MS GLOW Marathon 2023 Jadi Ajang Sport-Tourism, Libatkan 2.000 Peserta

Senin, 10 Juli 2023 – 21:15 WIB
MS GLOW sponsori Ajang Marathon di Kota Malang dengan konsep Sport-Tourism. Foto dok. MS GLOW 

jpnn.com, MALANG - Sebanyak 2.000 peserta dari berbagai daerah ikut berkompetisi dalam gelaran MS GLOW Marathon 2023 yang digelar di Kota Malang, Minggu (9/7) pagi.

Ribuan peserta tersebut resmi dilepas Wali kota Malang, Sutiaji; serta founder J99 Corp. dan MS GLOW Gilang W. Pramana.

BACA JUGA: Shell Eco Marathon 2023 di Sirkuit Mandalika, Jumlah Peserta Meningkat

Berlokasi di kawasan heritage kota Malang, ajang ini bertujuan mempromosikan pentingnya kebugaran dan menjaga kesehatan melalui pola hidup sehat dan aktivitas olahraga, dengan konsep menawarkan pemandangan heritage yang indah dan udara pagi yang sejuk di kota Malang.

Gilang W. Pramana mengatakan MS GLOW Marathon 2023 merupakan half-marathon event, dan digelar dalam 3 nomor yakni lari 5 kilometer (rute 5K), 10 kilometer (rute 10K) dan 21 kilometer (rute 21K). 

BACA JUGA: BFI RUN 2023 Siap Terbangkan Pelari Terpilih untuk Lomba Berlin Marathon dan Istanbul

"Semua kategori nomor lari start dan finish di Jalan Kertanegara, Tugu, kota Malang," ungkap Gilang W. Pramana dalam keterangan tertulisnya dikutip Senin (10/7).

Dia mengungkapkan setiap rute yang dilewati, pelari akan melintasi kawasan sejuk dan indah sebagai bagian dari warisan budaya di kota Malang. 

BACA JUGA: Shell Eco-Marathon Asia 2023 Digelar di Sirkuit Mandalika, 14 Negara Berkompetisi

Contohnya, rute 5K peserta, para pelari disuguhkan dengan beberapa landmark yang ada di Kota Malang seperti Patung Singo Edan, Kampung Warna Warni, Alun-alun Kota Malang dan masih banyak lagi.

Rute 10K, para peserta melewati Idjen Boulevard yang berada di Jalan Besar Idjen, dan Perpustakaan Umum Kota Malang, dan mengitar hingga menuju jalan Raya Langsep.

Untuk rute 21K, para pelari berlari di kawasan pendidikan Kota Malang seperti Universitas Negeri Malang dan Universitas Brawijaya, peserta juga akan melintasi Gereja Idjen yang ikonik.

Wali kota Sutiaji mengungkapkan ajang seperti ini harus lebih banyak dilaksanakan. Sebab, tak hanya mengampanyekan olahraga lari dan gaya hidup sehat, tetapi juga mendukung pariwisata di kawasan heritage kota Malang serta UMKM dan pelaku ekonomi kreatif lokal,.

"Saya harap MS GLOW Malang Marathon terus dilaksanakan dan menjadi event tahunan yang mendukung pariwisata serta menaikkan pamor kota Malang di mata masyarakat luas," ujar Wako Sutiaji.

MS GLOW Marathon 2023 juga mendapat dukungan dari Pemprov Jawa Timur. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil E. Dardak berharap ajang ini bisa efektif menggugah minat masyarakat terhadap olahraga sekaligus pariwisata di kota Malang. 

Ajang seperti ini, kata Emil, akan memberikan dampak positif pada perekonomian masyakarat, dengan mengangkat tema sport-tourism.

Di dalam setiap race pack pelari mendapatkan running shirt, headband, nomor dada pelari (bib), serta produk-produk unggulan perawatan dan perlindungan kulit dari MS GLOW dan MS Glow for Men. Rangkaian MS GLOW Marathon 2023 juga dimeriahkan oleh panggung hiburan serta booth atau tenda UMKM serta produk ekonomi kreatif lokal dari Malang dan sekitarnya.

“Kami senang bisa menjadi sponsor utama ajang marathon di kota Malang. Kota Malang - Jawa Timur adalah “kampung halaman” MS GLOW, sehingga ketika penyelenggara event meminta kami memberi dukungan, kami sangat bersemangat," cetus Gilang W. Pramana.

Dia berharap bisa memberikan wadah bagi masyarakat untuk melaksanakan gaya hidup sehat lewat olahraga lari sekaligus meningkatkan perhatian terhadap pariwisata di kawasan heritage Malang. MS GLOW Marathon 2023 juga mendukung para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif, dan semoga saja bisa secara konsisten dilaksanakan setiap tahunnya di berbagai kota lain di Indonesia. (esy/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler