Muhdi Minta Pemerintah segera Menyelesaikan Pengangkatan Guru PPPK

Minggu, 04 Agustus 2024 – 20:00 WIB
Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jawa Tengah Dr Muhdi. (ANTARA/Zuhdiar Laeis)

jpnn.com - SEMARANG - Persoalan pengangkatan guru sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di Jawa Tengah masih belum selesai. 

Hal itu menjadi salah satu bahasan dalam Konferensi Provinsi PGRI Jateng Masa Bhakti XXIII Tahun 2024.

BACA JUGA: Pelamar CPNS 2024 & PPPK Sudah Bikin Akun SSCASN? Deputi BKN Beri Info Penting

PGRI Jateng mengingatkan pemerintah segera menyelesaikan pengangkatan guru PPPK di wilayah itu.

"Saat ini, PPPK belum selesai. Di tingkat kabupaten yang sebenarnya sudah selesai atau terpenuhi pada waktu lalu, sudah dihadapkan pada tingkat pensiun yang besar," kata Ketua PGRI Jateng Muhdi di Semarang, Minggu (4/8). 

BACA JUGA: Pendaftaran CPNS 2024 & PPPK Sudah Dibuka? Honorer kok Bisa Bikin Akun SSCASN

Muhdi menyampaikan itu di sela Konprov PGRI Jateng Masa Bhakti XXIII Tahun 2024 yang berlangsung di Balairung Universitas PGRI Semarang (Upgris).

Dia mengatakan bahwa bagi daerah yang pengangkatan aparatur sipil negara (ASN) guru melalui PPPK belum selesai, semestinya segera dipenuhi, seperti Pemprov Jateng yang masih banyak guru P1.

BACA JUGA: Rekrutmen CASN 2024 di Batang, Formasi untuk PPPK Guru Terbanyak Nih

Adapun guru P1 merupakan peserta yang telah mengikuti seleksi PPPK guru dan sudah memenuhi nilai ambang batas, tetapi belum memperoleh formasi.

"Di kabupaten/kota terus memanfaatkan momentum ini agar jangan sampai terjadi seperti di Jakarta, ada 'cleansing' (pembersihan atau pemberhentian guru honorer, red.)," kata mantan rektor Upgris itu.

Menurut dia, situasi sama seperti di Jakarta bisa dialami daerah lain jika tidak ada pembenahan kebijakan proses pengangkatan guru, salah satunya dengan penyelesaian PPPK.

"Karena itu bisa terjadi nanti. Karena akhirnya kalau tidak ada guru maka sekolah akan mengangkat juga akhirnya. Kalau itu dilarang pada waktunya akan jadi masalah. Makanya, PPPK sebenarnya salah satu jalan terbaik," katanya.

Namun, dia mengakui bahwa PPPK sebenarnya juga memiliki problem tersendiri. Salah satunya masa kontrak yang selama ini dikeluhkan terlalu pendek. Rata-rata guru PPPK dikontrak dengan durasi lima tahun.

"Kami berharap sudahlah mereka (guru PPPK, red.) dikontrak sampai 60 tahun. Kami sadar kalau memang ada pelanggaran, mereka pasti diberikan sanksi dan itu sah-sah saja," katanya.

Muhdi menambahkan bahwa sebenarnya data guru yang akan pensiun sudah ada dan diketahui sehingga langkah pengisian kekosongan sudah bisa dilakukan jauh-jauh hari.

"Tidak mengulang lagi, penerimaan (ketika, red.) ada yang kosong. Nanti terus rutin, ya, setiap tahun kosong itu baru diisi. Mestinya, yang tahun depan kosong, kan, ketahuan, misalnya pensiun. Maka, mesti tahun ini (guru penggantinya, red.) masuk," katanya.

Jika tidak dilakukan pengelolaan seperti itu, kata dia, maka persoalan lama akan terulang kembali, yakni membeludaknya guru honorer yang sedemikian banyak.

"Kalau tidak dilakukan, di-'manage' seperti itu maka nanti akan terjadi yang sudah, jumlah guru honorer banyak. Mereka harus diterima, padahal disadari seleksinya tidak begitu bagus, tetapi mereka, kan, sudah mengabdi," katanya.

Persoalan kesejahteraan guru, termasuk pengangkatan guru PPPK yang belum selesai, itu menjadi salah satu bahasan dalam Konprov PGRI Jateng Masa Bhakti XXIII Tahun 2024.

Pada Konprov PGRI tersebut, Muhdi terpilih kembali sebagai ketua PGRI Jateng secara aklamasi untuk periode lima tahun ke depan. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler