Muhammad Avanda Alvin, Pakar SEO Aceh Bocorkan Rahasia Membangun Backlink

Sabtu, 28 Oktober 2023 – 23:50 WIB
Pakar SEO asal Aceh, Muhammad Avanda Alvin membocorkan rahasia membangun backlink, simak baik-baik ya. Foto: Dok. Pribadi for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Muhammad Avanda Alvin, sosok pemuda asal Aceh yang sukses dalam dunia blogger membuka suara tentang kiat sukses dalam dunia digital.

Alvin yang juga salah satu pencetus acehground mengatakan backlink adalah salah satu faktor penting dalam SEO.

BACA JUGA: Mengenal Marsuki, Pakar SEO Berpenghasilan Ratusan Juta Per Bulan

Pada dasarnya backlink adalah tautan pada sebuah halaman web yang mengarah ke situs lain.

Search engines, seperti Google menganggap backlink sebagai salah satu cara memverifikasi otoritas dan relevansi dari situs web Anda.

BACA JUGA: Inilah 5 Rekomendasi Website Top Up Games Termurah, Ada yang Mulai dari Rp 1.000-an

Sementara itu, menurut Alvin, manfaat backlink tidak hanya berdampak baik untuk SEO, tetapi juga bisa membantu meningkatkan brand awareness, traffic referral, serta share of voice secara jangka panjang.

Backlink juga bisa dikatakan sebagai tanda kepercayaan situs lain atas situs Anda.

Biasanya backlink hanya akan diberikan kepada situs yang mempunyai otoritas dan konten terpercaya.

Pengertian Backlink

Backlink membantu pengunjung website menemukan informasi tambahan yang tidak disediakan oleh situs web asli.

Menambahkan backlink ke situs web lain, Anda dapat membuat konten berkualitas tinggi dengan informasi lengkap tanpa menyimpang dari ide utamanya.

Untuk alasan ini, jumlah backlink berkualitas yang Anda dapatkan dari situs web lain dapat menentukan posisi website Anda di SERPs (search engine result pages).

Semakin tinggi peringkat website Anda di SERPs, semakin bagus juga SEO website tersebut.

Jenis Backlink

Backlink juga mempunyai banyak jenis, berikut adalah beberapa jenis yang mungkin bermanfaat bagi situs Anda:

Guest post backlink — terjadi saat Anda menulis guest post untuk situs web lain. Ini memungkinkan Anda untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan website Anda.

Editorial backlinkbacklink natural dari web lain ke situs Anda dalam konten berkualitas dengan berbagai bentuk, seperti sitasi, referensi, dan sumber informasi.

Comment backlink — terjadi saat Anda menyertakan backlink pada komentar dalam konten web lain. Jika tidak dilakukan secara berlebihan, jenis link ini bisa menghasilkan banyak traffic.

Do-follow backlinkbacklink dofollow memberitahu mesin pencari untuk memperhatikan backlink ke score SEO-nya.

No-follow backlinknofollow backlink memberitahu mesin pencari untuk mengabaikan backlink tersebut dan tidak menghitungnya ke score SEO.

Manfaat Backlink

Selain dari segi SEO, backlink juga mempunyai banyak manfaat lainnya. Berikut adalah beberapa keuntungan backlink untuk situs Anda:

Meningkatkan exposure website Anda — semakin banyak backlink yang Anda dapatkan dari situs web lain, semakin banyak eksposure yang akan Anda terima dari traffic website tersebut.

Meningkatkan kredibilitas website Anda — mendapatkan backlink berarti website Anda terpercaya dalam menghasilkan konten berkualitas tinggi yang layak dibaca.

Meningkatkan peringkat pada SERPs — seperti yang sudah dibahas sebelumnya, backlink dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di halaman hasil pencarian.

Mempermudah website Anda terindex di search engine — semakin cepat proses pengindeksan di Google, Anda akan mendapatkan tingkat visibilitas tinggi dan juga trafik organik yang lebih banyak.

Membangun hubungan dengan situs lainbacklink juga memungkinkan Anda membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan situs web lain yang mempunyai niche sama.

Cara Mendapatkan Backlink Pada Website

Backlink adalah salah satu faktor paling berkontribusi dalam off-page SEO.

Namun, mendapatkan backlink yang baik memang tidak mudah.

Nah, berikut adalah beberapa metode terbaik untuk membangun backlink yang dapat membantu website Anda mencapai hasil yang optimal.

Buat Konten yang Baik dan Berguna

Cara terbaik untuk mendapatkan backlink adalah melalui konten bermanfaat, berkualitas tinggi, dan juga informatif.

Jika konten website Anda berguna, semakin banyak orang yang akan mendapatkan keuntungan dari membacanya dan Anda akan mendapatkan backlink yang banyak.

Ada banyak faktor yang terlibat dalam membuat konten yang bermanfaat.

Berikut beberapa tip untuk membantu Anda menjadi lebih baik dalam menghasilkan konten terbaik untuk situs web Anda:

Pilihan gaya — gaya bahasa Anda mewakili brand dan situs web Anda. Untuk gunakan bahasa yang lebih konsisten dan enak untuk dibaca.

Pahami audiens Anda — jika Anda ingin memiliki pengguna yang setia, konten Anda harus memenuhi kebutuhan dan preferensi mereka.

Konten yang padat dan jelas — jangan terlalu banyak bertele-tele saat menulis konten Anda karena konten yang pendek dan jelas lebih enak untuk dibaca.

Berkolaborasi Bersama Influencer

Online influencer adalah individu yang mempunyai banyak pengikut pada platform media sosial tertentu.

Beberapa contoh influencer yang sering Anda temui adalah blogger, videographer, atau juga tokoh terkenal Instagram.

Influencer mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap pengikutnya.

Nah, karena itulah, berkolaborasi bersama influencer untuk saling bertukar backlink bisa sangat menguntungkan untuk Anda.

Meskipun mungkin tidak secara langsung mempengaruhi peringkat Anda, kolaborasi ini dapat meningkatkan eksposur dan pengenalan website Anda.

Strategi Broken Link

Broken link atau tautan yang rusak adalah tautan yang mengarah ke halaman atau situs yang sudah tidak ada lagi.

Biasanya broken link akan menyebabkan error 404.

Broken link 404 memang cukup berbahaya untuk website Anda.

Namun ternyata Anda bisa mengubahnya menjadi peluang yang menguntungkan SEO dan trafik Anda loh.

Untuk memanfaatkan peluang ini, Anda hanya perlu mencari situs dengan backlink yang eror dan menghubungi webmaster website tersebut.

Selanjutnya, Anda bisa menawarkan webmaster tersebut untuk menggunakan konten Anda yang serupa dengan imbalan sebuah backlink.

Jika mungkin, Anda juga bisa menawarkan menulis konten baru yang sesuai. Dengan begini, Anda membantu webmaster mengoptimalkan situs web mereka dan juga mendapatkan backlink.

Namun perlu diingat cara ini hanya berlaku jika konten yang ada pada backlink relevan dengan niche dan jangkauan situs Anda

Menulis Guest Post

Guest post adalah salah satu cara termudah dan tercepat untuk mendapatkan dan membangun backlink.

Anda hanya perlu menulis konten untuk situs web lain dengan imbalan sebuah backlink ke situs Anda sendiri.

Umumnya guest post bisa dilakukan secara gratis.

Namun ada beberapa website dan blog yang sudah menetapkan harga untuk setiap guest post dan link placement pada websitenya.

Saat melakukan guest post, pastikan untuk memilih situs dengan niche dan target audiens yang sama dengan website Anda untuk memudahkan proses penulisan.

Menjadi salah satu bagian off-page SEO, backlink adalah salah satu faktor terpenting dalam perkembangan situs web.

Untuk mencapai hasil yang paling optimal bagi website Anda, Anda perlu mendapatkan backlink berkualitas dari situs terpercaya dan membuat konten yang layak untuk disebarkan oleh orang lain.

Pada artikel kali ini kami telah membantu Anda memahami apa itu backlink. Mulai dari pengertian, jenis, manfaat, sampai cara mendapatkannya.

Jika Anda masih ada pertanyaan tentang backlink, silahkan tinggalkan komentar di bagian bawah. Semoga artikel ini bermanfaat! (mrk/jpnn.com)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler