MTQ Internasional Digelar di Pontianak

Senin, 09 April 2012 – 17:54 WIB

JAKARTA - Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj mengatakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional untuk pertama kalinya akan digelar oleh Jam’iyyatul Qurra" Wal Huffazh, salah satu badan otonom di bawah Nahdlatul Ulama (NU).

Kegiatan tersebut, menurut Said Aqil Siradj, akan digelar di Pontianak, Kalimantan Barat pada Juli 2012 mendatang. Selain mengundang qari dan qari"ah terbaik dunia Panitia juga peserta terbaik MTQ Nasional yang diselenggarakan beberapa hari sebelum pelaksanaan MTQ Internasional.

Untuk menyambut dan menyemarakkan Musabaqah Tilawatil Quran Internasional tersebut, Pimpinan Pusat Jam"iyyatul Qurra Wal Huffazh Nadhatul Ulama mengadakan serangkaian kegiatan yang diberi label "Goes to MTQ International".

"Melalui Goes to MTQ International diharapkan mampu memberikan ruang bagi segenap lapisan masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan syiar al-Quran," kata Said Aqil Siradj, di Jakarta, Senin (9/4).

Selain itu, lanjutnya, Goes to MTQ International juga diharapkan dapat menciptakan komunitas Islami yang kreatif dikalangan remaja dan umum, serta membuka cakrawala baru tentang konsep kegiatan religi. “Dengan demikian, seluruh umat islam dapat berpartisipasi untuk mengapresiasi, mencitai dan menghayati Al-Quran,” imbuh KH Said Aqil Siraj.

Dijelaskannya, Goes to MTQ International berlangsung 20 Juni hingga 5 Juli 2012. Kegiatan di bagi dalam dua kategori jenis lomba, yaitu musabaqah dan nafas Qurani. Seleksi peserta kategori musabaqah berlangsung 23-24 Juni 2012 dan peserta terpilih akan mewakili daerah masing-masing pada MTQ Nasional.

Adapun seleksi  kategori nafas Qurani dilaksanakan pada 20-21 Juni 2012, babak final 25 Juni 2012, dan grand final pada 28 Juni 2012.

Babak seleksi kategori musabaqah diselenggarakan serentak di 30 propinsi selama 2 hari, masing-masing jenis lomba akan menentukan peserta terbaik putra dan putri dari tiap wilayah untuk selanjutnya menjadi duta dalam ajang MTQ Nasional yang digelar 3 hari sebelum MTQ Internasional.

Sementara babak seleksi kategori nafas qurani diselenggarakan serentak di 25 kota besar di Indonesia. Masing-masing kota akan menentukan peserta terbaik dari tiap jenis lomba menuju babak final.

Babak final berlangsung di lima kota. Babak final wilayah Jawa digelar di Surabaya, Kalimantan di Banjarmasin, Sumatera di Medan, Sulawesi di Makasar, dan Nusa Tenggara di Mataram.

Adapun grand final diselenggarakan di Pontianak, Kalimantan Barat. Peserta juara pertama dari setiap lomba akan menjadi tamu kehormatan mengisi acara pembukaan MTQ International Jam’iyyatul Qurra Wal Huffazh 2012 di Pontianak.
 
"Goes to MTQ International diharapkan bisa menjadi jembatan penghubung bagi umat Islam turut serta mengapresiasi menjelang terselenggaranya kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran Jam’iyyatul Qurra Wal Huffazh 2012," harap Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj.

Ke-30 Propinsi Penyelenggaraan Seleksi Kategori Musabaqah yakni Daerah Istimewa Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Riau, Kepulauan Riau, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Jogjakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara (Ternate), Maluku, Nusa Tenggara Barat, Bali dan Bangka Belitung.

Untuk babak penyisihan kategori Nafas Qurani ditunjuk 25 Kota penyelenggaraan masing-masing Wilayah Pulau Jawa: Jakarta, Bandung, Cirebon, Jogjakarta, Semarang, Surabaya dan Kediri.

Wilayah Pulau Kalimantan: Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan dan Samarinda.

Wilayah Pulau Sumatera: Padang, Aceh, Palembang, Medan, Pekanbaru, Lampung, Bengkulu.

Wilayah Pulau Sulawesi: Makasar, Manado, Gorontalo, Palu dan Kendari. Sedangkan untuk Wilayah Pulau Nusa Tenggara: Mataram dan Sumbawa Besar. (fas/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... PPP Janji Serius Perjuangkan Kesejahteraan Hakim


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler