MSD Berikan Bantuan untuk Penanganan Covid-19 di Indonesia, Sebegini Nilainya

Kamis, 18 November 2021 – 17:55 WIB
Penyerahan tanda terima kasih kepada Mercy Corps Indonesia untuk kerja sama atas Program Dukungan untuk Usaha Mikro dan Kecil melalui Adaptive Digital Advisory dan Program Layanan Keuangan untuk Mengatasi Dampak COVID-19 (Summer Act). Foto: Dokumentasi MSD

jpnn.com, JAKARTA - Perusahaan Merck & Co., Inc atau MSD memberikan bantuan sebesar USD 150.000 atau Rp 2,14 miliar untuk penanganan Covid-19 di Indonesia.

Bantuan tersebut diserahkan melalui organisasi kemanusiaan global Americares, Direct Relief, dan Project HOPE yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan lembaga lokal lainnya.

BACA JUGA: Sky House & BPSI Menyalurkan Paket Bantuan untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Dana tersebut digunakan untuk menyediakan alat pelindung diri (APD), pasokan medis, konsentrator oksigen, dan kebutuhan penanganan Covid-19 lainnya.

Dengan begitu, bantuan ini diharapkan bisa mendukung sistem perawatan kesehatan dan rumah sakit di Indonesia akibat gelombang kedua pandemi Covid-19 pada pertengahan tahun ini.

BACA JUGA: Atase Pertahanan Singapura Temui Jenderal Andika, Ada Bantuan untuk Penanganan Covid-19 Indonesia

Managing Director MSD di Indonesia George Stylianou mengatakan pihaknya bangga bisa menyerahkan bantuan kepada Indonesia untuk mempercepat penanganan pandemi Covid-19.

"Melalui kerja sama dan diskusi yang berkelanjutan, kami berusaha untuk memahami kekhawatiran dan kebutuhan komunitas," kata George dalam keterangannya, Senin (15/11).

Menurut dia, MSD berupaya untuk merespon dan mengatasi tantangan lokal dengan mendukung pemulihan dan membangun komunitas yang lebih kuat.

"Merupakan tanggung jawab semua orang, termasuk pemerintah dan sektor swasta, untuk meminimalkan dampak pandemi, terutama kepada komunitas yang paling rentan," tambah George.

Adapun beberapa bantuan lainnya yang telah diberikan MSD untuk pemerintah Indonesia ialah kerja sama dengan Kemenkes, asosiasi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI), dan Perhimpunan Dokter Spesialis Anestesi dan Terapi Intensif Indonesia (Perdatin Jaya) untuk menyediakan baju pelindung, sarung tangan bedah, masker bedah, masker N-95, face shield, pelindung mata (googles), dan hand sanitizer pada 2020 lalu.

Kemudian, MSD juga  memberikan dukungan sebesar USD 100.000 atau sekitar Rp 1,44 miliar melalui Mercy Corps Indonesia untuk meluncurkan program dukungan bagi usaha mikro dan kecil terdampak pandemi Covid-19 di Malang, Jawa Timur.

Selain itu, MSD juga memberikan bantuan senilai USD 50.000 atau sekitar Rp 715 juta melalui Yayasan Plan Indonesia.

Dana tersebut digunakan untuk program 'Let's Talk Project' yang bertujuan mengisi kesenjangan dan menjangkau kaum muda yang rentan untuk memiliki akses ke layanan hak kesehatan reproduksi seksual secara lebih inklusif dan efektif. (mcr9/jpnn)


Redaktur : Budi
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler