Terkadang akan terdengar suara tetesan air dari atap goa yang memecah keheningan. Selain menjadi rumah bagi kelelawar, banyak pula ditemukan burung walet serta sarang-sarang walet di dalam goa.

Tak seperti goa pada umumnya, jumlah stalaktit dan stalakmit di goa ini terbilang tak terlalu banyak. Pada dinding-dinding goa terdapat beberapa tulisan serta lukisan yang menyerupai perempuan berambut panjang.

Namun sayangnya, masih belum dilakukan penelitian lebih jauh tentang goa ini. Hal ini dikarenakan, membutuhkan biaya yang cukup besar.

Syafriadi, warga Renah Kasah mengatakan bahwa Goa Kasah merupakan potenai wisata bersejarah yang dimiliki Kabupaten Kerinci. Jika akses menuju Goa Kasah, jalannya dibuat sebagus mungkin. Tentunya, ini akan menjadi wisata yang ramai yang akan dikunjungi bukan hanya wisata dalam negri, akan tetapi juga manca negara.

"Coba kita lihat goa di Bengkulu, di perbarui Pemerintah sebagus mungkin, sehingga ramai dikunjungi orang. Kita berharap, Goa Kasah akan dibuat seperti itu," harapnya.

Camat Kayu Aro, Edi Ruslan, saat dikonfirmasi mengatakan, sebenarnya sudah lama diketahui goa kasah tersebut. Namun, karena akses untuk menuju ke lokasi tersebut melalui medan yang cukup berat.

"Akses yang tidak baik itu jalannya, karena jalan dari desa Sungai Sampun menuju ke Renah Kasah harus melalui rawa, sebab wilayah itu kebanyakan rawa," jelasnya.

Menurutnya potensi desa Renah Kasah yang memiliki goa kasah tersebut, menjadi objek wisata yang perlu dikembangkan sehingga bisa menarik wisatawan seperti Rawa Bento. "Kita sudah turun bersama tim ahli dari Pemdes, melihat cukup baik potensi wisatanya, kita sudah sampaikan bisa menggunakan Bumdes untuk mengelolanya," tambahnya.

Untuk tahun ini, lanjutnya pihaknya sudah menyampaikan agar Dana Desa (DD) untuk tahun 2018 ini bisa difokuskan pada pembangunan infrastruktur jalan dari Desa Renah Kasah-Sungai Sampun. Namun seperti belum terwujud, dikarenakan akses satu-satunya yakni dengan membuat jembatan.

Tentunya jika dilakukan dengan Dana Desa, akan menyerap DD yang lumanyan besar. Sehingg, masyarakat setempat berharap adanya bantuan Pemkan Kerinci.

"Kalau akses dari Desa Renah Kasah menuju ke Goa Kasah itu jalan sudah cukup baik, hanya dilewati perjalanan 30 menit dengan jalan kaki. Kita terus mengembangkan potensi wisata yang bisa dikelola oleh desa nantinya," tandasnya. (*)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polisi Berhasil Ungkap Serentetan Kasus Narkoba di Kerinci


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Goa Kasah   Kerinci  

Terpopuler