Mommy, ini Bahayanya Berikan Susu Kambing untuk Bayi

Senin, 18 April 2016 – 13:18 WIB
Ilustrasi. Foto Dok Jawa Pos

jpnn.com - ARTIS Kristin Cavallari baru-baru ini membuat kehebohan saat ia membagi resep susu formula kambing buatan sendiri, yang dia berikan kepada anaknya dan membagi tips tersebut kepada majalah People.

Kristin, mengatakan bahwa dia ingin menghindari susu formula bayi yang diproses dan beralih ke susu kambing karena anak-anaknya memiliki kepekaan terhadap susu sapi.

BACA JUGA: Tips Keluarga Harmonis ala Primus Yustisio

Namun belakangan, dokter mengatakan susu formula buatan sendiri memang terdengar bagus dalam teori, tetapi sering berpotensi berbahaya dalam prakteknya.

"Ini pemikiran yang sangat mulia, tetapi juga ada sedikit masalah. Misalnya akan mengakibatkan bayi kekurangan gizi dan segala macam masalah," kata profesor pediatri, kebidanan dan ginekologi, Dr. Ruth Lawrence, seperti dilansir laman Today, Minggu (17/4).

BACA JUGA: Mau Nanjak ke Gede Pangrango? Baca Dulu Ini

ASI memang baik untuk bayi, memberikan nutrisi penting, antibodi dan awal tumbuh yang sehat.

The American Academy of Pediatrics merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama kepada bayi.

BACA JUGA: 4 Langkah Mudah ini Hindarkan Anda dari Bercak Hitam di Kulit

Ruth mengingatkan, bayi memiliki kebutuhan nutrisi yang tepat, jadi jika ingin membuat susu formula sendiri, harus berhati-hati.

Masalah potensial kata dokter Ruth, biasanya terkait dengan kesalahan dalam memilih dan menggabungkan bahan-bahan untuk susu formula. Sebab ketidakseimbangan gizi yang tidak aman bisa merugikan bayi.

"Susu kambing tidak disarankan untuk bayi karena tidak memiliki cukup zat besi, folat, vitamin C dan D, thiamin, niacin, vitamin B6, dan asam pantotenat untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Bayi yang tidak mendapatkan cukup zat besi atau vitamin B dan mereka bisa mengembangkan anemia," beber Ruth.

Susu kambing juga bisa menempatkan tekanan pada ginjal bayi dan menyebabkan kondisi berbahaya, yang disebut asidosis metabolik.(fny/chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Bahayanya Bila Anda Gemar Konsumsi Madu Setiap Hari


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler