Mudik Naik Sepeda dari Cikarang ke Solo, Frans & Widodo Butuh Waktu 3 Hari

Senin, 17 April 2023 – 04:44 WIB
Dua pemudik asal Cikarang, Jawa Barat, Frans dan Widodo memilih menggunakan sepeda untuk mudik ke Solo, Jawa Tengah, saat tengah beristirahat di Cirebon, Jawa Barat, Minggu (16/4/2023). ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti

jpnn.com, CIREBON - Frans dan Widodo melakukan perjalanan mudik dari Cikarang ke Solo, Jawa Tengah menggunakan sepeda.

Frans menuturkan mudik dengan menggunakan sepeda sudah menjadi aktivitas rutinnya.

BACA JUGA: Perantau di Sumatra Bahagia Bisa Mudik Gratis dari Ganjar: Pakai Uang Sendiri Tak Mampu

Hal itu dilandaskan atas kecintaannya pada hobi bersepeda, sekaligus identitas dirinya sebagai bagian dari komunitas pekerja yang bersepeda.

Alasan lain dari dipilihnya sepeda adalah dia bersama Widodo ingin mengampanyekan mudik yang sehat dan ramah lingkungan.

BACA JUGA: Jasa Raharja Lepas 14 Ribu Peserta Mudik Bersama BUMN 2023

"Kami tiap tahun mudik dengan sepeda. Jadi, ini sudah jadi ritual (mudik) kami," kata Frans saat melintasi jalur Cirebon, Jabar, Minggu.

Menurutnya, butuh waktu selama tiga hari untuk bisa sampai ke Solo.

BACA JUGA: 2 Pria dan Satu Wanita di Dalam Penginapan, Ada Alat Kontrasepsi

Biasanya, dia bersama Widodo selalu berangkat pukul 05.30 WIB dan mengayuh sepeda hingga pukul 18.00 WIB, sebelum akhirnya memutuskan beristirahat sejenak di kota yang disinggahi.

Barang yang dibawa sebagai persiapan pun cukup ringkas.

Sejumlah perlengkapan yang dibawa saat perjalanan adalah ban dalam ganti, kunci T, beberapa baju ganti, dua botol minum, helm, kaca mata khusus untuk bersepeda, jaket atau kaos berwarna terang, sarung tangan, sepatu, dan kaus kaki panjang.

Frans menekankan warna baju yang terang sangat bermanfaat untuk melindungi diri ketika melewati jalan yang mana terdapat pemudik lain yang menggunakan truk, motor atau mobil dengan batas kecepatan tinggi akibat mengejar waktu untuk sampai di tempat tujuan mudik.

"Warna bajunya harus terang, karena kalau sedang di jalan bisa terlihat (oleh pengemudi lain). Jadi, kami harus selalu waspada terhadap kendaraan lain," kata Frans.

Widodo menambahkan kalau persiapan lain yang mereka lakukan adalah memastikan kondisi sepeda dalam keadaan benar dan aman digunakan selama mengikuti kegiatan mudik.

Sementara terkait dengan fisik, mereka biasanya pemanasan dengan menempuh jarak bersepeda kurang lebih 100 kilometer pergi pulang, untuk mempersiapkan diri tiga bulan sebelum waktu keberangkatan yang ditentukan.

"Misalnya satu minggu kami 100 km pergi pulang untuk meningkatkan endurance (ketahanan)," kata Widodo.

Dia juga membeberkan biaya yang dikeluarkan selama perjalanan bisa mencapai Rp 1 juta per orang, termasuk untuk penginapan dan makan di jalan selama tiga hari. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... David Korban Penganiayaan Mario Dandy Seperti Meninggal, tetapi...


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
mudik   pemudik   Cikarang   Solo   Mudik Lebaran  

Terpopuler