MUI Minta Jokowi Pilih Sekda Muslim

Jumat, 05 Juli 2013 – 19:29 WIB
JAKARTA - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta, Ma"ruf Amin meminta agar seleksi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota DKI Jakarta mempertimbangkan unsur keagamaan. Ma"ruf berharap sekda terpilih beragama Islam sesuai agama mayoritas di Jakarta.

"Jakarta mayoritas muslim, ya jadi faktor agama menjadi pertimbangan," kata Ma"ruf saat dihubungi, Jumat (5/7).

Ma"ruf menilai kesalehan seorang sekda sangatlah penting. Pasalnya, sekda adalah jabatan tertinggi ketiga di Pemprov DKI setelah gubernur dan wakil gubernur.

Selain itu, sambung Ma"ruf, sekda yang terpilih harus memiliki hubungan baik atau dekat dengan organisasi masyarakat (ormas). Hal ini dianggap perlu karena intensitas sekda untuk bertemu masyarakat cukup sering.

"Religiusitas calon Sekda sangat penting, karena sering mewakili gubernur terjun ke masyarakat," ujarnya.

Saat ini proses seleksi terhadap 9 kandidat sekda pengganti sekda sebelumnya, Fadjar Panjaitan masih dilakukan. Kabarnya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo telah memilih 3 nama kandidat untuk diajukan kepada Presiden SBY.

Ketiga nama ini memperoleh nilai tertinggi dalam ujian kompetensi yang digelar pada Rabu (12/6) dan Kamis (13/6) lalu di Hotel Sahid, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Mereka adalah Wali Kota Jakarta Utara Bambang Sugiyono, Wali Kota Jakarta Pusat Saefullah, dan Inspektur Provinsi Franky Mangatas Panjaitan. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rumah Terbakar, Nekat Terobos Api

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler