Mobil Tanki Pertalite Terguling dan Terbakar di Samarinda

Minggu, 17 Juni 2018 – 14:58 WIB
Mobil Tangki BBM pengangkut 16 kiloliter Pertalite terbakar 15 meter dari badan jalan setelah insiden di Km 78 Jalan Poros Samarinda-Bontang, kemarin. Foto: polres kukar untuk kaltim post

jpnn.com, SAMARINDA - Kesejukan Idulfitri terusik insiden membara di jalan raya, Jumat (15/6) siang. Api berkobar di bawah gerimis hujan di Jalan Poros Samarinda–Bontang Km 78.

Api berasal dari truk tanki 10 roda yang memuat 16 kiloliter bahan bakar Pertalite. Mobil Tangki BBM dengan Nomor Polisi L 8121 UF itu mengalami kecelakaan sekitar pukul 12.36 Wita.

BACA JUGA: Braaak! Avanza Langsung Remuk

Mobil Tangki BBM bermuatan Pertalite tersebut rencananya menuju SPBU 64.75310 dan 6475309 di Sangatta. Jaraknya sekitar 170 Km dari Terminal BBM (TBBM) di Samarinda.

Kendaraan tersebut keluar dari TBBM Samarinda pukul 10.16 Wita. Saat melintas di jalan Poros Samarinda–Bontang, Awak Mobil Tangki (AMT) kehilangaan kendali.

BACA JUGA: Lihat, Calya dan Innova Tabrakan di Medan, 5 Orang Terluka

Kendaraan ketika itu melewati jalur turunan menikung. Mobil tangki pun meluncur keluar dari badan jalan.

Ketika mobil tangki keluar bahu jalan, kedua AMT berinisiatif melompat keluar. Kendaraan raksasa itupun melaju di luar kendali hingga terguling.

BACA JUGA: Kecelakaan Terjadi di Km 29 Tol Porong

Bahan bakar yang diangkut memicu kobaran api dari insiden tersebut. Lokasi kejadian sekitar 60 Km dari TBBM Samarinda.

Tidak ada korban jiwa dari insiden tersebut. Dua orang AMT menderita luka ringan dan trauma. Charles Efendi Purba, si pengemudi, dilarikan ke Puskesmas Prangat setelah dievakuasi, tidak jauh dari lokasi kejadian.

Dia didapati menderita luka di bagian tangan dan kepala. Bripda Riezky Dwi Anggoro adalah personel Brimob Den B Pelopor Samarinda yang bertugas jaga di kawasan Desa Prangat ketika kejadian tersebut.

Setelah salat Jumat, dia mendapat laporan dari warga setempat soal kejadian itu.

“Setelah mendapat laporan saya segera berangkat ke lokasi. Kejadiannya sekitar waktu salat Jumat,” terang Riezky.

Posisi truk terbakar berada sekitar 15 meter di luar badan jalan. Namun, keberadaannya tetap memicu kepadatan di jalan poros tersebut. Kobaran api menjadi tontontan warga. Situasi makin padat karena tak sedikit kendaraan melintas di jalur tersebut.

Dikatakan Region Manager Communication and CSR Pertamina Kalimantan, Yudi Nugraha, tim dari TBBM Samarinda langsung diturunkan setelah kejadian diketahui. Tim bertugas memastikan mobil tangki di lokasi kejadian tidak membahayakan dan mengganggu kelancaran lalu lintas.

Sedangkan berkaitan supply ke dua SPBU yang dituju, Pertamina langsung menyiapkan mobil tangki backup. Dilakukan pula pengiriman dengan produk dan kapasitas yang sama.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu penanganan kejadian dan memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Sebagai perusahaan yang berkomitmen penuh terhadap perwujudan aspek HSSE, kejadian ini akan menjadi perhatian utama kami sehingga hal serupa tidak terulang kembali di masa mendatang,” imbuhnya.

Satu jam sebelumnya, masyarakat yang melintas di Jalan Soekarno Hatta, Km 44 Tahura Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kukar, juga dikagetkan dengan insiden terbakarnya sebuah mobil.

Kobaran api menghanguskan roda empat yang dikendarai Giofray (19), warga Tenggarong, Kukar. Giofray di mobil bersama lima penumpang lain yakni Jerry (36), Cyntia (16), Anggi (19), Regina (18), dan Matthew (9). Mereka hendak menuju bandara untuk mengikuti Jambore di Manado, Sulawesi Utara.

“Saat perjalanan mobil sudah kondisi ngadat-ngadat setelah mengisi BBM di SPBU daerah Batuah. Namun, mobil tetap dipaksa jalan. Selanjutnya ketika di daerah Km 65 arah Balikpapan, tepatnya di jalan tanjakan tiba-tiba mobil mogok,” urai Kasat Lantas Polres Kukar AKP Ramadhaniel.

Dia melanjutkan, ketika mogok, sopir mencoba menyalakan mobil kembali. Namun, saat di-starter kembali, tiba-tiba timbul api dari kap depan mobil sebelah kiri. Pengendara lain yang lewat pun berusaha menolong.

Tetapi, api cepat membesar. Selanjutnya sopir bersama penumpang langsung menyelamatkan diri bersama barang bawaan. Mobil terbakar habis.

Peristiwa terjadi pada pukul 11.00 Wita. Api dipadamkan dalam tempo waktu singkat. Meski sempat memicu kemacetan panjang, arus lalu lintas bisa kembali normal setelahnya. (*/nyc/ajc/bby)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengendara Motor Ngantuk, Terjungkal ke Trotoar


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler