Mobil Terperosok di Jalan Ambrol tapi Pelat Nomornya Aneh

Senin, 30 Oktober 2017 – 17:05 WIB
Foto: Hoaks

jpnn.com, JAKARTA - Penyebar hoaks memajang foto mobil yang terperosok karena ambrolnya jalan yang sedang dilewati. Foto itu diberi judul Tol Salatiga Ambrol.

Sekilas, foto yang disebarkan tersebut memang layak dipercaya. Sebab, pemandangan pedesaan di foto itu mirip seperti lanskap di sekitar jalan tol Bawen–Salatiga.

BACA JUGA: Gempa Ekuador Ngakunya di Salatiga

Namun, jika diamati, pelat nomor mobil yang terjerembap tersebut bukanlah pelat nomor Indonesia.

Dari hasil pencarian di Google images, ternyata foto itu berasal dari berita gempa bumi yang melanda Ekuador pada April 2016.

BACA JUGA: Heboh Penemuan Senjata Api Milik PKI

Ketika itu, gempa berkekuatan 7,8 skala Richter meluluhlantakkan sebagian wilayah Ekuador. Ratusan orang terluka, kehilangan tempat tinggal, bahkan meninggal. Sejumlah fasilitas umum seperti ruas jalan tol juga rusak.

PT Trans Marga Jateng (TMJ) yang mengelola tol Salatiga langsung merespons kabar hoax tersebut.

BACA JUGA: Kejadiannya di Kamboja, Ributnya di Indonesia

Humas PT TMJ Shintya Putranti menyatakan, inspeksi tim lapangan tidak mendapati longsor di ruas tol Bawen–Salatiga.

’’Kami sudah telusuri dari GT (gerbang tol) Banyumanik sampai GT Bawen–Salatiga. Tidak ada kejadian seperti dalam foto yang beredar,’’ ujarnya.

Dia memastikan jalan tol Salatiga aman untuk dilewati. ’’Dari foto, itu jelas bukan jalan tol Salatiga. Sebab, pengerasan yang kami lakukan tidak dengan aspal, tapi beton,’’ imbuhnya.

Jadi, Anda yang biasa menggunakan ruas tol Bawen–Salatiga tidak perlu cemas. Anggap saja penyebar pesan hoaks tersebut kurang piknik. (gun/c18/eko)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ribuan Orang Tertipu Bayi Kecil


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler