Mobil Listrik jadi Kendaraan Dinas Menteri

Selasa, 24 Juli 2012 – 10:05 WIB
JAKARTA - Impian Indonesia untuk memiliki mobil nasional (mobnas) listrik tak lama lagi bakal menjadi kenyataan. Ini setelah berbagai kementerian teknis siap bahu-membahu menyukseskan proyek mobnas listrik.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan, tidak hanya mendukung, namun mobnas listrik juga akan menjadi kendaraan dinas para pejabat, termasuk anggota kabinet. "Begitu dinyatakan laik dan layak (jalan), semua menteri akan menggunakan (mobnas listrik)," ujarnya usai rapat koordinasi membahas mobnas listrik di kantornya, Senin (23/7).

Sebagaimana diketahui, selain mobil listrik Ahmadi yang berjenis city car, saat ini salah seorang kreatir mobil listrik di Yogyakarta yang oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan dijuluki Putra Petir, juga sedang ada pengembangan mobil listrik sekelas Ferrari. Selain itu, masih ada pengembangan beberapa jenis mobil listrik lainnya.

Menurut Hatta, pemerintah memang tidak main-main dalam pengembagan mobnas listrik. Karena itu, semua kementerian terkait sudah diinstruksikan untuk bersama-sama memberikan iklim kondusif bagi mobil ramah lingkungan tersebut. "Wujud konkritnya, pemerintah akan segera membentuk pusat pengembangan teknologi dan industri otomotif nasional," katanya.

Hatta menyebut, masing-masing kementerian memiliki tanggung jawab sendiri. Misalnya, Kementerian Keuangan menyusun paket insentif pajak seperti pembebasan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), pengurangan bea masuk barang modal atau komponen mobnas listrik yang saat ini masih harus diimpor karena belum bisa diproduksi di Indonesia. "Tentu, kita juga akan mengembangkan industri komponen di dalam negeri, misalnya untuk baterai," sebutnya.

Sementara itu, Kementerian Perindustrian akan menyiapkan regulasi untuk proses produksi mobnas listrik, Kementerian ESDM menyiapkan infrastruktur seperti stasiun pengisian listrik (charge), adapun Kementerian Pendidikan Nasional serta Kementerian Riset dan Teknologi akan membantu proses riset dan sinergi dengan berbagai perguruan tinggi (PT). "Sedangkan BUMN, nanti bisa menjadi investor, swasta juga bisa," ujarnya.

Hatta menyebut, pemerintah telah menggandeng enam perguruan tinggi dan 2 lembaga yakni Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Adapun enam PT yang digandeng adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS), Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), dan Politeknik Manufaktur Bandung. "Laporan dari Mendikbud, kemajuannya sangat pesat," katanya.

Menurut Hatta, pemerintah menargetkan, paling lambat pada 2014, mobnas listrik yang saat ini masih dalam bentuk prototipe atau purwarupa, sudah bisa diproduksi secara massal. "Targetnya sampai 10 ribu unit per tahun," ujarnya. Kemarin, Hatta yang ditemani Menteri BUMN Dahlan Iskan, juga sempat mencoba mengendarai mobil listrik Ahmadi.

Dahlan menambahkan, sesuai instruksi Presiden SBY, segala hal yang terkait dengan regulasi untuk proses produksi maupun insentif perpajakan, harus sudah tuntas dalam waktu tiga bulan. "Itu untuk mobil listrik dan mobil hibrida," katanya.

Salah satu regulasi yang ditunggu-tunggu adalah insentif perpajakan. Sebab, hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap harga jual mobil listrik. Tanpa insentif, maka harga mobil listrik Ahmadi diperkirakan mencapai Rp 300 juta. Tentu itu jauh di atas harga mobil sekelas city car berbahan bakar BBM yang hanya dijual di kisaran Rp 120 - 150 juta per unit.

Karena itu, menurut Dahlan, agar bisa diterima oleh pasar atau masyarakat, maka mobnas listrik harus dijual dengan harga yang tidak terlalu jauh beda dengan mobil berbahan bakar BBM. Untuk mobil listrik Ahmadi, dia menargetkan bisa dijual di bawah Rp 200 juta. "Harga ini akan bergantung pada seberapa banyak insentif yang diberikan," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Menteri ESDM Rudi Rubiandini mengatakan, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Pertamina dan PLN untuk mendesain pengembangan stasiun pengisian listrik. Selain di SPBU milik Pertamina, alat charger juga akan dibangun di tempat-tempat umum seperti mal/pusat perbelanjaan. "Kami sedang membuat kajian, apakah charger itu nanti digratiskan," katanya.

Di sisi lain, gairah pengembangan mobil listrik di Indonesia rupanya membuat salah satu raksasa otomotif dunia asal Jepang, Mitsubishi, juga berminat untuk menjual mobil listrik i-Miev di Indonesia. "Tahun depan, mereka akan ekspansi," ujar Deputi Menko Perekonomian bidang Perdagangan dan Industri Eddy Putra Irawady.

Saat ini, i-Miev merupakan salah satu mobil listrik terlaris di dunia. Kendaraan jenis city car (sama dengan Ahmadi) yang pertama kali diluncurkan di Jepang pada 2009 tersebut kini sudah laku terjual lebih dari 17.000 unit di seluruh dunia. (owi)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Eropa Ancam Jatuhkan Sanksi kepada Microsoft

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler