Muhaimin Belum Putuskan Agenda Muktamar

Kamis, 05 November 2009 – 05:13 WIB
JAKARTA - Keinginan kubu Abdurrahman Wahid alias Gus Dur untuk mengadakan muktamar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang dapat menyatukan seluruh kelompok, tampaknya bakal cukup sulit dijalankanPasalnya, DPP PKB yang dikomandani Muhaimin Iskandar masih belum memutuskan kepastian agenda-agenda yang akan dibahas dalam muktamar partai berlogo bola dunia tersebut.

Wakil Ketua Umum DPP PKB, Nursyahbani Katjasungkana, mengatakan bahwa pengurus DPP baru akan membicarakannya Kamis (5/11) sore ini

BACA JUGA: Politisi Senayan Desak Rombak Polri-Kejagung

"Topik itu belum dibahas
Kalau tak ada perubahan, sudah diagendakan besok (hari ini, Red)," ujar Nursyahbani, Rabu (4/11).

Oleh karena itu, Nursyahbani mengatakan bahwa ia belum dapat berbicara banyak terkait dengan muktamar tersebut

BACA JUGA: Jangan Salah Pilih Ketua

Termasuk apakah akan menggandeng kembali Ketua Umum Dewan Syura (Muktamar Semarang) Gus Dur
"Soal bagaimana nanti, kami bicarakan dulu di internal partai," tambahnya.

Namun, dia menyatakan bahwa kebutuhan PKB dalam waktu dekat adalah segera menyusun strategi khusus menghadapi tantangan ke depan

BACA JUGA: Kembalikan Kejayaan Golkar di Sulawesi

Sebab, berdasar evaluasi hasil Pemilu 2009, posisi partai yang hanya menduduki peringkat ketujuh peraih suara terbanyak itu cukup mengkhawatirkan"Kalau tidak hati-hati, suara PKB bisa jadi makin kecil," ujarnya.

Pada pemilu lalu, suara PKB memang menurun cukup tajamDari sekitar 11 persen perolehan suara nasional pada Pemilu 2004, PKB pada pemilu lalu hanya mendapat 5,1 persenKonflik internal yang melanda partai itu merupakan penyebab utama penurunan suara secara tajam tersebut.

Alasan itulah yang dijadikan dalih oleh Gus Dur untuk melaksanakan Muktamar PKB pada Februari 2010Seperti diberitakan beberapa hari lalu, Gus Dur siap mengajak seluruh kelompok untuk bersama-sama kembali dalam muktamar tersebut"Intinya, partai ini perlu diselamatkan," ujarnya.

Hermawi Taslim, Ketua DPP PKB kubu Gus Dur, yakin bahwa proses menuju muktamar itu akan berjalan sesuai harapan"Asal tidak boleh ada lagi yang berjalan sendiri-sendiriSemua harus punya wawasan luas," tegasnya.

Hermawi menyatakan, meski Gus Dur mengungkapkan keinginan menggandeng semua pihak, tentu tetap ada pihak-pihak yang resahNamun menurutnya, sambutan positif juga terus mengalir"Tapi, itu wajarSebab, selama ini yang bertengkar itu kan di tingkat elit sajaDi bawah itu cuma korban," kata Hermawi.

Menurut dia, forum muktamar diharapkan bisa menjadi momentum merapikan semua persoalan di PKB selama iniPersoalan perebutan kekuasaan dan pengaruh di tingkat elit, akan berusaha diselesaikan dalam forum resmi partai tersebut"Komunikasi terus kami lakukan, termasuk dengan yang berkantor di Sukabumi (PKB Muhaimin, Red), meski memang belum secara formal," ungkapnya pula(dyn/agm)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Survei Musda, Alex Noerdin Terpopuler


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler