Motor Listrik Konsep Besutan MAB Melantai di PEVS 2024, Daya Jelajahnya Hingga 100 Km

Rabu, 01 Mei 2024 – 14:04 WIB
Ilustrasi logo PT Mobil Anak Bangsa (MAB). Foto: ridho

jpnn.com, JAKARTA - Di lantai Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, Selasa (30/4), PT. Mobil Anak Bangsa (MAB) merilis sepeda motor listrik konsep yang sepenuhnya dikembangkan oleh tangan-tangan lokal.

"Pada kesempatan ini, kami memamerkan prototype khusus untuk motor yang kami desain oleh in-house design R&D-nya Motor Anak Bangsa, dan kami harapkan local content kandungannya nanti mungkin di atas 80 persen," ungkap Direktur Utama PT. MAB Kelik Irwantono, di JiExpo Kemayoran.

BACA JUGA: Kymco Ikut Meramaikan PEVS 2024 dengan Motor Listrik Andalannya

Purwarupa motor listrik besutan MAB itu diberi kode ML01, yang dirancang khusus untuk memenuhi kriteria pasar Indonesia.

General Manager MAB Winarto Lie mengungkapkan motor listrik ML01 ditargetkan siap produksi pada akhir tahun ini di pabrik MAB Demak, Jawa Tengah.

BACA JUGA: Moeldoko Beber Penyebab Motor Listrik Kurang Diminati Meski Diguyur Insentif

 

BACA JUGA: Supercar Listrik Pertama Maserati Dibekali 3 Motor Listrik

Kendati demikian, Winarto belum membocorkan jadwal peluncuran ML01 ke pasar.

"Kami nanti sesuaikan, tapi itu target kita di akhir tahun (siap produksi). Nanti launching kita lihat timing-nya yang penting sudah siap dulu," ujar Winarto.

Motor yang diklaim memiliki tingkat komponen dalam negeri 80 persen itu, memiliki panjang 1.870 milimeter dan lebar 710 milimeter.

Dengan kapasitas baterai 72 volt 40 ampere hour, ML01 memiliki kecepatan maksimal hingga 80 kilometer per jam, dan mampu menempuh jarak 80 sampai 100 kilometer dalam keadaan daya terisi penuh.

Tak ketinggalan, MAB juga memperkenalkan baterai kendaraan listrik perdana ELBI.

Perwakilan ELBI, Achmad Rofiqi mengatakan baterai yang diklaim 100 persen diproduksi oleh komponen lokal ini telah melewati tahap sertifikasi.

"Tahap sertifikasi sudah kami lakukan mudah-mudahan ke depannya kami dari ELBI bisa memberikan baterai-baterai berkualitas, sekaligus bisa meningkatkan kandungan lokal dari motor maupun mobil yang akan dijual di Indonesia," kata Achmad. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pasang Target 60 Ribu Unit, United E-Motor Rilis Motor Listrik Baru


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler