Modus Baru Penipuan Dikendalikan Bang Napi, Sudah Raup Rp 1,1 Miliar

Kamis, 11 Juli 2019 – 00:54 WIB
Modus baru penipuan dikendalikan napi. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipid Siber) Mabes Polri berhasil membongkar praktik penipuan modus lelang kendaraan yang telah menipu senilai Rp 1 miliar.

Enam orang pelaku ditangkap, uniknya salah seorang pelaku merupakan narapidana Lapas Siborong-borong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

BACA JUGA: Matius Jon Tunggu Perkembangan, Jika Sudah Keterlaluan Baru Lapor Polisi

Kasubdit I Dittipid Siber Bareskrim Kombespol Dani Kustoni menjelaskan, awalnya ada informasi penipuan modus lelang mengaku dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Melalui pesan Whatsapp (WA), penipu ini menawarkan lelang kendaraan bermotor. ”Harganya murah,” jelasnya.

Foto profil WA itu menggunakan foto salah seorang pejabat KPKNL. Tujuannya untuk meyakinkan agar orang mau untuk mengikuti lelang tersebut. ”Saat sudah membayar uang sebagai keikutsertaan, ternyata lelangnya tidak ada,” tuturnya.

BACA JUGA: PSI: Syarat Baca Alquran Berpotensi Merampas Hak Napi

Penyidik lantas mendeteksi pelaku. Ditangkaplah MF di Medan dan MA di Sumatera Barat. Dari keduanya dikembangkan untuk menangkap AF, KRY dan AT.

Dari semua tersangka itu didapatkan fakta bahwa mereka bergerak atas kendali seorang narapidana berinisial HAS. ”Napi ini yang menjadi kunci utama,” terangnya.

BACA JUGA: Waspadalah, Ini Modus Baru Penipuan, HP Begitu Mudah Pindah Tangan

BACA JUGA: Pengakuan Anggota Linmas yang Langsung Nafsu Lihat Istri Tetangga Pakai Daster

HAS yang melakukan berbagai trik agar konsumennya percaya. Napi ini yang merayu melalui WA. Sehingga puluhan korban tertipu aksinya. ”Para tersangka lainnya membantu dengan membuatkan rekening penampung,” tuturnya.

Hasil uangnya kemudian dibagi oleh para pelaku. Dia mengatakan, jumlah uang yang mereka dapatkan dari penipuan ini sekitar Rp 1,1 miliar. Namun, prediksi nilai kerugian itu hanya berasal dari 13 buku tabungan.

”Masalahnya ada buku tabungan atas nama MF yang telah dibuang oleh tersangka, tujuannya menghilangkan barang bukti,” terangnya.

Selain buku tabungan, juga disita 15 unit handphone dan uang Rp 5 juta. Dia mengatakan, masyarakat diharapkan jangan percaya dengan tawaran semacam itu, apalagi hanya melalui WA.

KPKNL merupakan instansi pemerintah yang secara resmi akan mengumumkan lelangnya. ”Baik melalui media massa atau situs resminya,” paparnya.

Karena pidana yang dilakukan tersangka, mereka diancam hukuman paling lama 20 tahun atau denda Rp 10 miliar karena melanggar pasal 45 a ayat 1 jo pasal 28 ayat 1 undang undang nomor 3/2008 tentang informasi dan transaksi elektronik. (idr)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ada Akhi Pakai Bukti Laporan di KPK untuk Tipu Kepala Dinas, Nih Tampangnya


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler