Momen Tepat Bangkit

Kamis, 12 April 2012 – 07:56 WIB

SURABAYA - Persebaya Surabaya mencari momentum bangkit dari keterpurukan. Usai menelan kekalahan tiga kali berturut-turut, dalam laga kandang lawan Persitema Temanggung sore ini (12/4) di Stadion Gelora 10 Nopember, Cucu Hidayat dkk menghembuskan asa untuk menang.

Meski kehilangan sembilan poin dalam tiga laga terakhir, beruntung Persebaya masih bisa nangkring di posisi runner up grup 1 Divisi Utama PT.Liga Indonesia (LI). Dengan poin 22 dari 12 kali bertanding, posisi Persebaya sebenarnya rawan tersalip. Sang kompetitor, Persita Tangerang baru menjalani laga 18 April lawan PS Gayo Lues.

Nah, menyongsong laga sore ini Persebaya dalam kondisi fit dan siap bertarung. Diantara deretan pemain yang ada, hanya gelandang Basuki yang diragukan kondisinya untuk tampil. Mantan pemain Gresik United (GU) itu baru saja menjalani operasi pelipis kanan dan bekasnya belum mengering.

Sebagai antisipasinya, pelatih Persebaya Subangkit menyiapkan nama gelandang muda Bayu Nugroho atau Wahyu Setianto. Wahyu yang hanya bermain sekali di putaran pertama lalu, mulai mendapat perhatian Bangkit di putaran kedua ini. Dalam dua laga terakhir, lawan Persis Solo dan Persiku Kudus, mantan pemain Deltras itu selalu bermain.

Perombakan juga akan dilakukan Bangkit di sektor belakang. Kebobolan tiga gol dalam dua laga terakhir membuat Bangkit galau. Gelandang senior Enjang Rohiman pun akhirnya ditarik ke belakang. Enjang akan menjadi trio palang pertahanan bersama Muhammadou Al Haji serta Zaenal Abidin.

Lantas bagaimana dengan lini penyerangan? Bangkit tetap bertumpu pada duet Richard Obiora dan Charles Parker. Meski keduanya total mengemas delapan gol, namun dalam tiga laga terakhir belum ada gol yang tercipta dari keduanya. Minimnya stok penyerang, membuat Bangkit menaruh harapan pada duet tersebut.

Melihat skema permainan Bangkit yang terus bertransformasi dalam tiga laga terakhir, 4-4-2 ke 4-4-1-1 lalu 3-5-2, sepertinya kebingungan sedang melanda pelatih asal Pasuruan itu. Atau jangan-jangan Bangkit memang sedang mengalami krisis kepercayaan diri karena terus kalah?

"Tidak. Ini menyesuaikan kebutuhan tim saja. Saya yakin kondisi anak-anak sudah membaik pasca evaluasi," kata Bangkit kemarin (11/4) usai latihan di Stadion Gelora 10 Nopember. Bangkit menyebut anak asuhnya dalam motivasi tinggi untuk meraih kemenangan di kandang.

Meski demikian, Bangkit mewaspadai kebangkitan Persitema. Laskar Bambu Runcing, julukan Persitema, memang ditekuk Persebaya dengan skor 2-1 di kandangnya. Akan tetapi masuknya sepuluh pemain baru membuat kekuatan Persitema berbeda. Buktinya di laga pertama putaran kedua lawan Persip Pekalongan (2/4) lalu, Persitema menang 1-0. 

Pelatih Persitema Musarodin membidik hasil seri lawan Persebaya sore ini. Masuknya tiga legiun asing, Anthony Jomah Ballah (gelandang), Arsene Ntolo (striker), dan Carter Bakri (bek), membuat Didin yakin pada performa anak didiknya. "Kami datang bukan untuk kalah. Meski Persebaya tim besar, kami siap berjuang meladeni," tutur Didin.

Sementara itu, ketua panpel Persebaya Baso Juherman bersyukur dengan turunnya surat izin Polrestabes terkait laga sore ini. "Besok (hari ini, red.) saya tinggal ngambil rekomendasi dari Polda Jatim. Polrestabes sudah beres hari ini (kemarin, red.)," ucap Baso kemarin.

Berlangsungnya laga sore ini adalah tamparan keras buat panpel Persebaya IPL. Pasalnya Minggu (8/4) lalu, Erol Iba dkk gagal bertanding lawan PSMS Medan karena tak mengantongi izin dari Polrestabes. Apalagi berembus kabar izin itu tak keluar karena ada masalah pengamanan yang belum terselesaikan saat Persebaya lawan Arema Maret lalu. (dra)

Perkiraan Susunan Pemain
Persebaya (3-5-2): 31-Sopian Hadi (pg); 25-Muhammadou Al Haji, 7-Enjang Rohiman, 5-Zaenal Abidin; 2-Imam Yulianto, 17-Cucu Hidayat (c), 27-Bayu Nugroho, 10-Habib Sukron, 6-M.Hamzah; 32-Richard Obiora, 9-Charles Parker
Pelatih : Subangkit

Persitema (5-3-2): 26-Angga Syatari (pg); 3-Idrus Gunawan (c), 2-Yusuf Sutan Mudo, 6-Adik Sumarno, 29-Didik Darmadi, 50-Carter Bakri; 27-Fajar Listiyantara,7-Muhammad Yunus, 32-Arsene Aime Ntolo; 33-Anthony Jomah Ballah, 31-Origenes Kambuaya
Pelatih : Musarodin
BACA ARTIKEL LAINNYA... Milan Lab Tak Lagi Mujarab


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler