Muhaimin Optimis Indonesia Raih Juara Umum

Ajang Kompetisi Ketrampilan Kerja se-ASEAN

Kamis, 08 November 2012 – 19:46 WIB
JAKARTA—Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar sangat optimis  Indonesia akan mampu meraih gelar juara umum di dalam ajang The 9th ASEAN Skills Competition (ASC), yang akan digelar pada 11-20 November 2012 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta.

 Menurutnya, kemampuan Indonesia tidak kalah dengan kemampuan pemuda-pemudi dari negara-negara ASEAN lainnya.

“Kalau dilihat dari hasil atau prestasi Indonesia di dalam ASC tahun sebelumnya yang meraih juara kedua, maka saya yakin Indonesia bisa menjadi juara umum ASC 2012,” ungkap Muhaimin di Gedung Kemenakertrans, Jakarta, Kamis (8/11) sore.

Ajang kompetisi ketrampilan kerja yang digelardua tahun sekali ini akan diikuti sekitar 1.000 delegasi dari sembilan negara ASEAN. Acara yang akan digelar selama tiga hari tersebut, lanjut Muhaimin, bertujuan mempromosikan dan meningkatkan standar keahlian, sekaligus meningkatkan daya saing sumber daya manusia di ASEAN.

“Tapi tujuan yang paling utama di dalam ajang kompetisi ini adalah para tenaga kerja mampu mencapai kompetensi sesuai dengan perkembangan teknologi dan tuntutan pasar kerja global,” tukasnya.

 Menteri yang biasa disapa Gus Imin ini menyebutkan, ada sebanyak 22 bidang kejuruan atau keahlian yang akan dilombakan di ASC 2012.

Antara lain, teknologi otomotif, mekanik elektronik, sistem administrasi berbasis jaringan teknologi informasi, pemipaan dan pemanasan, pengelasan, pemasangan keramik, tukang batu dan tukang kayu, desain grafis, terapi kecantikan hingga memasak. Namun, ada satu bidang kejuruan yang dieksibisikan yakni caring. (cha/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Politisi Golkar Kecipratan USD75 Ribu dari Permai Grup

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler