Momen Tarung Rival Lawas

Selasa, 28 September 2010 – 11:33 WIB
SENANG - Seedorf bilang, dia merasa senang bisa kembali ke Ajax, jelang tim asal Amsterdam itu menjamu AC Milan, di laga Grup G Liga Champions musim ini. Foto: Getty Images.
AMSTERDAM - Reputasi sebagai jagoan Eropa pernah disandang Ajax AmsterdamEmpat kali mereka menjadi yang terbaik di kompetisi antarklub paling elite di Eropa

BACA JUGA: Pacman Langsung Fokus Strategi Tarung

Namun, dalam lima musim terakhir mereka absen dari babak utama Liga Champions.

Musim ini mereka kembali
Ajax memulainya dengan kekalahan 0-2 dari Real Madrid di laga perdana grup G

BACA JUGA: Hindari Skandal, Fergie Larang Pesta Natal

Bukan awal yang bagus
Apalagi, mereka tergabung dalam grup maut yang dihuni para jawara Eropa, kecuali AJ Auxerre.

Seiring kekalahan dari Real, memaksa Ajax harus bekerja keras agar bisa eksis

BACA JUGA: Kobe Siap di Laga Pembuka

Pada laga kedua, yang mereka hadapi adalah rival lama asal Italia AC MilanMereka bakal bertarung di Amsterdam Arena, dini hari nanti (siaran langsung RCTI pukul 01.30 WIB).

Ajax dan Milan punya catatan rivalitas yang panjang di EropaKedua tim pernah dua kali bersua di partai puncakHasilnya, Milan menang sekali pada edisi 1969 dengan skor 4-1 dan Ajax menang sekali pada edisi 1995 dengan skor tipis 1-0.

Sudah 10 kali mereka bertarung di Liga Champions dan Milan sedikit lebih unggul dengan lima kemenangan, Ajax empat kali, serta sekali imbang"Selalu sulit meladeni klub hebat seperti Milan," bilang Martin Jol, pelatih Ajax, di situs resmi UEFA.

Berbeda dengan Ajax, Milan mengawali petualangannya di ajang Liga Champions musim ini dengan kemenangan atas Auxerre 2-0Mantan striker Ajax Amsterdam Zlatan Ibrahimovic menjadi pahlawan di laga itu dengan dua golnya.

Ibra (sapaan Ibrahimovic) masih akan menjadi tumpuan utama Milan ketika menantang AjaxStriker asal Swedia itu sudah mencetak empat gol sejak bergabung ke MilanDia akan ditopang oleh Ronaldinho dan Robinho di lini depan.

Sekarang Ibra memang menjadi tumpuan utama MilanTugas seluruh tim adalah menopangnya, seperti yang dilakukan Milan tatkala masih dibela Kaka"Kehadirannya benar-benar menjadi jawaban bagi kami," ujar Allegri, seperti dilansir Goal.

Melawan Ajax, Rossoneri (julukan Milan) masih belum diperkuat dua andalannya Alexandre Pato dan Massimo AmbrosiniMereka masih cederaSelain mereka, hampir semua pemain Milan berada dalam kondisi siap untuk bermain.

Sedangkan di kubu Ajax, mereka sudah kembali diperkuat striker asal Uruguay Luis Suarez yang absen di laga melawan Real akibat sanksiSuarez diyakini bakal menyuntikan tenaga besar bagi De Amsterdamers (julukan Ajax).

"Mereka berjuang keras melawan RealSayang, mereka memberikan banyak ruangLagipula, mereka sudah bisa memakai Luis SuarezMereka akan belajar dari kesalahan sebelumnya," kata Clarence Seedorf, gelandang Milan, seperti dikutip Voetbal International.

Seedorf juga menjelaskan, Milan memang masih labilKendati begitu, Allegri sudah mulai menunjukkan jadi dirinya sebagai pelatih yang tepat buat MilanPerlahan-lahan mantan pelatih Cagliari itu menghapus keraguan akan kualitasnya.

"Allegri adalah sosok pemimpinDia menunjukkan karakter dan ide yang jelasDia bisa datang kemari (Milan, Red), karena semuanyaMulai dari petinggi klub hingga pemain, semuanya percaya diri sosok yang tepat," papar Seedorf.

Di pentas Serie A Liga Italia, Allegri mampu mempersembahkan dua kemenangan, dua kali seri, serta sekali kalahMilan memang belum benar-benar oke, tapi terus menunjukkan peningkatanMelawan Ajax adalah ujian berikutnya bagi Allegri(ham/ito/jpnn)

Klasemen Grup G Liga Champions 2010/2011
1AC Milan           1 1 0  0 2-0 3
2Real Madrid     1 1 0  0 2-0 3
3Ajax                    1 0 0 1 0-2  0
4Auxerre             1 0 0 1 0-2  0

Perkiraan Pemain

Ajax Amsterdam (3-5-2): 1-Stekelenburg (g); 2-Van Der Wiel, 3-Alderweireld, 4-Vertonghen; 6-Enoh, 18-Lindgren, 10-SDe Jong, 11-Emanuelson, 5-Anita; 9-El Hamdaoui, 16-Suarez
Pelatih: Martin Jol

AC Milan (4-3-3): 32-Abbiati (g); 20-Abate, 13-Nesta, 33-Silva, 77-Antonini; 8-Gattuso, 21-Pirlo, 27-Boateng; 70-Robinho, 11-Ibrahimovic, 80-Ronaldinho
Pelatih: Massimiliano Allegri

Stadion: Amsterdam Arena
Wasit: Felix Brych (Jerman)

Head to Head
26/11/03  Ajax      v    Milan     0-1
16/09/03  Milan   v    Ajax       1-0
23/04/03  Milan   v    Ajax       3-2
08/04/03  Ajax     v    Milan     0-0
24/05/95  Ajax     v    Milan     1-0

Di atas kertas
Sudah lama Ajax Amsterdam tak bersua AC MilanKali terakhir dua tim itu bentrok adalah pada 2003Sepanjang tahun itu, mereka bersua empat kali dan tiga kali Ajax dipecundangiHanya sekali mereka bermain seri.

Bursa Asian Handicap
Ajax Amsterdam v AC Milan     0 : 0

BACA ARTIKEL LAINNYA... Liverpool Dituding Nodai Fair Play


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler