Mondok di Ponpes Al Amin, Cak Imin Ingat Memori Jombang

Senin, 14 Januari 2019 – 14:40 WIB
Cak Imin melakukan silaturahmi ke ponpes-ponpes di Jawa Barat. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, SUKABUMI - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar alias Cak Imin berkunjung ke Ponpes Al Amin Cicurug Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (13/1).

Di sana, Cak Imin tak hanya bersilaturahmi, tetapi sampai menginap alias mondok. Hal itu pun mengingatkan dia dengan memori sewaktu mondok di Denanyar, Jombang.

BACA JUGA: Cak Imin Minta Partai Gagal Electoral Threshold Gabung PKB

"Saya santri, datang ke pondok pesantren mengingatkan kembali memori waktu mondok. Makanya saya ingin merasakan kembali tidur di kobong," katanya.

Cak Imin sangat memahami penyakit yang diderita kaum santri saat mondok, terutama mereka yang malas 'bebersih'.

BACA JUGA: Cak Imin Suka Lupa, PKB Getol Dorong Bu Mega jadi Wapres

"Apalagi kalau bukan gatal-gatal. Itu penyakit yang umum di setiap pondok. Kalau belum kena gatal-gatal, belum jadi santri," katanya.

Sosok yang dikenal dengan Panglima Santri ini meyakini dengan tidur di pondok membangkitkan spirit dirinya sebagai Ketum PKB untuk memperjuangkan kesejahteraan kaum santri.

BACA JUGA: Cak Imin Sebut Hoaks Saat Ini Lebih Massif Dibanding 2014

"Ulama, ustaz, santri harus hidup sejahtera, karena merekalah garda terdepan dalam menjaga moral umat," tegas Cak Imin.

Saat menginap di kobong ponpes Al Amin, Cak Imin mengajak Menaker Hanif Dhakiri untuk turut merasakan kembali menjadi santri.

"Pak Hanif ini dulunya juga santri, bisa baca kitab kuning dan sekarang jadi menteri. Ini bukti santri bisa duduk menjadi menteri yang sukses," katanya.

Cak Imin mengaku bangga dengan kiprah Ponpes Al Amin yang mampu mengelola zakat, infak, sedekah dengan sangat baik.

"Apa yang dirintis Pengasuh Ponpes Al Amin, almarhum KH Abdul Basith terkait pengelolaan zakat, infak, sedekah yang dibingkai dalam LAZISNU berhasil menjadi tradisi setiap keluarga muslim," katanya.

"Memberikan manfaat bagi keluarga mustadafin di sekitarnya. Pembayaran listrik musala dan masjid, kesehatan masyarakat, beasiswa santri dan sejumlah manfaat lainnya," imbuh Cak Imin.

Silaturahmi Cak Imin ke Ponpes Al Amin baru awal. Sejumlah ponpes lain seperti Alhasaniah, dan Darul Ahkam masuk dalam agenda perjalanan Cak Imin. (adk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Muhaimin Minta Debat Capres dan Cawapres Harus Adil


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler