Mourinho Jagokan Portugal Juara

Kamis, 14 Juni 2012 – 21:59 WIB
Cristiano Ronaldo dan Nani. Foto: Getty Images

Pelatih Real Madrid berkebangsaan Portugal, Jose Mourinho tak jauh-jauh memilih negara yang dijagokan menjuarai Euro 2012. The Special One -julukan Jose Mourinho-, menyebut negaranya sendiri.

Menurut pelatih kontroversial itu, Cristiano Ronaldo dkk bisa menjadi kampiun bila lolos dari babak penyisihan grup B yang dianggap grup neraka.

“Menurut saya, Portugal bukan satu, dua atau tiga terbaik di kompetisi ini. Tapi ini kompetisi yang singkat, dengan sistem knock-out di 90 menit dan perpanjangan waktu, serta adu penalti. Jika Portugal bisa ke perempat-final, segala sesuatunya bisa terjadi (menjadi juara),” kata Mourinho seperti yang dilansir Goal, Kamis (14/6).

Portugal kini mengoleksi tiga poin bersama Denmark dari dua kali pertandingan di grup B. Pemuncak klasemen adalah Jerman dengan enam poin. Sementara Belanda di dasar klasemen.

Persaingan di Grup B memang panas. Belum ada tim yang memastikan lolos ke perempat final. Semua tim masih punya peluang merebut tiket babak delapan besar.

Portugal mengawali laga dengan terseok-seok setelah dikalahkan Jerman 1-0. Namun Portugal kemudian bangkit dengan mengalahkan Denmark 3-2 untuk membuka peluang mereka lolos ke perempat-final.

Laga terakhir, Portugal bisa lolos jika berhasil memetik poin tiga atas Belanda pada laga Minggu (15/6). Sementara dipertandingan lainnya Jerman mengalahkan Denmark atau berakhir seri.

Menurut Mourinho, babak 16 besar akan sulit diprediksi, dan bakal menghadirkan kejutan, termasuk langkah Portugal ke final, serta menjadi juara untuk kali pertama.

"Mereka kini tidak bergantung kepada tim lain, kecuali kepada diri sendiri. Jika mereka melakukan pekerjaan dengan benar melawan Belanda, Portugal akan ada di perempat-final," ucapnya.

Mou -panggilan akrab Jose Mourinho- memang punya harapan agar Portugal bisa juara yang pertama kalinya. Namun ketika ditanya soal kekuatan tim, ia justru menyebut Spanyol yang akan bisa mempertahankan trofi Piala Eropa 2008.

“Spanyol merupakan juara dunia, dan tak perlu diragukan lagi. Mereka salah satu tim terbaik di Eropa. Normalnya, jika sesuatu berjalan dengan lancar, Spanyol bisa mempertahankan gelar juara,” pungkasnya. (awa/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Bedah Kekuatan Kroasia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler